Siapakah penyembah berhala ?

benharkirtan

New member
APAKAH UMMAT BUDDHA PENYEMBAH BERHALA ?




Magha-Puja di Vihara Watu Gong Semarang

“Penyembah-Berhala!”, kalimat ini selama berabad-abad telah menjadi senjata yang ampuh untuk mendiskreditkan suatu agama tertentu beserta para penganutnya. Bukan hanya agama Buddha dan para ummatnya yang sering mendapat ‘tudingan’ kejam seperti ini, tetapi agama-agama yang lainnya pun banyak juga ( misal ; agama Katholik, Hindu, dan lain-lainnya ). Agaknya kita harus dengan kepala dingin dan hati yang terbuka, menelaah secara kritis akan hal ini.

Pemujaan terhadap “berhala” yang dimaksudkan tersebut ( yang sering dituding-tudingkan ) , secara umum berarti, pemujaan terhadap sebuah benda ( patung, tugu-batu, batu-batu bertuah, dan segala bentuk benda yang lainnya ) dalam berbagai bentuk dan ukuran dan berdoa secara langsung terhadap benda-benda tersebut seolah-olah benda tersebut adalah Tuhan Yang-Maha-Kuasa itu sendiri. Doa-doa yang diuncarkan itu berisi permohonan, ratapan, keluh-kesah, yang ditujukan terhadap “Tuhan” yang termanifestasi dalam benda itu, dengan harapan semua permohonan itu dikabulkan.

Nah, apakah Buddha-Rupam adalah berhala ? Melihat pengertian pemujaan berhala tersebut, maka, Buddha-Rupam BUKAN – BERHALA, dan puja kepada Buddha-Rupam, bukanlah suatu bentuk pemujaan kepada Berhala, sebab ;

<!--[if !supportLists]-->1. <!--[endif]-->Buddha-Rupam, bukanlah benda / image yang menggambarkan sosok TUHAN.

<!--[if !supportLists]-->2. <!--[endif]-->Tidak ada DOA-DOA yang berisi permohonan, ratapan, keluh-kesah, yang ditujukan pada Buddha-Rupam tersebut.



Poster di ruang Puja di rumah saya

Mungkin anda ada yang bertanya, “ Lalu, apakah isi Sutta-sutta yang diuncarkan waktu ber-Puja-Bhakti ?”.

Yang harus diketahui, Sutta, BUKANKAH DOA. Sutta, berbeda dengan DOA.

Sutta, artinya adalah “Khotbah”, ia merupakan Sabda Sang Buddha yang berisi ajaran-ajaran Sang Buddha selama 45 tahun Beliau mengabdi pada semua makhluk demi menunjukkan jalan untuk terbebas dari ( minimal ) empat-alam menyedihkan ( yaitu ; neraka, binatang, alam para hantu ( peta ), dan alam para Jin dan raksasa ( Asura ) ) , dan ( maksimal ) demi tercapainya realisasi Nibbana, pembebasan sempurna dari samsara, terbebas dari arus tumimbal lahir di alam manapun juga. Pembacaan Sutta ini, mempunyai tujuan, untuk semakin menghayati ajaran Sang Buddha, bukan untuk meratap dan memohon permohonan-permohonan seperti rejeki, jodoh, dan lain-lain hal duniawi.

Misalkan saja, Karaniyametta-Sutta. Ini adalah Khotbah tentang Kewajiban dan Cinta Kasih. Berisi anjuran-anjuran Sang Buddha tentang apa yang harus dikerjakan oleh mereka yang tangkas dalam kebaikan, untuk mencapai ketenangan. Anjuran ini sangat jelas terlihat dari awal khotbah tentang kewajiban dan cinta-kasih ini :

“ Inilah yang harus dikerjakan,

Oleh ia yang tangkas, dalam hal yang berguna,

Yang mengantar ke jalan pencapaian ketenangan,

Ia harus mampu, jujur, sungguh jujur,

Rendah hati, lemah-lembut, tiada sombong… ,


Merasa puas, mudah dilayani,

Tiada sibuk, sederhana hidupnya,

Tenang inderanya, berhati-hati,

Tahu malu, tak melekat pada keluarga-keluarga.


Tak berbuat kesalahan walaupun kecil,

Yang dapat dicela oleh Para Bijaksana,

Hendaklah ia berpikir :

“Semoga Semua Makhluk Berbahagia dan Tenteram,

Semoga Semua Makhluk Berbahagia!”


