Warga Syiah di Belahan Dunia Merayakan Asyura

andree_erlangga

New member
Kota karbala di Irak menjadi pusat festival Asyura, Senin (29/1) atau bertepatan dengan 10 Muharam. Warga Syiah berkumpul di Masjid Imam Hussein dengan mengenakan pakaian warna hitam. Mereka memulai ritual memukul-mukulkan rantai ke punggung sebagai lambang penderitaan Imam Hussein saat gugur di medan perang. Karbala adalah saksi bisu syahidnya cucu Nabi Muhammad SAW, Imam Hussein, 14 abad silam. Peringatan ini dijaga ekstra ketat petugas keamanan seiring dengan makin meningkatnya aksi kekerasan berlatar sektarian di Negeri Seribu Satu Malam.

Di Turki, Hari Asyura dirayakan cukup meriah oleh warga Syiah. Warga Syiah Istanbul juga mengenakan baju hitam-hitam yang menandakan berkabung atas kematian Imam Hussein pada 680 Masehi. Di Pakistan, warga Syiah yang menjadi minoritas juga merayakan Hari Asyura. Mereka dijaga ekstra ketat mengingat insiden pemboman dua hari lalu di Kota Peshawar.

Kepolisian Islamabad yang dibantu tentara mengamankan jalannya prosesi ritual Assyura yang diikuti tak kurang dari 7.000 warga Syiah Pakistan. Peringatan hari Asyura seringkali menjadi target serangan kalangan Sunni di Irak. Namun di Pakistan, kedua kelompok ini hidup berdampingan dengan relatif lebih damai

Liputan6.com
 
Back
Top