[Mitos] Kumpulan Cerita Penciptaan Manusia

bjhe

New member
Nih gw mau bagi-bagi refrensi gw tentang penciptaan manusia . . . rada lucu juga ngebayangin orang jaman dulu ketika di tanya anaknya, "Ayah, bagaimana bisa ada manusia?"

sang ayah lalu berkata, "Gini nak . . . bla-bla-bla"

iya gag sih??

tapi nih cerita asli keknya, mitos dan bagaimana cara mereka berpikir . . . kalau ada yang punya cerita penciptaan manusia selain yang sering kita dengar, boleh ditulis disini . . . buat nambah-nambah wawasan kita :D

oke gw mulai ya . . . (bahasa inggriss!!! duh arus diartiin pula . . .)

sumber: http://folkloreandmyth.netfirms.com/creationmyths.html

------------------------------------------------------------------------

Manusia Pertama di Dunia (Afrika utara / bushmen )

Pada awalnya, hanya ada satu laki-laki dan satu perempuan mereka tidak hidup di permukaan bumi, namun di dalam perut bumi. Mereka adalah manusia pertama di dunia dan tidak pernah tahu bahwa mereka berbeda jenis kelaminnya.

Suatu hari mereka berdua pergi ke sebuah telaga untuk minum. Sang laki-laki berkata, "Biarkan aku minum." Si perempuan membalasanya, "Tidak, aku yang harus pertama minum. Aku sudah tiba lebih dulu."

Si Laki-laki mendorong si perempuan. Lalu si perempuan membalas sang laki-laki. Mereka bertengkar. Lalu si laki-laki mulai bertindak keras dan akhirnya sang wanita jatuh tergeletak di tanah. Pakainnya lepas di sisi lain si wanita. Pahanya benar-benar telanjang.

Sang laki-laki merasa bahwa si perempuan tergeletak dengan postur yang aneh dan telanjang. Sang laki-laki melihat wanita memiliki "alat"-nya. Dan sangat berbeda dengan "alat" si laki-laki. Lalu, si laki-laki berkata, "Buat apa itu?"

Sang wanita menjawab, "Ini enak."

(PERINGATAN!! JANGAN NGEBAYANGIN YANG ANEH-ANEH. GW AJA NGAKAK BACA INI!! APA YANG GW TULIS UNTUK MENAMBAH WAWASAN DAN DI TRANSLATE SESUAI APA YANG TERTULIS.)

Si Laki-laki lalu menidurinya. Dia menidurinya selama 8 hari.

Setelah 9 bulan, si wanita melahirkan 4 orang anak perempuan. Dan di 9 bulan selanjutnya, si wanita melahirkan 4 anak laki-laki. Begitu seterusnya, hingga akhirnya mereka memiliki 50 anak perempuan dan 50 anak laki-laki. (ALAMAK SUBUR AMAT ) Si laki-laki dan wanita pertama di dunia ini tidak tahu harus berbuat apa, sehingga mereka menyuruh seluruh anaknya untuk pergi merantau. (dibaca, diusir)

50 anak perempuan tadi, pergi ke arah utara. 50 anak laki-laki tadi, pergi ke arah timur. Setelah ke 50 anak perempuan tadi pergi kearah utara selama bertahun-tahun, Mereka melihat cahaya di atas mereka. Ada sebuah lubang di bumi.

Para anak perempuan ini melihat langit diatas mereka dan berseru, "Kenapa harus tetap dibawah ketika kita bisa memanjat ke atas permukaan dimana kita bisa melihat langit?"

Para perempuan ini memanjat langsung ke permukaan bumi ini.

Para anak laki-laki tetap berjalan ke arahnya sendiri. Selama bertahun-tahun, dan akhirnya mereka melihat ada sebuah lubang di bumi yang dimana mereka bisa melihat langit.

Para pemuda ini melihat langit sambil berseru, "Kenapa masih tetap disini jika ada tempat dimana bisa melihat langit?"

Jadi, mereka memanjat dan tiba di permukaan bumi.

Setelah ke 50 gadis pergi ke arah mereka di permukaan dan 50 pemuda pergi ke arahnya sendiri dan tidak ada seorangpun yang dapat mengenal masing-masing bahwa mereka berasal dari orang tua yang sama.

Masa itu, Seluruh pohon dan tanaman dan batu bisa berbicara. ke 50 gadis ini melihat tanam dan bertanya kepadanya, "Siapa yang membuat dirimu?"

Dan tanaman menjawab, "Bumilah yang membuatku."

Para gadis lalu bertanya pada bumi, "Siapa yang membuatmu?"

Lalu, bumi menjawab, "Aku sudah ada disini sejak lama."

Disaat malam para gadis melihat Bulan dan bintang-bintang lalu berseru, "Siapa yang membuatmu yang berada tinggi diatas kita dan diatas pohon? Apakah kamu yang telah memberi kita cahaya? Siapa kamu, yang hebat wahai bintang kecil? Siapa yang telah membuatmu? Atau kamu mungkin, yang telah membuat semuanya?" Semua gadis terus bersorakan dan berseru. Akan tetapi bintang dan bulan terlalu tinggi dan tidak dapat mendengar mereka.

Para pemuda terus berkelana di daerah yang sama dan dapat mendengar sorakan dari para gadis ini.

Mereka berkata satu dengan yang lainnya, "Pastilah disini ada manusia lainnya yang hidup seperti kita. Ayo kita cari tahu siapa mereka." Lalu mereka bersama-sama menuju asal sorakan itu.