Nah, dari cuplikan Karaniyametta-Sutta tersebut, jelas terlihat tidak ada ratapan-ratapan dan permohonan yang ditujukan kepada Buddha-rupam dan Sang Buddha, bukan ? Demikian pula dengan semua Sutta-sutta dalam kitab agama Buddha. Semua berisi ajaran-ajaran Sang Buddha, dalam bahasa Pali, dibaca untuk diresapi, dihayati, ditemukan manfaat sari pati ajarannya untuk dipraktekkan.

Sekarang, mari kita bandingkan isi SUTTA tersebut dengan DOA, yang umumnya masyarakat non-Buddhis mengenalnya. Umumnya, doa akan berbunyi dan berisi hal-hal seperti dibawah ini :


“ Ya Tuhan Yang Maha Pemurah Lagi Maha Penyayang… ,

Segala Puji Bagi – Mu , Tuhan, Penguasa Alam Semesta,

Hanya pada-Mu kami menyembah, dan hanya padamu kami MEMOHON PERTOLONGAN, Ya Tuhan Yang Maha Perkasa..,


Ya, Tuhan, Yang Maha Agung..,

Tunjukkanlah kami Jalan kenikmatan yang engkau berikan pada mereka yang Engkau kasihi, bukan jalan kecelakaan yang Engkau berikan terhadap mereka yang Engkau MURKAI… .


Ya Tuhan, bukakanlah pintu Rejeki untuk Kami,

Pertemukanlah kami dengan jodoh-jodoh kami

Yang telah Engkau siapkan, Ya Tuhan…,

Ampunilah kesalahan kami,

Terimalah seluruh amal perbuatan baik kami, Ya Tuhan..,


dst.”


Doa, selalu didahului dengan puja dan puji kepada Tuhan, lalu diikuti oleh berbagai bentuk ratapan dan permohonan, permintaan tolong, harapan untuk dibantu memperoleh jalan keluar, dan lain-lain sebagainya. Sedangkan Sutta , yang diuncarkan para siswa Sang Buddha, berisi tentang pokok-pokok pelajaran yang diberikan oleh Sang Buddha, untuk dihayati, semakin diperdalam, demi tercapainya kemajuan spiritual.

Karena masyarakat umumnya terbiasa diajari doa-doa, yang isinya adalah ratapan-ratapan kepada Tuhan, lantas menyamaratakan bahwa apa yang dibaca dalam Paritta / Kitab-Kitab agama Buddha [terutama ketika ber-Puja Bhakti di depan meja Puja ] adalah sama dengan apa yang mereka baca.







FUNGSI BUDDHA-RUPAM



Meja Puja Bhakti di Rumah



Buddha-Rupam, atau image-Buddha, berfungsi sebagai alat bantu visual yang membantu seseorang mengingat Sang Buddha dan sifat-sifat luhur-Nya yang menginspirasi milyaran makhluk dari generasi ke generasi berikutnya sepanjang sejarah peradaban dunia.

Buddha-Rupam juga berfungsi sebagai objek-samadhi, yaitu saat melakukan samadhi dengan objek Buddhanussati. Meditasi dengan objek keluhuran dan sifat serta Guna dari Sang Buddha, akan semakin memperteguh semangat untuk menempuh kehidupan suci, dengan meneladani Sang Guru Agung itu sendiri, yang menunjukkan Jalan menuju kesucian dan pembebasan.

Sang Buddha tidak menganjurkan umatnya untuk menyembahnya,karena dia hanya menunjukkan jalan..Yang menjalani hidup dan yang dapat melindungimu hanyalah diri anda sendiri,bukan Sang Buddha..
Agama Buddha adalah agama demokratis,universal,tidak ada paksaan,tanpa tumpah darah,tiada istilah perang suci,kasih sayang,keseimbangan batin,dan juga merupakan jalan hidup..
Sang Buddha tidak pernah memaksa manusia untuk mengikutinya..Jika cocok,ikutilah..
Sang Buddha menekankan umatnya untuk lebih banyak mempraktekkan ajarannya daripada banyak puja atau sembahyang..
Karena Dhamma indah pada awal,pertengahan dan pada akhirnya..

