Sharapova Hadapi Sugiyama di Perempat Final

andy_baex

New member
Petenis nomor satu dunia Maria Sharapova harus melewati dua set awal penuh perjuangan untuk lolos ke perempat final Toray Pan Pacific Open di Tokyo, Jepang, Kamis (1/2).

Sharapova akhirnya menuntaskan perlawanan ketat Francesca Schiavone 7-5, 2-6, 6-1.

Ini merupakan pertandingan pertama Sharapova (Rusia) setelah tumbang di final grand slam Australia Terbuka akhir pekan lalu. Saat itu, Sharapova kandas oleh mantan ratu tenis AS yang datang sebagai nonunggulan Serena Williams.

Kali ini, menghadapi petenis nonunggulan Schiavone (Italia) yang terpaut 24 peringkat di bawahnya, Sharapova bermain ceroboh dengan 17 double fault. Juara 2005 asal Rusia ini tampak kesulitan mempertahankan servisnya dan baru berhasil membalikkan keadaan setelah istirahat set kedua.

Sharapova berhasil menjalankan saran pelatih Michael Joyce yang diberikan saat jeda tersebut. "Semuanya tergantung servis kamu," kata Joyce kepada Sharapova seperti dikutip kantor berita AP. "Kamu hanya perlu menemukan kembali servis kamu dan mencari cara untuk menang," katanya lagi.

Di perempat final, Sharapova akan menghadapi pujaan tuan rumah Ai Sugiyama yang menaklukkan Maria Kirilenko (Rusia) 3-6, 6-1, 6-3. Sharapova unggul atas Sugiyama di satu-satunya pertemuan mereka terdahulu, yakni perempat final grand slam Wimbledon 2004.

Sementara itu, juara bertahan Elena Dementieva (Rusia) juga lolos setelah mengalahkan rekan senegaranya, Elena Likhovtseva 6-3, 7-5. Seperti yang dialami Sharapovfa, Dementieva juga memerlukan perjuangan berat untuk menang.

Ia membuat delapan double fault dalam pertandingan yang berlangsung satu jam 32 menit tersebut. "Tampaknya akan menjadi turnamen yang sulit untuk mempertahankan gelar," kata Dementieva yang merupakan unggulan tiga. "Tapi saya suka jenis lapangan seperti ini dan saya akan mencoba tenang dan memainkan permainan saya," katanya.

Berbeda dengan turnamen pada umumnya yang lebih banyak menggunakan lapangan keras, turnamen berhadiah total US$1,3 juta (Rp11 miliar) ini dimainkan di atas lapangan karpet.

Dementieva selanjutnya akan bertemu Roberta Vinci (Italia) yang menyingkirkan Severine Bremond (Prancis) 6-3, 6-0. Di pertandingan lain, unggulan keempat Jelena Jankovic (Serbia) menaklukkan Zheng Jie (China) 6-4, 6-0. Sukses serupa diikuti petenis Serbia lainnya, Ana Ivanovic yang menang 4-6, 6-1, 6-2 atas Mara Santangelo.

Haas menang

Pada turnamen tenis putra Delray Beach Terbuka di AS, yang juga tengah berlangsung, semifinalis Australia Terbuka Tommy Haas (Jerman) melewati ujian pertama babak round robin. Unggulan kedua ini menang atas petenis Taiwan Lu Yen-Hsun 2-6, 6-4, 6-3.

Selanjutnya Haas akan bertanding dengan Sam Querrey (AS) yang juga mengoleksi satu kemenangan dari pertandingan melawan Lu. Sementara itu unggulan lima Florian Mayer (Jerman) dan unggulan tujuh Guillermo Garcia-Lopez telah lolos ke perempat final.

Sementara itu, petenis terbaik Australia Lleyton Hewitt tetap menjadi andalan negaranya dalam kejuaraan beregu putra Piala Davis melawan Belgia, 9-11 Februari mendatang. Kapten tim Australia John Fitzgerald mengatakan akan menurunkan petenis peringkat 17 dunia itu, baik di tinggal maupun ganda. "Jelas itu merupakan pilihan yang sangat mungkin bagi kami, tapi semua tergantung apa yang terjadi di hari pertama," katanya
 
Back
Top