Sebelum mereka menemukan lokasi dimana sorakan tersebut berasal, Mereka pergi ke Sungai. Sungai tersebut terbentang diantara 50 gadis dan 50 pemuda. Bagaimanapun juga, Para pemuda ini belum pernah melihat sungai sebelumnya, jadi mereka berseru! (gilee . . . nemu sungai aja girang banget ) Para gadis mendengar seruan mereka yang cukup jauh lalu menuju darimana suara tersebut berasal.

Para gadis tiba di sisi lain sungai tersebut, lalu melihat para pemuda seraya berseru, "Siapa kalian? Apa yang kalian ributkan? Apa kalian manusia juga?"

Para pemuda membalas, "Iya, kami manusia juga. kami berasal dari dalam perut bumi. Apa yang kalian sorakkan?"

Lalu para gadis menjawab, "Kami juga, manusia juga. Kami juga baru keluar dari perut bumi. Tadi kami berseru kepada bulan dan bintang siapa yang telah membuat mereka atau merekakah yang telah membuat ini semua."

ke 50 pemuda berbicara kepada sungai, "Kalian tidak sama seperti kita," kata mereka. "Kita tidak dapat memegangmu dan tidak dapat melewatimu. Makhluk apakah kamu? Bagaimana caranya agar bisa melewatimu?"

Sungai lalu berkata, "Aku adalah air. Aku digunakan untuk mandi dan mencuci. Aku ada untuk diminum. Jika kamu ingin ke tepi sungai yang lain, teruslah keatas. Didaerah sana lebih dangkal dan kalian dapat melaluiku."

(Karena terlalu lama kalau diartikan satu-satu, gw persingkat dikit kata agar gag ngebosenin. Tapi tetap memasukkan elemen pentingnya)

Dan akhirnya para pemuda dapat bertemu dengan para gadis tapi lalu mereka berseru, "Jangan terlalu dekat dengan kita. Kalian disana, dan kami disini. Kami akan tetap bersama kalian walau ada jarak antara kita."

Jadilah 50 pemuda dan 50 gadis melanjutkan perjalanannya, dan dalam jarak tertentu, namun berkelana dengan arah yang sama.

Suatu hari ke 50 pemuda pergi ke sebuah telaga, begitu pula para gadis. Para pemuda berkata, "Bukankah sungai telah mengatakan sebelumnya bahwa air untuk mandi? ayo kita mandi."

Ke 50 pemuda tadi menanggalkan pakaiannya dan mandi. sementara itu, 50 gadis yang tadi hanya duduk dan melihat para pemuda dari jauh. Gadis yang paling liar (dibaca nyeleneh) berkata, "Ayo kita lihat apa yang dilakukan manusia yang lainnya."

Dua gadis mengikutinya, sementara yang lainnya menolaknya.

Ketiga gadis itu ingin mengitip di semak-semak memperhatikan para pemuda. Namun dua gadis yang tadi, mengurungkan niatnya ditengah jalan dan tersisa si gadis liar sendiri. Dia memperhatikan baik-baik para pemuda dan mengetahui bahwa para pemuda tidak sama seperti para gadis. Ketika para pemuda memakai kembali pakaian mereka, si gadis liar ini kembali ke komplotannya.

Para gadis yang lainnya berkumpul dan bertanya kepada si gadis liar, "Apa yang telah kau lihat?"

Lalu ia menjawab, "Ayo, kita mandi juga, Lalu aku bisa memberitahukan kepada kalian."

Ketika mereka sudah turun mandi lalu si gadis liar berkata, "Manusia yang tadi, tidak sama dengan kita. Kita memiliki sesuatu di dada kita, sementara mereka tidak. Kita memilki alat kelamin kita, mereka memiliki bentuk yang berbeda. Rambut mereka tidak panjang seperti kita, tapi pendek. Dan saat kalian melihat mereka telanjang, hati kalian akan berdebar-debar seolah-olah ingin menyentuh mereka. Ketika kalian melihat mereka telanjang, aku yakin kalian akan mengenangnya terus." (lebay amat mbak . . . )

Para gadis yang lain menjawab, "kamu pasti berbohong."

Tapi gadis liar itu berkata, "Pergilah dan buktikanlah sendiri. Pasti kalian akan merasakan seperti yang kurasakan."

Para gadis menjawab, "tidak, kita akan melanjutkan perjalanan kita."

Lalu mereka semua kembali melanjutkan perjalanannya. Dan akhirnya mereka beristirahat.

Lalu para pemuda berkata, "Marilah mulai saat ini kita tidak tidur dibawah langit. Kita akan membangun rumah."

Beberapa pemuda, menggali tanah dan membuat rumah didalam tanah. Lalu sisa para pemuda yang lainnya berkata, "Apa yang kalian lakukan? Menggali tanah untuk tempat tidur? Apa tidak ada batu yang dapat disusun untuk membangun rumah?"

akhirnya para pemuda menyusun batu-batu dan membuat sebuah tembok. Salah satu dari mereka pergi mencari pohon untuk ditebang.

Tapi si pohon berseru, "Apa kamu ingin menebangku? Apa yang kau lakukan? Kamu pikir kamu lebih tua daripadaku? Apa yang kamu inginkan dari kayuku?"

Lalu si pemuda ini menjawab, "Aku tidak tua darimu. AKu berharap dapat memotongmu dan 49 pohon lainnya dan kayunya akan kugunakan sebagai atap kami. Semua dahan dan ranting akan digunakan untuk melindungi kami dari basah."

Pohon lalu menjawab, "Baiklah." (ckckckck . . . naas kau pohon... naas nasibmu)

Cabang dan ranting di masukkan kedalam rumah. Batang-batang kayu yang besar digunakan untuk atap. Dan beberapa yang lainnya untuk menahan beban atap.