Buktikanlah keampuhan Dhamma jika masih meragukannya..Karena Buddhism bukan hanya sekedar agama,tetapi juga sebagai jalan hidup..Yang melaksanakan meditasi bukan hanya untuk kalangan Buddhist,tetapi untuk semuanya..




PATUNG-PATUNG DALAM AGAMA-AGAMA DILUAR BUDDHA-DHAMMA

Sesungguhnya, diluar agama Buddha, semua agama menggunakan suatu objek benda sebagai suatu sarana visual dan material untuk ber-religi, termasuk untuk melakukan ritual penguncaran doa-doa. Dan hal ini, menurut hemat kami, adalah wajar-wajar saja. Sebab, manusia mempunyai akal-pikiran, dan objek-objek tersebut merupakan bentuk ekspresi manusia terhadap sesuatu yang ia sebut “sakral”.

Di dalam agama Hindu, banyak terdapat patung Dewa, baik Brahma, Wisnu, maupun Siwa. Dan masih banyak lagi patung-patung. Semua patung-patung itu, merupakan simbol dari Tuhan, manifestasi dari Tuhan itu sendiri.Namun dalam agaam Hindu ,Tuhan adalah tetap 1,dewa2 nya hanyalah mewakilkan sifat2 Tuhan itu sendiri...Seperti Brahma adalah Tuhan bersifat Maha Pencipta..Wisnu adalh Tuhan bersifat Pelindung..Siwa adalah Tuhan bersifat Mengembalikan seluruh makhluk pada asalnya dan Kiamat..

Di dalam agama Katolik Roma , banyak terdapat patung-patung, seperti patung Tuhan Yesus Kristus, patung Bunda Maria, serta patung para suciwan lainnya.

Didalam agama Kristen Protestan, meskipun di”haram”kan adanya patung-patung, namun mereka mempunyai lambang “Salib” , sebagai objek / image dari kekudusan, kerohanian, atau sesuatu yang “absolut” itu sendiri.


Di dalam Islam, agama yang sangat mengharamkan adanya objek-objek pemujaan, mempunyai sebuah objek lambang-suci mereka , yaitu Ka’Bah, atau rumah-Tuhan. Menurut sejarahnya, di dalam Ka’Bah dulunya terdapat tiga ratus enam puluh (365 ) patung, dan sudah dihancurkan semua oleh Nabi Muhammad SAW. Diluar Ka’Bah terdapat Batu Balada Hajar Aswad yang berwarna hitam dan sangat disucikan dalam Islam , yang dipercaya sebagai batu bertuah dari surga. Hingga kini, ummat Islam sedunia, bila sholat , dan juga saat-saat berdoa, memohon suatu berkah, selalu menghadap KIBLAT, yaitu arah menuju rumah-Tuhan itu, Ka’Bah, di Mekah di tanah-Arab.Ketika umat Muslim naik haji,umat Islam selalu ingin mencium dan memegang batu ini. Selain itu, juga terdapat seni Kaligrafi yang menggambarkan religiusitas mereka, dan seni ini sangat terkenal dan digemari karena keelokannya.


Di dalam Agama TAO, terdapat patung-patung Dewa, seperti Dewa Bumi, Dewa Langit, Dewa Naga, Dewa Kekayaan, Dewa Kesehatan, dan lain-lain patung Dewa, yang kesemuanya berfungsi sebagai sarana untuk mengajukan permohonan kepada Nya.

Di dalam Kejawen, terdapat Keris-Keris, batu-batu bertuah, jimat-jimat, beberapa jenis patung, lukisan-lukisan Dewa tertentu, seperti Semar, Ratu Kidul, dan lain-lain. Ummat Kejawen, juga melakukan doa-doa serta ritual-ritual kepada Tuhan , karena mereka merupakan “Aliran Kepercayaan Kepada Tuhan YME ” . ( Misal, dengan doa-doa seperti, “Duh Gusti Ingkang Maha Agung, Ingkang Murbeng Dumadi, Ingkang Maha Kuwaos…, Kula Nyuwun Gunging Pangapunten, Gunging Pangaksami… , Nyuwun Sih Pitulungan Panjenengan , duh Gusti Pengeran…dst.” ).

Juga agama Yahudi,Zoroastrian,Shinto,Khong Hu Chu,Sikh,Mencius,Brahma,Yazidi,Chondogyo,Spiritism,Sunda Wiwitan,Parmalim,dan masih banyak agama2 lainnya...

