Perkenalan tentang agama Sikh

Bls: Perkenalan tentang agama Sikh

makasih infonya... tambah wawasan juga, kemaren abiz chat sama orang sikh sih.... jadi penasaran tentan agama itu:)[<:)
 
Bls: Perkenalan tentang agama Sikh

Kerenn akhirnya dapet info dari umat agama Sikh langsung, untuk sang pembuka soal. Angkat topi untukmu kawan ;)
 
wah,perpaduan agama islam ma hindu.
Pa seperti islam kejawen yg islamnya masih da unsur hindu budha ma kpercayaan animisme ya?
Trus agama sikh muncul thn brapa?
 
Re: Bls: Perkenalan tentang agama Sikh

Sebagai seorang muslim senang mendengar begitu banyak agama dan kepercayaan di bumi Indonesia, berarti kita begitu "kaya" akan jalan menuju Kebenaran. Tentang masalah belum diakui sebagai agama resmi oleh negara adalah hal lain, keimanan dalam diri tidak perlu "stempel" dari siapapun termasuk dari negara.
Saya pribadipun beserta keluarga sering menghadiri ceramah pada komunitas Radha Soami Satsang Beas (pengikutnya umumnya dari kaum Sikh juga beberapa pribumi) di Cibubur dan Suma Ching Hai di Jakarta maupun yang lainnya. Hal baik bagi saya dan bagi perkembangan moral dan toleransi anak-anak saya, jikapun ada orang yang berkomentar buruk tentang hal kegiatan saya tsb. saya tidak perduli.

Umat Sikh paling banyak terdapat di kota medan..
Dan komunitas kecil umat Sikh terdapat di Pematang Siantar,Binjai,Tebing Tinggi,Jakarta,Tangerang,Pluit,Palembang.

Di Indonesia ada kurang lebih 3000 umat Sikh..

Di Medan ini banyak agama..ada agama Baha'i yang kebanyakan tinggal di Jalan Setia Budi,Medan.
Umatnya cuma 40 orang dan semuanya keturunan Iran dan timur Tengah.Baha'i mirip Islam tapi cara sembahyang n kitab sucinya beda.Di Kabupaten Donggala,Sulawesi Tenggara,baru2 saja ada sekitar 31 Muslim pribumi masuk agama Baha'i.

Di Medan,juga ada Agama Brahma,mirip Hindu tapi prinsipnya beda..
Kuilnya ada di Pasar 4,Padang Bulan,Medan.
Pembangunan kuil ini sempat dilarang oleh Parisadsa Hindu Dharma Medan.Tapi akhirnya dibangun setelah ketua Parisada meninggal dunia.
Umatnya kebanyakan suku India etnis Malayalam dan sedikit suku India etnis Tamil..

Suku India ada berpuluh2 etnis seperti Tamil/Keling,Punjabi(umumnya agama Sikh),Konkani,Kerala,Malayalam,Sinhala,Gujarati(umunya Muslim),Benggali,Mizoram,dan masih banyak..

Di medan juga ada agama Parmalim dan Taoisme serta animisme
 
Re: Bls: Perkenalan tentang agama Sikh

Whatever lah. Bagi saya sama saja apapun agama itu, walaupun banyak orang mengatakan agama A berbeda dengan B. Bagi saya itu adalah politik (setelah masalah keimanan di "organisasi"kan oleh manusia untuk kepentingan yang tidak jelas, bukan untuk kepentingan Tuhan. Inti awalnya bagi saya adalah perjalanan ruhani kedalam diri. Merawat/meningkatkan kesadaran diri sendiri KEDALAM DIRI SENDIRI akan penyembahan kepada Yang Maha Kuasa/Maha Pencipta dan berbakti kepadaNya, Jadi keimanan prosesnya kedalam diri sendiri. Kalau "keluar" / mengurus orang lain itu adalah politik/agama yang sudah diorganisir, atau kasarnya bisa disebut saja "usil"). Bagi saya tidak ada agama baru, munculnya saja yang baru. Intinya sudah dirahmatkan oleh Yang Maha Pencipta/Yang Maha kuasa sejak awalnya DIA berkehendak. Guru-Guru tersebut bukan baru, tetapi beliau-beliau hadir sesuai kebutuhan manusia pada zamannya masing-masing. Siapa yang bisa membatasi Yang Maha Kuasa kalau DIA berkehendak mengirimkan lagi utusanNya? Siapa yang bisa "memagari" KuasaNya? Setiap Nabi dan Kitab Suci selalu mengatakan bahwa Nabi yang besangkutan adalah yang paling benar dan Nabi terahir? Nyatanya? Menurut sejarah Tuhan selalu menurunkan Nabi berikutnya setiap 6 abad!!! Nabi yang terahir? BENAR pada masa saat Nabi yang bersangkutan hidup dia adalah yang terahir. Satu-satunya paling Benar? BETUL pada masa saat Nabi yang bersangkutan hidup dia adalah yang paling benar. Sesudah mereka wafat, itu soal lain, jika Yang Maha Kuasa berkehendak menurunkan lagi utusanNya kepada manusia yang sudah mulai menyimpang siapa yang bisa melarangNYA!!!????
Mohon maaf kalau saya menulis terlalu gamblang dan terus terang. Jika ada diantara saudara-saudara menganggap agamanya paling benar dibanding yang lain ya monggo saja. Sebagai umat muslim saya tidak keberatan agama saya dianggap paling salah.

sorry, kalau boleh ralat...
Guru Nanak Dev Ji dan sembilan Guru lainnya tidak mau disebut sebagai nabi, mereka hanya mengatakan diri mereka sebagai seorang Guru yang membimbing manusia kepada jalan menuju Tuhan...

Agama Sikh juga bukan merupakan perpaduan dari agama Hindu dan Muslim, karena ajaran yang diajarkan para Guru berbeda dengan kedua ajaran diatas,
tapi memang benar kalau agama Sikh lahir dan berkembang diantara keberadaan kedua agama tersebut...

Thanks
 
Back
Top