(duh gw mule capek ngetik. . .sori kalo translate-nya asal-asalan. . . ngantuk gw begadang cuma buat translate ini . . . aduh biyung ampunnn)

Diantara para pemuda, juga ada yang liar. Dia tidak tinggal di dalam rumah. Dia lebih suka keluar masuk rumah dan mencari siapa yang bisa dimakan. Karena ia terlalu liar, yang dipikirkan hanyalah memakan dan membunuh teman-teman pemuda lainnya.

50 gadis tadi tinggal ditempat yang tidak jauh dari para pemuda. Melihat apa yang di kerjakan para pemuda yang akhirnya mendirikan sebuah rumah.

Mereka saling bertanya satu sama lain, "Apa yang dilakukan oleh mereka? Apa yang mereka lakukan dengan batu dan pohon itu?"

Si gadis liar berkata, "Aku akan kesana lagi. Aku akan mengendap-endap dan melihat apa yang mereka lakukan. Aku pernah melihat mereka telanjang, dan aku ingin melihat lagi." (oalaah . . . jadi gitu cara wanita berpikir? hyahahahaha . . . becanda)

Akhirnya, si gadis liar ini bisa masuk kerumah. Ia mengagumi apa yang telah di lakukan para pemuda, namun ia tidak menemukan seorangpun disana. Selanjutnya, pemuda liar masuk dan melihat si gadis liar. Pemuda liar ini mengaum! roarr!! (roared bahasa indonesianya apa sih?) Si gadis liar berteriak ketakutan dan segera berlari menuju tempat para gadis lainnya berada.

Para pemuda yang sedang berada di luar, mendengar teriakan si gadis liar dan segera menuju asal suaranya. Si gadis liar terus berteriak dan juga di dengar oleh para gadis lainnya. 49 gadis lainnya segera beranjak ingin menolong si gadis liar ini. Didalam semak 50 gadis dan 50 pemuda tadi bertengkar termasuk si gadis liar dengan pemuda liar.

Sangat gelap di semak-semak tadi. 50 gadis tadi terlalu kuat dan menduduki para pemuda di dada mereka. Dan para gadis berkata, "Kini akan kubuktikan apa yang gadis liar katakan."

Para gadis menelanjangi para pemuda. Mereka menemukan kelamin si para pemuda. Saat disentuh para gadis, para pemuda tetap di atas tanah dibawah para gadis (dibaca keenakan :D ). Saat para gadis merasakan (dibaca menyentuh) kelamin para pemuda, mereka juga keenakan. (AWKAWKAKWAKWKA . . . ini sesuai apa yang ada di sumbernya.)
Lalu, kalian pasti tahu apa yang terjadi, Para gadis menanggalkan pakaiannya dan melakukan ritual perkawinan. Lalu, para pemuda menjadi sangat aktif saat ritual tersebut terjadi.

Setiap pemuda berpasang-pasangan dengan salah satu gadis. Mereka menikah.

Di dalam rumah, para pemuda berkata, "Tidak benar jika para wanita berada diatas kami. Kitalah yang harus diatas kalian. Mulai saat sekarang biarkan kami menjadi kepala keluarga."

Dan akhirnya 49 pemuda dan 49 gadis hidup bahagia selamanya. Sementara itu gadis liar dan pemuda liar tidak punya rumah. Mereka berada di luar lalu saling berkata, "Kita mungkin berbeda dengan manusia yang lainnya yang memperlakukan kita dengan sangat buruk. Kita akan tetap menjauh dari mereka. Mari kita tinggalkan tempat ini dan tinggal di hutan."

Pemuda dan gadis liar ini pergi meninggalkan teman-teman mereka. Mulai saat itu mereka berjanji, hanya akan memakan anak-anak keturunan teman-teman mereka. Si gadis liar berubah menjadi penyihir wanita pertama dan si pemuda liar menjadi singa pertama. Mereka senang menjadi kanibal. Mereka bahagia hidup diatas darah manusia.

--------------------akhirnya Tamat---------------------------------------

sebenarnya disana masih ada cerita penciptaan manusia lainnya. Tapi gw capek banget dah ngartiin ini. Mungkin tar gw lanjutin lagi atau ada yang mau ngelanjutin??

oh iya, ada komentar tentang cerita ini?? gw tunggu [<:)
 
Bls: Kumpulan Cerita Penciptaan Manusia

Ow. .tapi kaya janggal y akhirnya..tiba" jadi penyihir..^^
 
Bls: Kumpulan Cerita Penciptaan Manusia

wah panjang amat


kesimpulan nya manusia berasal dari planet yang sangat jauh dari bumi
 
Bls: Kumpulan Cerita Penciptaan Manusia

aw . . . mungkin kale, terlalu dalam jatuh dari luar angkasa akhirnya nuncceepp kedalam ampe perut bumi??
 
Bls: Kumpulan Cerita Penciptaan Manusia

Ow. .tapi kaya janggal y akhirnya..tiba" jadi penyihir..^^

disitunya aneh . . .

disana ditulis:
the wild maiden turn into first teriel (witch)

gw pengen nerjemahin, anjing teriel pertama, takut salah. Soalnya gag ngerti maksud teriel disini apa . . .
mangkanya gw terjemahin witch nya aja . . . hohohohoho . . .

panjanggg gilaa, dari jam 2 malem ampe jam 5 . . . badan pegal-pegal . . .

tapi senang, bisa mendongeng cerita ini . . . hahahaha <<3)

--------------------------------------------------------------------------

Sekarang gw pengen ceritain penciptaan dari negri lain. sekarang dari Roma . . . Roma sama yunani sama, cuman beda nama dewanya aja tapi tugasnya tetep sama . . .

berasal dari sumber yang sama, dan di translate seperlunya <<3)

Penciptaan dan Banjir dahsyat! (Yunani / Roma)

Sebelum ada Bumi atau laut atau surga, yang ada hanyalah kekacuan: Tidak berbentuk, Tidak teratur, Benda mati. Tidak ada matahari, bulan, dan udara. Para elemen sebenarnya sudah ada, tapi tanpa wujud dan karakter. Tanah yang tidak subur, air tanpa fluiditas (hahahahahaha . . . asal kata fluidity) dan langit tanpa cahaya.