Melihat betapa universalnya tradisi patung-patung / objek-objek suci bagi ritual sebuah agama di berbagai agama tersebut , lalu, adakah yang salah ? Tentu tidak. Adakah yang paling benar ? Artinya, bahwa hanya ada satu patung saja yang boleh disembah, sedang yang lain harus dihancurkan ? Egois sekali bila begitu.

Jika ada ummat Buddha yang melakukan hal memalukan tersebut ( menghancurkan patung-patung diluar Buddha-Rupam ), maka ia bukanlah seorang pengikut Sang Buddha, karena ia ‘egois’, ‘biadab’, menghancurkan suatu ‘keindahan’ , keelokan, ragam budaya dari pihak lain ( agama lain ) , yang sesungguhnya memperkaya khazanah peradaban dunia. Orang-orang seperti ini, ( yang suka menghancurkan patung-patung dari agama lain, dan menganggap hanya patung dalam agamanya sajalah yang boleh ada dan boleh disembah ) layaknya disadarkan, bahwa patung miliknya ( bagi ummat Buddha, tentu saja yang dimaksud adalah Buddha-Rupam ), bukanlah satu-satunya patung yang boleh ada, yang boleh dipuja, dan yang harus menjadi satu-satunya didunia yang di”sakral”kan.







SIAPA YANG SELAMA INI MENYEMBAH BERHALA ??



Persiapan Magha Puja di Vihara Watugong



Dengan menelaah hal-hal diatas, lalu, kita sekarang bisa bertanya, “Siapakah sesungguhnya yang selama ini MENYEMBAH BERHALA ?? “ Predikat “pemuja-berhala” sangatlah tidak tepat diberikan kepada ummat Buddha, dan tidak tepat pula diberikan pada ummat agama apapun. Pemberian predikat seperti itu sangatlah kejam, tidak manusiawi, melukai hati nurani setiap ummat yang memegang teguh kepercayaannya.


Sesungguhnya, semua agama sama-sama mempunyai objek / simbol religinya masing-masing, bahkan hampir semuanya memiliki suatu “objek” visual pemujaannya sendiri-sendiri, yang patut dihormati oleh semua pihak, baik ummat agama tersebut maupun ummat agama lainnya. Bagi kami, ummat Buddha, itu semua bukanlah masalah, dan bukan hak kami untuk menghakimi dengan tudingan-tudingan yang menyakitkan seperti yang umumnya dilakukan oleh orang-orang yang tidak bertanggungjawab. Semoga dengan artikel ini, tidak ada lagi tuding-menuding yang berjudul “Penyembah-Berhala” tersebut,sadhu…sadhu…sadhu… .



“ Sabbe Satta Sukhita Hontu, Nidukkha Hontu, Avera Hontu, Abyapajjha Hontu, Anigha Hontu, Sukhi Attanam Pariharantu”

( Semoga Semua Makhluk Berbahagia, Bebas dari Penderitaan, Bebas dari Kebencian, Bebas dari Kesakitan, Bebas dari Kesukaran, Semoga Mereka dapat Mempertahankan Kebahagiaan Mereka masing-masing )
 
Last edited:
Bls: Siapakah penyembah berhala ?

yang nyembah berhala??
1. pergi kekuburan malem2 minta wahyu.. (Wahyu di rumah lagi maen PS)
2. Mengganggap sesuatu barang memiliki kekuatan gaib. (Keris Berhantu)
3. Bersuku dengan setan (Punya Peliharaan penjaga rumah dan apa lah yang di jaga).

itu sudah... udah di pesan apartemen BLOK A- Z ni neraka...

Kalo di Kristen sudah jelas....

JANGAN ADA ALLAH LAIN DI HADAPANKU, DI DALAM AIR, DI ATAS DARAT DAN DI UDARA, KARENA BARANG SIAPA YANG MAU BERTEMU BAPAKU HARUS MELALUI AKU.

gitu bozzz
 
Bls: Siapakah penyembah berhala ?

