Salah Diagnosa, Pasien DBD Balikpapan Kritis

andree_erlangga

New member
Mirna, bocah berusia 10 tahun harus mendapatkan perawatan intensif di Rumah Sakit Kanujoso, Jatiwibowo, Balikpapan, Kalimantan Timur. Kondisi bocah berusia 10 tahun ini kritis karena penderita demam berdarah dengue (DBD) ini telat dibawa ke rumah sakit akibat salah didiagnosa. Sebelumnya bocah malang ini dinyatakan menderita tipus.

Mirna sebelumnya sempat dirawat di Pusat Kesehatan Masyarakat Petung, Balikpapan. Menurut ibunya Sariati, dokter puskesmas awalnya menyebutkan kalau Mirna menderita tipus. Namun setelah tiga hari dirawat, kondisi Mirna tak menunjukkan perkembangan berarti. Mirna kemudian dilarikan ke RS Kanujoso.

DBD juga menyerang Manado. Dalam Dua pekan terakhir, sejumlah rumah sakit dipenuhi pasien demam berdarah. Sebagian pasien hanya menajalani perawatan di lorong rumah sakit. Di RS profesor dokter Kandau, pasien DBD mencapai 61 orang dan satu di antaranya meninggal dunia. Tahun silam, Manado ditetapkan sebagai kejadian luar biasa akibat jumlah penderita mencapai ratusan orang.
 
Back
Top