Selalu ada pertikaian antara satu sama lain: Panas bertarung dengan dingin, kering dengan basah, Berat dan ringan, keras dengan lembut.

Akhirnya Tuhan, kekuatan terbesar alam, memecahkan pertikaian ini, memisahkan tanah dari surga, Menggabungkan tanah kering dengan air, dan memisahkan udara segar dari awan, yang pada akhirnya membuatnya menjadi seimbang. Di puncak tertinggi, beliau menciptakan surga yang ringan tanpa gravitasi. Dan didaerah terendah dari surga tersebut yang maha kuasa memberinya udara, dan cahaya tapi tanpa tidak ada substansi. Lalu muncullah bumi, Yang turun akibat bebannya sendiri lalu dikelilingi lautan. (istilah kasarnya, mungkin surga-lah yang menelorkan bumi . Waktu itu bumi masih berupa tanah datar, seperti teori sebelum jaman galileo )

Lalu Tuhan, bagaimanapun juga, memerintahkan zat yang kacau menjadi lebih harmoni keseluruhannya.

Lalu Tuhan membentuk Bumi menjadi bola raksasa dan menyebabkan lautan menyebar ke seluruh Bumi. Lalu Ia membuat telaga, kolam dan danau, lalu sungai, dan membuat mereka mengarah ke laut. Membuat lembah dan juga gunung yang tinggi. (Jadi inget avatar )

Lalu Tuhan membagi Bumi menjadi 5 daerah. 2 di paling ujung, 1 ditengah, dan 2 diujung lainnya. Yang berada di daerah tengah, sangat panas buat habitat (daerah khatulistiwa), dan 2 daerah terluar menjadi sangat dingin. Namun, diantara keduanya adalah tempat yang seimbang. Tidak panas dan juga tidak dingin.

Jauh diatas bumi, tergantunglah udara, lalu membuat kabut dan awan, menaruh petir didalam awan. Untuk semua keempat angin, beliau menciptakan batasan dan tujuan. Ia membuat bintang, yang dimana berada ditempat tergelap, untuk menyinari langit.

Air di berikan ikan, Tanah diberikan satwa liar, dan udara diberikan burung. Namun tidak satupun makhluk ini yang pintar; tidak ada yang pantas untuk menjadi pemimpin di bumi.

Lalu manusia pertama lahir. Walau sebenarnya Tuhan yang menciptakannya, hanya Ia melakukannya melalui bumi yang memakai benih super (buset dah) , atau Promotheus, membentukkan imej Tuhan itu sendiri memakai lumpur kualitas super. Bagaimanapun juga dalam menciptakan manusia, Makhluk baru ini diciptakan berdiri tegak dan matanya memandang surga dan bintang, tidak seperti hewan liar yang palanya dan tatapannya selalu tertunduk menatap tanah.

Masa pertama manusia disebut jaman keemasan. mereka hidup tanpa hukum dan tanpa hukuman. Tidak ada yang jauh dari rumah. Semuanya hidup damai dengan tetangga, dan bumi sendiri memberikan buah-buahan tampa harus susah payah mengambilnya. Dari sungai mengalirlah susu, nektar dan madu (pasti lengket yah?) yang berasal dari pepohonan. Pada masa ini hanya ada musim semi (Tambahan sedikit, ini disebut masa pemerintahan dewa saturnus. Dewa kesuburan tanaman dan makanan. Atau dalam ancient greek disebut raksasa Kronus)

Saat saturn kehilangan kekuasaannya (hari dimana saturnus meninggal, kita peringati sebagai saturday alias sabtu) dan di gantikan Jupiter (dalam yunani dibaca dewa zeus), masa keemasan berubah menjadi masa keperakan (dibaca silver age . . . aduh susah euy). Jupiter, si dewa langit, memendekkan musim semi dan menambahkan musim panas, gugur dan dingin. Dan bumi tidak lagi memberikan buah cuma-cuma lagi. Manusia harus bekerja keras untuk mendapatkannya.

Lalu datanglah masa perunggu. Selain perunggu lebih keras daripada perak, manusia mulai tertarik akan hal-hal yang berbau perang.

Dan akhirnya, datanglah jaman besi yang dimana lebih keras daripada perunggu, perak dan emas. Dan berdampak kepada manusia, dimana semuanya menjadi dasar dan dangkal. Para pelaut mengarungi samudra untuk mencari tanah baru dan kekuatan. Ada yang sangat kaya, namun didaerah lain ada yang sangat miskin. Teman mengkhianati teman terjadi di jaman ini.

Konflik di bumi juga berpengaruh dengan yang terjadi di Surga. Legenda mengatakan, para raksasa bersatu mendorong gunung agar bisa ke surga. Namun Jupiter (zeus) mempertahankan tahtanya dengan menghujamkan petir yang dahsyat dan pertumpahan darahpun terjadi. Dari darah inilah, muncul ras manusia baru yang bertingkah seperti raksasa yang tidak menghargai para dewa.

Dari langit, jupiter (zeus) melihat keadaan manusia sekarang. Tidak dapat diharapkan, Kejam dan kasar. Diapun memanggil kabinetnya (Dewa juga ada kabinet loh!) berkumpul, dan merekapun datang memenuhi panggilan Jupiter (zeus) lalu bersama-sama berkeliling melewati jalan bercahaya yang terkenal, milky way. Jupiter marah besar dan berkeinginan untuk menghancurkan ras manusia ini, dengan cara meyakinkan bahwa ia masih punya stok manusia baru ( jupiter, "tenang bro! ogut masih punya stok manusia di kulkas!"). Para dewa dengan sedih menyetujui rencana jupiter dan hanya dengan cara ini kekacauan pada manusia bisa berakhir.