Wah infonya bagus. . .Tapi, gw tambahin sedikit tentang ka'bah (sesuai agama sama ilmu yang telah saya dapat). Itu tempat bukan merupakan sebuah simbol. Itu tempat jelas dikatakan rumah Tuhan kami yang barang siapa ingin dekat denganNya, tentu pergi ke tempatNya. Dan oleh sebab itu, seluruh tempat ibadah berkiblat kesana (ini baru tepat dikatakan kalo mesjid itu simbol sebagai rumah Tuhan kami juga) sebagai tanda tidak ada tempat yang di tuju untuk meminta dan pasrah selain ke ka'bahtullah. Sebenarnya dalam catatan agama kami ada 2 tempat yang di perkenankan untuk lebih dekat dengannya. Yg pertama yaitu ka'bahtullah yang kedua rumah suci yang ada di yerusalem. Karena keadaan rumah suci tersebut hanya sisa dinding dan (sori) dalam agama kami anggap telah digunakan dengan salah oleh bangsa israel, maka tinggal tersisa 1 yaitu yang ka'bahtullah itu. Sehingga kiblat kami, kearah sana. Bukan berarti kami menyembah batu persegi yang gag ada isinya, tapi tempat tersebut benar2 rumahNya di muka bumi, supaya manusia yang ingin dekatnya, beramai2lah datang kesana memanjatkan doa dan minta pengampunan. Tempat tersebut benar2 tempat suci sehingga dinamakan masjidil haram (masjid yang sangat suci, sehingga haram hukumnya untuk orang yang tidak suci memasukinya). Tidak ada simbol apapun yang menunjukkan kebesaran Tuhan disana, karena dibangun oleh tangan manusia, tangan nabi ibrahim dan ismail sendiri. Simbol yang lebih tepat untuk keagungan Tuhan itu sendiri oleh kami adalah alam semesta dan isinya, cara bekerjanya ini itu, bahkan manusia sendiri adalah simbol betapa hebatnya Tuhan itu. Kami mengingat, takjub, takut akan segala kuasaNya, maka dari itu kami pergi ke Tempat trsebut sama seperti rumah ibadah yang ada di seluruh dunia dan agama.

Jadi, Saya tidak setuju jika dikatakan kalau rumah Tuhan kami adalah simbol. Tuhan kami simbolnya dimana2 dan bisa membuat manusia ingat terus kepadaNya, bagi yang melihat. Percaya sama gw, bangunan itu bisa hancur sama seperti bangunan lainnya jika tanpa perlindunganNya(tercatat dalam sejarah juga, tempat ini adalah tempat beribadah tertua yang ada didunia. Jadi, kemana lagi umat kami beribadah?).

Lalu hajar aswad, itu juga tidak termasuk simbol. Kalau batu itu bisa bicara, dia sendiri gag mau di cium sama manusia. Tradisi mencium hajar aswad itu bukan suatu ibadah wajib. Tradisi itu muncul ketika hajar aswad diyakini batu surga. Siapa yang gag mau punya batu surga? Sayangnya batu tersebut dilarang untuk dibawa pulang, oleh karena itu tercipta tradisi mencium hajar aswad di kalangan kami. Tradisi itu, baru tepat dikatakan simbol. Tapi bukan simbol pemujaan! Simbol yg tercipta dari mencium batu hajar aswad cuma karena kita ingin surganya, kita bahagia dan rindu ingin ke surga. Simbol tersebutlah yang "menyadarkan manusia" akan janji Tuhan kami itu nyata, dan tidak diragukan lagi. Gitu. . .Semacam rasa bersyukur aja hadirnya hajar aswad itu ketika kami menciumnya. Wah bisa repot kalau diwajibkan setiap naik haji harus mencium batu itu. Lah, yang ibadah haji itu ratusan ribu (koreksi jika salah). Kalau gag bisa, boleh aja kita coba besok. Lagipula ketika hari biasa, setelah beribadah, kita juga boleh menciumnya atau gag sama sekali juga gag masalah. Sah2 aja. . .Perlu diketahui, hajar aswad itu warnanya putih dulunya.


kalau ada yang salah mohon koreksi ya. . .
 
Bls: Siapakah penyembah berhala ?

yaa itu ya anggapan aja yah.. salah ya uwes bener ya uwes... salah gak dapat untung bener juag gak dapat untung... cuma mengisi kekosongan ama ilmu yang di dapat selama ini...
 
Bls: Siapakah penyembah berhala ?

Ya, saia mah gag cari pembenaran dalam ucapan saia. Masalahnya, akan gawat kalau dari umat agama kami mengganggap kabah itu objek/simbol religi yang seolah2 satu2nya disembah. Jadi, supaya menyeimbangkan saja mangkanya tidak setuju :D
 
Back
Top