kode dan keamanan pelastik

Megha

New member
kode dan keamanan pelastik






Seberapa akrab dan peduli kita terhadap benda-benda yang dibuat dari plastik daur ulang (recycle)?. Sudah tahukah kode apa saja yang ada pada produk daur ulang plastik tersebut, apa pula maksud tiap kodenya? Mana yang aman dan berbahaya untuk digunakan sebagai wadah makanan dan minuman? Bagaimana pula dengan galon air yang sering kita banggakan di rumah? Penyakit apa yang dapat ditimbulkan jika salah dalam pemanfaatan bahan plastik daur ulang tersebut? Ternyata…


1. PETE atau PET (Polythylene Terephthalate)

Simbol ini biasanya terdapat pada botol plastik transparan seperti paa kemasan air mineral atau minuman yang siap untuk diminum. Kalo menemukan botol dengan simbol seperti ini, jangan pernah untuk mengisi ulang botol tersebut, apalagi dengan air hangat atau panas. Ini dapat mengakibatkan lapisan polimer pada botol tersebut meleleh dan mengeluarkan zat karsinogenik yang dapat memicu penyakit kanker.

Recycle Plastic Code

2. HDPE (High Density Polythylene)

Simbol ini terdapat pada botol yang berwarna putih susu. Juga biasa digunakan untuk air minuman galon, kursi plastik, atau kemasan susu jika pada makanan. Botol ini juga hanya boleh untuk sekali pakai saja.

3. V atau PVC (Polyvinyl Chloride)

Plastik yang memiliki simbol ini, menandakan plastik yang sulit untuk didaur ulang, seperti plastik pembungkus atau pada botol-botol. Kandungan plastik ini da[at lumer dan bercampur ke dalam makanan pada suhu -15 derajat Celcius. Akibatnya berbahaya, menyebabkan kerusakan ginjal dan hati.

4. LPDE (Low Density Polythylene)

Plastik dengan simbol LPDE ini biasanya digunakan untuk makanan, plastik kemasan, dan teksturnya terasa lembek atau lentur. Plastik pembungkus makanan atau botol dengan kode ini cukup aman digunakan. Sayangnya, plastik ini hampir tdak dapat dihancurkan.

5. PP (Polypropylene)

Plastik yang bernomor 5 dan memiliki simbol PP ini termasuk yang aman untuk dipakai membungkus makanan atau minuman. Biasanya plastik ini digunakan untuk tempat makanan dan botol minuman bayi. Plastiknya berwarna transparan, bening, dan tembus pandang. Kalau ingin mengisi ulang botol plastik tidak salah untuk mencari plastik dengan nomor 5 di tengah recycle dn bertuliskan PP.

6. PS (Polystyrene)

Kemasan plastik yang bersimbol PS ini contohnya adalah kemasan stereofoam yang biasa digunakan untuk wadah makanan atau minuman sekali pakai. Bahan ini dapat bercampur dengan makanan, saat makanan panas diisikan ke dalam wadah ini, bahan styrine ini dapat berbahaya bagi otak dan sistem syaraf.

7. Other atau Polycarbonate

Kode 7 ini biasanya ada 4 macam, yaitu:

a. SAN (styrine acrylonitrile)
b. ABS (acrylanitrle butadiene styrene)
c. PC (polycarbonate)
d. Nilon

Plastik ini biasa digunakan untuk tempat makanan dan minuman, alat-alat rumah tangga, komputer, dan sebagainya. Plastik dengan kode 7 SAN dan ABS baik dan aman digunakan untuk makanan atau minuman. Hanya saja, untuk kode PC, sebaiknya tidak digunakan untuk makanan atau minuman karena dapat mengeluarkan zat yang berbahaya.

Detail tentang kode recycle plasctics ini dapat dilihat di http://www.PlasticFreeBottles.com atau http://en.wikipedia.org/wiki/Plastic_recycling.
 
Bls: kode dan keamanan pelastik

Wah gara gara agak ga konsen, sempet bingung, pelastik itu apaan yah? hahah... dasar dudul... setelah aku buka, ooo ternyata plastik toh.... yihaa...

iyah, informasi tu sangat penting dan sangat berguna ....
 
Bls: kode dan keamanan pelastik

Hmmmm..... setelah diperhatikan teliti ternyata emang ada dibotol plastik..
tambah ilmu lagi nih..
 
Back
Top