Jupiter (zeus) melancarkan serangannya dengan petir yang banyak sekali. Namun ia tersadar, bahwa apa yang ia lakukan akan berdampak pada surga itu juga. Sehingga, ia hanya menghancurkan habitatnya saja. (Jadi, intinya dia gag berani menyerang manusianya langsung dengan petir, dan berencana / berpura-pura bahwa bumi lah yang menyebabkan habitat manusia hancur bukan dia). Rencana pertamanya adalah menggabungkan angin utara dan angin selatan sehingga terciptalah hujan tanpa henti. Saudara Jupiter (zeus), Neptune (Poseidon), dewa lautan, membuat pasang dan gelombang besar untuk menghajar tempat tinggal manusia. Dan ia juga membuat Sungai-sungai meluap.

Manusia dan makhluk buas tidak pernah tau akan terjadi ini. Tanaman lenyap. Rumah-rumah hancur, tanpa belas kasihan. Bahkan kuil dan gambar-gambar keramat yang digunakan untuk pemujaan hancur.

Pada akhirnya, hanya ada satu tempat yang masih tidak dapat dijangkau air. Lembah kembar dari gunung Parnassus. Disana mendaratlah kapal kecil yang membawa Deucalion dan istrinya Pyrrha. Mereka sendirian dan satu-satunya yang selamat.

Saat Jupiter (Zeus) melihat satu-satunya laki-laki dan perempuan di bumi, dan mereka berdua termasuk yang taat beragama, Jupiter (zeus) lalu menghentikan kekacauan yang terjadi. Lalu Neptune (Poseidon) menyuruh anaknya Triton (Bapaknya ariel di little mermaid) untuk menarik kembali gelombang pasang melalui terompet kerangnya.

Bumi sekarang kembali pulih, tapi tanpa kehidupan, terisolasi dan kosong. Deucalion dan Pyrrha, melihat hanya merekalah yang tersisa di dunia ini, dan bersama-sama menuju "air dari Cephissus", yang dimana mengalir dari tempat biasa mereka memuja. Mereka membasuh diri mereka dengan air suci, lalu masuk ke kuil dan berharap mendapat pertolongan dari dewa. Dijawab dengan ramalan yang mengatakan mereka harus segera meninggalkan kuil dan mengumpulkan tulang belulang ibu mereka.

Deucalion tidak percaya apa yang ia dengar, dan Pyrrha mengatakan tidak akan tidak menghormati ruh ibunya dengan mengganggu tulangnya. Deucalion, bagaimanapun juga, berpikir bahwa yang diramalkan bukan makna sebenarnya, yang dimana ibu disana berarti bumi pertiwi bukan ibu mereka. Dan juga, tentang mengumpulkan tulang maksudnya mungkin mengumpulkan batu yang dimana berasal dari Bumi. Lalu mereka berdua mencoba mengumpulkan batu yang berada di belakang mereka.

Tidak ada yang percaya apa yang terjadi, Saat batu dilemparkan ke bumi, batu tersebut berubah menjadi manusia. Yang di kumpulkan Deucalion menjadi laki-laki yang di kumpulkan Pyrrha menjadi perempuan, dan akhirnya bumi kembali ramai kembali.

--------------------tamat-----------------------------------------------
 
Bls: Kumpulan Cerita Penciptaan Manusia

weww.. keren keren dongengnya.
1 star 4 u lah.
ditunggu yg berikutnya yah, om.
 
Bls: Kumpulan Cerita Penciptaan Manusia

weww.. keren keren dongengnya.
1 star 4 u lah.
ditunggu yg berikutnya yah, om.

waaaahh . . . asssiikkk . . .

masih ada yang lainnya . . . cuma kalo gw translate lagi hari ini, 4 jam lagi waktu di depan komputer . . . >:'(
 
Bls: Kumpulan Cerita Penciptaan Manusia

Dongengnya kpanjangan.

iyah gw rasa juga gitu . . . apalagi yang afrika . . . tapi keknya yang dari nara sumber itu dah di padet-padetin se padet-padetnya . . . yang tersisa ya elemen-elemen pentingnya, kek yang di greece / roman. Padahal dulu gw baca yang lengkap, ceritanya super panjangg . . . kenapa ada musim panas, musim gugur, musim dingin . . . terus yang laen2nya . . .

tar yang selanjutnya gw pendekin deh :D
 
Bls: Kumpulan Cerita Penciptaan Manusia

ah dongeng itu, realy hoax

bener bang . . . ini hoax . . . inikan cuma mitos kepercayaan setempat . . .
abangnya buka di sub forum mitos, yah ini termasuk mitos

kalo misalnya, nikmatin cerita setelah melihat keabsahannya, mending baca buku pelajaran :D

cerita seperti ini cara nikmatinnya yah di bayangin. . .gw yakin di sub forum tentang science mungkin abang lebih tertarik . . .
 
Bls: Kumpulan Cerita Penciptaan Manusia

Dah selse semua urusan gw . . . sekarang lanjut lagi dongeng . . .

yang satu ini dari filipina . . . ceritanya seru, mirip kek kisah human creation jepang keknya . . . Ini cerita yang sangat-sangat tua, mungkin akan sulit kalau di konfirmasi ke orang filipina. But, what the hell?! yang dinikmatin di cerita ya cerita . . . bukan keabsahannya. OH iya, lw baca ginian pasti pusing dengan namanya . . .

sumbernya masih tetep sama . . .

