inilah arti bahagia dan sejahtera

dhimas_vale23

New member
TANDA-TANDA KEADAAN SEJAHTERA DAN BAHAGIA
Gail & Seehy (Heber & Runyon, 1984) pernah melakukan penelitian terhadap kurang lebih 60.000 orang dewasa mengenai kebahagiaan. Hasil penelitian mereka menunjukkan adanya tanda-tanda orang yang bisa disebut dalam keadaan sehat/bahagia. Kesepuluh tanda-tanda tersebut adalah sebagai berikut:

1. Hidup mereka memiliki arti dan arah
orang yang didapati puas dengan kehidupan mereka dicirikan dengan cara mereka menghidupi kehidupan mereka dengan mengikatkan diri pada sesuatu di luar diri mereka (bisa dengan sesuatu yang berkaitan dengan pekerjaan, ide ataupun visi ke depan) yang memberikan hidup mereka arti/makna dan arah. Oleh karena itu dapat dimengerti, mengapa para teroris bisa dengan tenang dan bahkan menunjukkan perilaku gembira/bahagia ketika diadili. Ini dimungkinkan karena mereka memiliki ide/visi yang menjadi tujuan hidup mereka, meskipun ide/visi tersebut bertentangan dengan kemanusiaan. Sepanjang sejarah, kita bisa melihat kembali hal tersebut, misalnya apa yang dilakukan oleh orang Jerman pada jaman Nazi Hitler. Ide bahwa Jerman merupakan bangas yang unggul, mendorong orang Jerman untuk berperang dan bertindak kejam terhadap bangsa lain.


2. Memiliki pengalaman transisi yang penting di masa dewasa dan dapat menangani transisi tersebut dengan cara yang tidak seperti orang kebanyakan, lebih bersifat pribadi dan kreatif

orang yang bahagia dicirikan dengan kemampuan mereka untuk menjalankan rencanakan yang telah mereka buat secara berkesinambungan, tetapi mereka juga menggunakan waktu-waktu tertentu untuk melakukan refleksi/mawas diri secara kritis terutama ketika mendekati pemikiran transisi atau setelah dari transisi.

3. Jarang merasa diperlakukan secara tidak adil atau dikecewakan oleh kehidupan
orang-orang yang memiliki kepuasan hidup tinggi cenderung melihat kegagalan sebagai pengalaman yang berguna dan kegagalan tersebut justru mendorong mereka untuk melakukan usaha yang lebih baik dari sebelumnya. Ini berbeda dengan mereka yang memiliki tingkat kepuasan hidup yang rendah, melihat kegagalan sebagai konfirmasi/pembenaran dari ketidakmampuan mereka sendiri. Mereka yang memiliki kepuasan hidup rendah cenderung melihat kegagalan sebagai pil pahit lain yang harus ditelan lagi dalam perjalanan hidup yang berat ini.



4. Mencapai beberapa tujuan hidup yang penting

orang yang bahagia, sehat dan puas dengan kehidupan dicirikan dengan terpenuhinya semua tujuan jangka panjang kehidupan mereka yang penting, seperti kehidupan yang nyaman, keluarga yang aman, dan perasaan pemenuhan. Sebaliknya orang yang paling tidak bahagia dalam kehidupan mereka adalah orang-orang yang memiliki pengalaman mengorbankan hubungan cinta atau keluarga mereka dalam rangka mencapai sukses pribadi.

5. Peduli dengan pertumbuhan dan perkembangan pribadi
Orang yang sehat dan bahagia menggambarkan diri mereka sebagai pribadi yang jujur, penuh cinta dan bertanggung jawab. Mereka mampu menghadapi realita dengan otentik sesuai dengan keadaan mereka tanpa dibuat-buat, memiliki beberapa sahabat yang dekat serta mampu mengambil tanggung jawab bila diperlukan.

6. Memiliki keadaan hubungan mencintai dengan yang dicintai secara mutualisme
mereka yang bahagia memiliki ciri mempunyai relasi yang saling menguntungkan dengan orang yang mereka cintai serta mampu memelihara hubungan tersebut. Penelitian tersebut juga menunjukkan bahwa bagi wanita kebahagiaan ternyata tidak didapat dari karir melainkan bila kehidupan seksual mereka terpuaskan.

7. Memiliki banyak teman
Orang yang bahagia memiliki teman-teman yang mampu memberikan perasaan nyaman dan dukungan di saat-saat yang diperlukan.

8. Orang yang menyenangkan dan bersemangat
Orang yang berbahagia dan puas dengan hidupnya dicirikan juga dengan perilaku mereka yang menyenangkan dan bersemangat, sehingga menarik bagi orang lain karena mereka sendiri menawarkan dukungan yang intim dan kehidupan emosional yang kaya bagi orang lain. Ini akhirnya menjadi semacam lingkaran penguatan diri (self reinforcing cycle), yaitu semakin mereka menyenangkan dan bersemangat, membuat orang di sekitarnya juga mendapatkan pengaruh yang sama. Ketika orang-orang di sekitar juga menjadi semakin menyenangkan dan bersemangat, ini membuat orang yang menyenangkan dan bersemangat tersebut semakin bertingkah laku koheren, atau setidaknya mempertahankan tingkah laku positifnya tersebut.

9. Tidak melihat kritik sebagai serangan pribadi yang menurunkan harga diri
Orang yang bahagia dan sehat memiliki harga diri yang cukup sehingga mereka merasa cukup aman ketika mendapatkan kritik dari orang lain. Mereka bisa membedakan antara tingkah laku mereka yang kurang sesuai sehingga patut mendapatkan kritikan dengan pribadi mereka pada sisi lain

10. Tidak memiliki ketakutan-ketakutan yang umumnya dimiliki orang lain
Orang yang bahagia dan sehat tidak memiliki ketakutan atau kecemasan seperti yang umumnya dimiliki orang lain seperti takut hidup sendirian, takut kalau apa yang dilakukan akan mengacaukan kehidupan pribadi , memiliki perasaan ‘terperangkap di dalam’ sesuatu keadaan, ketakutan bila tidak mampu secara bebas merubah cara hidup , takut bila tidak menarik secara fisik, takut bila tidak dipedulikan lagi oleh pasangan/orang yang dicintai, takut mengalami sakit atau keterbatasan kemampuan fisik.

Sumber bacaan:
Siswanto. KESEHATAN MENTAL: Konsep, Cakupan dan Perkembangannya. Penerbit ANDI. Yogyakarta. 2006.

<- kalo ini tanda bahagia juga bukan???
 
Bls: inilah arti bahagia dan sejahtera

nice info tapi menurut ku hidup didunia 3 hal yg membuat orang bahagia...
1. kesehatan (sehat)
2. Harta
3. Anak
3 hal ini terpenuhi pasti bahagia
 
Bls: inilah arti bahagia dan sejahtera

Menurut saya keseimbangn dunia dan akhirat juga penting. selain badaniah, maka bathin juga harus diselaraskan sehingga menjadi orang yang utama.
 
Back
Top