Enyahkan Lingkar Hitam di Bawah Mata

ariefadi

New member
KOMPAS.com - Anda sudah melakukan segalanya untuk mengurangi lingkar hitam di bawah mata. Meski sudah menjalani gaya hidup sehat, tidur cukup, minum banyak, dan cukup zat besi, tetapi lingkar bawah mata masih saja ada. Jangan buru-buru mencari solusinya dengan bedah. Cari tahu dulu akar permasalahannya.

“Beberapa penyebab lingkar hitam di bawah mata bisa diatasi, namun ada pula yang tak bisa, karena permanen,” terang Dr. Garth Fisher, ahli bedah plastik. Beberapa penyebab tersebut, antara lain:

Pigmen gelap
Ada sebagian orang yang memiliki pigmen lebih gelap di daerah mata, bisa diakibatkan oleh akumulasi pigmen pada kulit (melanocytosis) yang biasanya terjadi karena peradangan akibat alergi dan kerusakan akibat matahari. Hal pertama yang bisa Anda lakukan jika memang ini akar masalahnya, adalah dengan melindungi kulit dari matahari sebisa mungkin. Lalu konsultasikan pada dokter Anda, apakah obat-obatan yang Anda gunakan (tetes mata, hormon, atau lainnya) bisa membuat lingkar hitam di bawah mata Anda bertambah parah. Jika ya, coba konsultasikan obat penggantinya.

Untuk mengatasinya, Dr. Fisher merekomendasikan pemutihan kulit (skin bleaching), seperti produk yang mengandung hydroquinone. Biasanya pengobatan menggunakan produk yang mengandung zat tersebut baru terlihat hasilnya setelah beberapa bulan penggunaan, dan harus dilakukan di bawah supervisi medis. Alternatifnya, cari obat khusus daerah sekitar mata yang mengandung vitamin K atau retinol (untuk menstimulasi pergantian sel kulit), misal RoC Retinol Correxion Eye Cream.

Genetik
Jika Anda mendapati kulit tipis di bagian bawah mata, sehingga Anda bisa melihat urat-urat kecil, bisa jadi ini merupakan masalah keturunan. Pemilik Kinara Spa, Olga Lorencin-Northrup merekomendasikan perawatan laser non bedah, seperti Thermage atau IPL Photofacial untuk menghilangkan lingkar hitam di bawah mata. Khususnya jika ini berkaitan dengan retensi air penyebab kantung bawah mata.

Kantung mata
Jika Anda memiliki kantung di bagian bawah mata akibat adanya timbunan lemak yang menggelayut dari kelopak mata bawah, sehingga menimbulkan bayangan, disarankan untuk melakukan pembedahan kecil untuk mengatasinya.

Mata sembab
Umumnya, mata sembab disebabkan oleh konsumsi alkohol, gula, dan garam yang lebih. Jika Anda lebih memilih untuk cara yang natural, mengkompres mata sembab dengan potongan mentimun dan kantung teh yang sudah digunakan, juga cukup membantu.
 
Bls: Enyahkan Lingkar Hitam di Bawah Mata

bagus...
untunglah aku ga ada masalah soal itu... wah kalau genetik harus pakai pembedahan yah, temen aku ada tuh yang punya permasalahan kek gitu, n kayaknya faktor genetik juga...
 
Back
Top