--------------------------------------------------------------------------
Bagaimana Dunia terbentuk (Filipina)

Ribuan tahun yang lalu Tidak ada tanah, tidak ada matahari, tidak ada bulan, tidak ada bintang, dan dunia hanyalah bola air raksasa, yang diatasnya terbentang langit. Air adalah kerajaan dewa Maguayan, dan langit di kuasai dewa Captan.

Maguayan mempunyai seorang putri bernama Lidagat, sang laut, dan dewa Captan mempunyai seorang putra Lihangin, sang angin. Kedua dewa besar ini setuju untuk menikahkan kedua anaknya, jadi sang laut menjadi mempelai si angin.

3 orang putra dan 1 orang putri lahir dari pernikahan mereka. 3 anak ini bernama Licalibutan, Liadlo dan Libulan; sedangkan sang putri bernama Lisuga.

Licalibutan mempunyai tubuh yang keras seperti batu dan ia juga kuat serta pemberani; Liadlo terlihat seperti emas dan selalu bahagia; Libulan terlihat seperti perunggu dan juga ia lemah; dan si cantik Lisuga mempunyai tubuh yang terlihat seperti perak murni dan ia juga manis dan lembut (kueeee dooonnnkkk <3D ). Kedua orang tua mereka sangat menyayangi mereka dan tidak ada yang dapat merusak kebahagiaan mereka.

Akhirnya waktu cepat berlalu, Lihangin meninggal dan menyerahkan kemampuan mengatur angin kepada anak tertuanya, Licalibutan. Tidak lama kemudian, istri Lihangin, Lidagat, menyusul suaminya. Dan ke-4 anak ini tumbuh tanpa orang tua dan diasuh oleh kedua kakek mereka, Captan dan Maguayan, untuk menjauhkan mereka dari kejahatan.

Licalibutan kini memiliki kekuatan mengatur angin, ia memikirkan bagaimana caranya agar menjadi lebih kuat dan mengajak saudara-saudara yang lainnya untuk menyerang dewa Captan di langit. Pertamanya, mereka menolak ajakan Licalibutan; Tapi, ketika Licalibutan menjadi marah, si ceria Liadlao, tidak ingin bertengkar dengan saudaranya dan setuju untuk membantunya. Lalu, bersama-sama mereka membujuk si lemah Libulan untuk ikut membantu kedua saudaranya ini.

Ketika semua persiapan telah matang, ketiga cucu dewa terhebat Captan, memulai aksinya. Tetapi mereka tidak dapat merubuhkan gerbang baja yang menjaga pintu masuk. Lalu, Licalibutan menggunakan kekuatan anginnya yang kuat dan akhirnya gerbang tersebut berterbangan tak tentu arah. Ketiga bersaudara ini telah berhasil memasuki langit, tapi mereka menemui Captan yang tampak marah besar. Dengan sangat ketakutan, ketiga bersaudara ini mencoba untuk berlari. Namun, dewa Captan menghukum mereka dengan satu petir besar.

Petir pertama mengenai Libulan si perunggu dan ia meleleh seketika menjadi sebuah bola. Petir kedua mengenai Liadlao si emas, dan ia juga meleleh. Petir terakhir mengenai Licalibutan, dan tubuh batunya hancur berkeping-keping dan jatuh ke laut. (mungkin mereka membayangkan negara filipina itu seperti orang terjun bebas ke laut)

Begitu besar potongan-potongan Licalibutan sehingga menjadi yang kita kenal sekarang Pulau.

Di waktu yang sama, Lisuga merindukan ketiga saudaranya dan mulai mencari mereka. Dia pergi ke langit, tetapi saat dia muncul di pintu gerbang yang sudah hancur, Captan, buta oleh kemarahannya. Dia juga menyerang Lisuga yang baru datang dengan petir, dan tubuhnya hancur menjadi jutaan potongan.

Captan lalu turun dari langit, menuju lautan dimana Maguayan tinggal dan memanggilnya, serta menuduh Maguayan lah yang telah memerintahkan penyerangan ketiga cucu mereka. Lalu, muncullah Maguayan, ia sama sekali tidak tahu apa yang terjadi, dia mengaku bahwa selama penyerangan ia tidur di lautan, dikerajaannya.

Setelah beberapa lama akhirnya kemarahan Captan reda. Bersama-sama mereka menangisi kehilangan seluruh cucu mereka, terutama si cantik Lisuga; tapi apa daya kekuatan mereka tidak akan mampu untuk menghidupkan yang telah mati. Bagaimanapun juga, yang dapat mereka lakukan kepada setiap tubuh cucunya sebuah cahaya indah yang akan bersinar selamanya.

Liadlao menjadi matahari, Libulan menjadi bulan, Lisuga menjadi jutaan bintang. Namun Licalibutan tidak diberikan cahaya oleh para dewa. Tapi para dewa merencanakan agar tubuh Licalibutan menjadi tempat tinggal ras baru di dunia. Lalu Captan memberikan Maguayan benih, dan ia langsung menanamnya di tubuh Licalibutan.

