Apakah Do'a Bisa Merubah Ketentuan

nurcahyo

New member
APAKAH DO'A BISA MERUBAH KETENTUAN


Oleh
Syaikh Muhammad bin Shalih Al-'Utsaimin





Pertanyaan.
Syaikh Muhammad bin Shalih Al-'Utsaimin ditanya : "Apakah do'a berpengaruh merubah apa yang telah tertulis untuk manusia sebelum kejadian?"

Jawaban.
Tidak diragukan lagi bahwa do'a berpengaruh dalam merubah apa yang telah tertulis. Akan tetapi perubahan itupun sudah digariskan melalui do'a. Janganlah anda menyangka bila anda berdo'a, berarti meminta sesuatu yang belum tertulis, bahkan do'a anda telah tertulis dan apa yang terjadi karenanya juga tertulis. Oleh karena itu, kita menemukan seseorang yang mendo'akan orang sakit, kemudian sembuh, juga kisah kelompok sahabat yang diutus nabi singgah bertamu kepada suatu kaum. Akan tetapi kaum tersebut tidak mau menjamu mereka. Kemudian Allah mentakdirkan seekor ular menggigit tuan mereka. Lalu mereka mencari orang yang bisa membaca do'a kepadanya (supaya sembuh). Kemudian para sahabat mengajukan persyaratan upah tertentu untuk hal tersebut. Kemudian mereka (kaum) memberikan sepotong kambing. Maka berangkatlah seorang dari sahabat untuk membacakan Al-Fatihah untuknya. Maka hilanglah racun tersebut seperti onta terlepas dari teralinya. Maka bacaan do'a tersebut berpengaruh menyembuhkan orang yang sakit.

Dengan demikian, do'a mempunyai pengaruh, namun tidak merubah Qadar. Akan tetapi kesembuhan tersebut telah tertulis dengan lantaran do'a yang juga telah tertulis. Segala sesuatu terjadi karena Qadar Allah, begitu juga segala sebab mempunyai pengaruh terhadap musabab-nya dengan izin Allah. Maka semua sebab telah tertulis dan semua musabab juga telah tertulis.


[Disalin kitab Al-Qadha' wal Qadar edisi Indonesia Tanya Jawab Tentang Qadha dan Qadar, Penulis Syaikh Muhammad bin Shalih Al-Utsaimin', terbitan Pustaka At-Tibyan, penerjemah Abu Idris]
 
sama seperti kita harus " Mati ", itu ketentuan yang gakbisa dirubah. tapi kita masih bisa meminta, jika kita dipanggil nanti, mau mati yang seperti apa yang kita ingin kan. demikian juga dengan Jodoh dan rejeki. semua sudah ada catatan dan porsi nya buat kita. tapi kita masih bisa meminta, yang seperti apa yang kita inginkan.
 
sama seperti kita harus " Mati ", itu ketentuan yang gakbisa dirubah. tapi kita masih bisa meminta, jika kita dipanggil nanti, mau mati yang seperti apa yang kita ingin kan. demikian juga dengan Jodoh dan rejeki. semua sudah ada catatan dan porsi nya buat kita. tapi kita masih bisa meminta, yang seperti apa yang kita inginkan.

yoiii benerr bangeddd kan takdir bisa qta rubahh dengan kemauan....

asalkann kita benar2 MAU dan ga pernahh melanggar yang dilarang NYA insya ALLAH tiap doa akan dikabulkan olehg NYA <<3)
 
yoiii benerr bangeddd kan takdir bisa qta rubahh dengan kemauan....

asalkann kita benar2 MAU dan ga pernahh melanggar yang dilarang NYA insya ALLAH tiap doa akan dikabulkan olehg NYA <<3)

Alhamdulillah...!!,
Mungkin..menurut 'yang punya ilmunya', yang dapat kita mohonkan dengan do'a dan kemudian kita 'upayakan' dengan 'amal perbuatan' adalah 'perubahan' nasib, dan bukan 'taqdir'.

Idiom nya misalkan kita sudah di 'taqdir' kan untuk nonton film 'ayat-ayat cinta' pada suatu saat, sehingga tidak bisa nonton 'dark knight' , tetapi didalam ruang bioskop itu kita masih bisa 'merubah nasib' kita dengan misalnya minta 'tukar tempat duduk' atau memilih 'tidur' daripada 'nonton', atau malahan 'ngajak berantem' pacar..he..he..he..

Wassalam...:weloveyou:
 
doa akan bisa ,erubah nasib..jika oramng itu berusaha....

waktu doa yang di terima ALLah S.W.T
pada saat SHOLAT TAHAJUD
SAAT PUASA..
DOA ORANG YANG SEDANG DI SIKSA
PADA PERTENGAHN BULAN SY'ABN...SETENGAH BULAN SYA'BAN/NISFU SYA'BAN
TERUS APA LAGI YAAA LUPA....

KLO DI ARAB TEMPAT YANG DO'A DI KABULKAN...DI DEPAN MAKAM NABI MUHAMMAD...MASJIDIL HARAM

DI MAKAM NABI IBRAHIM...
 
Allah ga akan merubah nasib suatu kaum, klo kaum itu tidak berusaha.
Berusaha di sini salah satunya dengan berdoa juga. Karena bagaimanapun juga Allah yang menentukan.
Janji Allah, Allah mengabulkan setiap doa hambanya klo hambanya yakin kpd Nya. Klo semisal dalam berdoa kita ragu2, "dikabulkan ga ya doa ku?". Ya yang terjadi ya Allah ga akan mengabulkan. Karena Allah sesuai dengan prasangka hambanya.
Doa pasti dikabulkan kok, cuma Allah maha tau mana yang terbaik bagi hambanya.
 
Dlm kitab matsnawi (jalaludin rumi), dikemukakan, bahwa kaum jabbariah (menerima takdir/pasrah) ditimpa kemalasan, dan kaum qadiriyyah (menolak takdir/pekerja keras) ditimpa kerakusan. Keduanya sama2 berbahaya.

Berdoalah untuk sesuatu yang kita inginkan, bekerjalah untuk sesuatu yang kita butuhkan.
 
Doa kan sama aja usaha kita secara gaib. Masalah tar bisa merubah ato ga, ngapain juga dipikirin, namanya juga usaha, hasil akhir ga usah dipikirin, yang penting selalu bersyukur sama apa yang udah kita dapetin, mau banyak, dikit, enak, ga enak, semuanya deh..
============================================================
Windows server, application hosting, ASP.NET, coldfusion hosting, murah, dengan berbagai paket layanan yang mendukung bisnis anda, hubungi (021) 54350335 atau email ke sales@virtualindo.com, atau add ym ke virtual.indonesia, atau link ke www.virtualindo.com
 
seperti janji ALLAH kepada umatnya ...
" barang siapa yang mau bersujud dan berdo'a kepadku,ku berjanji akan mengabulkan semua keinginan _nya"
 
menurut ku

doa bisa merubah ketentuan hidup asal kitaa meyakini doa yang qta panjatkann ke hadirat NYA
2_yahoo_sighing.gif
1_yahoo_batting.gif
1_222464315f8afd32485cd91b8e8bcca096599ec.gif
 
Back
Top