Tidak lama kemudian, tumbuhlah pohon-pohon bambu, dan dari lubang yang ada di batangnya, muncullah sepasang manusia keluar. Si laki-laki bernama Sicalac dan si perempuan bernama Sicabay. (Namanya bikin pusing:)))

Mereka adalah manusia pertama di dunia. Putra dan sekaligus anak pertama mereka bernama Libo; dan setelahnya, lahirlah seorang putri bernama Saman. Dan yang terakhir bernama Pandaguan. Ia juga telah mempunyai anak bernama Arion. (awkawkakwkawkakwk . . . inseminasi sendiri . . . gag ngebayangin)

Pandaguan adalah yang terpintar dan yang membuat alat penangkap ikan. Yang pertama ia tangkap, adalah Hiu Besaaarrrrrrr. Saat dia membawanya ke daratan, hiu itu dimata manusia adalah makhluk yang keren dan galak hingga akhirnya dia berpikir bahwa hiu ini adalah dewa, dan ia pun menyuruh seluruh penduduk untuk memujanya sebagai dewa. Tidak lama kemudian pintu langit dan laut terbuka, dan para dewa keluar lalu memerintahkan Pandaguan untuk mengembalikan hiu itu ke laut.

Semuanya ketakutan kecuali Pandaguan. Dia tumbuh menjadi orang yang beringas dan menjawab bahwa hiu ini sama besarnya dengan para dewa. Dan sejak ia bisa menaklukan hiu, ia pasti bisa menaklukan para dewa. Captan yang mendengar ini, memberikan pelajaran kecil kepada Pandaguan. Ia lalu mengirim satu petir kecil kepadanya, hanya untuk memberinya pelajaran. Lalu Captan dan Maguayan memutuskan hukuman yang pantas untuk manusia ini.

Pandaguan tidak mati. Setelah tertidur di tanah selama 30 hari, ia pulih dan mendapat kekuatannya kembali. Tapi tubuhnya hitam karena petir di 30 hari sebelumnya.

Anak Pandaguan, Arion, mengambil utara. Karena Arion lahir sebelum kejadian Pandaguan kena petir, warnanya tetap asli. Jadilah di utara berkulit putih.

Libo dan Saman mengambil arah selatan, dimana matahari yang panas memanggang tubuh mereka dan membuat kulit mereka berwarna coklat.

Anak dari Saman, si putri Sicalac, mengambil arah timur yang dimana tanahnya penuh akan makanan. Sehingga mereka berkulit kuning.

Dan begitulah terjadinya dunia. Matahari dan bulan bersinar diangkasa, dan bintang bercahaya di waktu malam hari. Di seluruh daratan, adalah tubuh dari Licalibutan, anak-anak Sicalac dan Sicabay tumbuh dalam jumlah yang banyak. Semoga mereka hidup dalam damai dan cinta selamanya!

-------------------------------------------------------------------------
 
Bls: Kumpulan Cerita Penciptaan Manusia

Wah. .rameee..ini baru masuk akal,g kaya cerita yg pertama tiba" jadi ne" sihir.. Semangat!! Q jdi pembaca setia dech. .
 
Bls: Kumpulan Cerita Penciptaan Manusia

Wah. .rameee..ini baru masuk akal,g kaya cerita yg pertama tiba" jadi ne" sihir.. Semangat!! Q jdi pembaca setia dech. .

wasssiiikkkk . . . rencana ini mau nulis yang cina . . . cuma, itu cerita berbentuk sajak. Masih dipikirin gmn caranya menjadi seperti jalan ceritaa . . .
 
Bls: Kumpulan Cerita Penciptaan Manusia

hayaaaaa.... elu olang mau nelusin itu celita ?
bagus baguuus... elu olang punya celita dali tionghoa ha ?
owek tungguin elu olang nulis tu celita ha, sapa tau elu olang punya tu celita sama ama celita owek punya engkong, hayaaa....
 
Bls: Kumpulan Cerita Penciptaan Manusia

hayaaaaa.... elu olang mau nelusin itu celita ?
bagus baguuus... elu olang punya celita dali tionghoa ha ?
owek tungguin elu olang nulis tu celita ha, sapa tau elu olang punya tu celita sama ama celita owek punya engkong, hayaaa....

yang owe punya yang dali suku MIAO . . . dalam ajaran mereka masih belun terpengaruh dengan agama-agama modern yang ada sekarang . . .

tapi sekarang lagi diluarrrrr . . . internet di rumah error . . . nyari WIFI ampe ke Batu saia masih lom dapett . . . . uh
 
Bls: Kumpulan Cerita Penciptaan Manusia

hayaaaaa.... elu olang mau nelusin itu celita ?
bagus baguuus... elu olang punya celita dali tionghoa ha ?
owek tungguin elu olang nulis tu celita ha, sapa tau elu olang punya tu celita sama ama celita owek punya engkong, hayaaa....

wah bang roeelly mampir . . . Duh kecepatan internet gw gag ampe 18kbps jadi rada males buka internetnya huhuhuhuhuh...

ada yang anehhhh dengaannn IM2!!!!

groarr . . . okay ini cerita dari negri cina sana . . . tentang penciptaan manusia
dengan sumber yang sama . . .

----------------------------------------------------------------------------

Penciptaan negri cina dan mitos banjir besar (MIAO People)

Suku Miao yang ada di cina tidak pernah ada bukti tertulis tentang penciptaan manusia. Tapi mereka mempunyai banyak legenda dalam bentuk syair, yang dimana mereka mempelajarinya berulang-ulang lalu menyanyikannya. Si Hei Miao(atau suku miao hitam, dilihat dari pakaian mereka) memiliki harta legenda dalam bentuk puisi tentang penciptaan dan banjir besar. Kira-kira begini ceritanya.

Pada jaman dahulu kala, dimana raja dari surga (Tuhan), ingin memutuskan menciptakan alam yang ada sekarang. Lalu, mulailah Ia menciptakan surga dan bumi terlebih dahulu. Lalu, Ziene (Gw gag taw pasti apa itu ziene, dalam sumbernya disebutkan bahwa ia si Ziene ini sama-sama hebatnya dan mengatur kehidupan juga. Disini gw umpakan Ziene itu "malaikat" tangan kanan Tuhan itu sendiri. Kalau ada yang mengerti tolong komfirmasi dan dimohon dimengertilah <3D ) ikut ambil partisipasi dalam penciptaan ini. Ia menciptakan serangga, Manusia dan Setan, Laki-laki dan Perempuan untuk menjadi penghuni Surga dan Neraka ciptaan si raja Surga.

Dengan kekuatannya yang sangat dahsyat, Tuhan membuat Surga dan Bumi dengan cara, meludahkan air ludahnya ke tangannya lalu menepukkan tangannya dengan sangat dahsyatt yang mengakibatkan terbelah menjadi 2. Itulah Surga dan Bumi (<<3)<<3))

Berangsur-angsur, makhluk hidup bermunculan yang pertama kali muncul di dunia ini adalah Tumbuhan. Tumbuhan yang ada menciptakan banyak makhluk hidup baru, seperti Rumput tinggi mengakibatkan kemunculan serangga-serangga (jadi inget pelajaran Kelas 3 SMA :D. Seperti cerita "makhluk hidup berasal dari benda mati" sudah ada ribuan tahun yang lalu dan paling populer di daerah Asia. Gag taw juga se :D cuma berpendapat :D). Dengan kekuatan Tuhan ini, ia menciptakan manusia dengan menulis takdirnya disuatu buku sebagai cerita kehidupan alam ini. Dari sanalah muncul Manusia dan Iblis sebagai penggoda manusia dan musuh selamanya. Dari situ juga muncullah laki-laki dan perempuan untuk menghuni bumi ini.

Lalu setelahnya, Tuhan, sang raja surga, memutuskan siapa saja yang layak menghuni surga dan juga menentukan bagaimana kerajaan langit (Surga) ditopang dan bagaimana matahari berada ditempatnya (disini tidak dijelaskan dengan jelas dan hingga akhirnya puisinya dilanjutkan dengan saat banjir terbesar di dunia, jaman nabi nuh, manusia generasi ke 5).

Lalu tibalah dimana sesuatu yang buruk menimpa manusia. Hujan api dimana-mana dan membakar seluruh bukit. Selain itu ada air yang menyerbu dengan hebat dan menghancurkan seluruh daratan.

Semua itu dilakukan oleh Zie(gw binggguunggg siapa Zie ini? adakah hubungannya dengan F4? faktanya, Zie dan Ziene adalah sesuatu kekuatan yang bertolak belakang. Mungkin kalau bisa di bilang iblis. Atau mungkin Zie itu adalah catatan semua takdir buruk, sedangkan Ziene adalah semua catatan baik). Zie adalah penyebab semua kekacauan ini.

Dikisahkan, dalam kekacauan yang sangat besar ini, hanya ada 2 orang manusia yang selamat dari segala kekacauan yang disebabkan oleh Zie. Kedua orang ini adalah A-Zie dan saudara perempuannya. Mereka selamat dengan menggunakan sebuah botol besar yang mereka gunakan sebagai perahu. A-Zie menyadari tinggal mereka berdua satu-satunya manusia yang selamat dan melamar saudara perempuannya sebagai istri. Namun, menurut pandangan adik perempuannya hal ini sangatlah tidak pantas bahkan walaupun hanya tinggal 2 manusia yang tersisa di dunia ini.

(DISINI YANG BAGIAN SERUNYA!! BANDINGKAN DENGAN CERITA TANGKUBAN PERAHU. Maaf saja kalau translatenya kacau . . . maklum yang gw tau arti-arti di film hollywood sama bollywood :D)

adik perempuannya berkata, "kalau kamu ingin meminangku haruslah kita mengambil arah berlawanan. Kamu menuju bukit yang lain dengan bukit yang aku tuju. Disana kita akan melempar batu kita masing-masing. Jika batu kita berada diatas batu yang lainnya, maka aku akan menjadi istrimu, jika tidak maka sudah sepantasnya kita berpisah."

Si A-Zie pura-pura setuju, walau sebenarnya dia sangat tidak yakin akan terjadi hal seperti itu. Hingga akhirnya ia memiliki ide dengan menaruh batu lain (dimana lembah tersebut ditumbuh rumput tinggi, sehingga akan sulit bagi siapapun untuk menemukan sebuah batu disana) yang telah di persiapkannya dengan salah satu diatas yang lainnya.

adik perempuannya ini sangat tidak terima, lalu ia membuat tes yang lainnya. yaitu, setiap orang mengambil sebuah pisau yang bersarung dan mengikatnya menjadi satu. Jika pisau-pisau tersebut masih tetap didalam sarungnya, mereka akan menjadi suami istri, namun jika pisau tersebut terpisah, mereka akan berpisah. (tentu saja, walau itu pisaunya salah satunya diluar atau termasuk sarungnya juga terpisah, maka mereka akan benar-benar berpisah)

namun, lagi-lagi A-Zie mengakalinya dengan hal yang sama seperti batu tadi. Dan si adik perempuannya ini mau tidak mau harus menerima pernikahan dan menjadi istrinya dengan sukarela. Akhirnya, mereka memiliki anak. Namun sayang sekali anak tersebut tidak memiliki tangan dan kaki (PERINGATAN!! INCEST ITU BERBAHAYA!! PERINGATAN!!).

Murkalah A-Zie mengetahui hal ini. Lalu dengan sangat sadis, ia tega memotong-motong anaknya tersebut dan melemparkan seluruh bagian tubuhnya di antara bukit-bukit ini. Keesokan harinya, setiap potongan tubuh anak mereka telah berubah menjadi laki-laki dan wanita. Dan begitulah bagaimana caranya manusia menjadi ramai kembali

-------------------------------------------------------------------------

Aduh, maaf ada gangguan internet neh :D ayo bang roelly . . . sama nda? :D
 
Back
Top