VITSIN atau MSG TIDAK (selalu) BERBAHAYA

Megha

New member
VITSIN (MSG) TIDAK BERBAHAYA





Tahukah kalian, apa yang suka ibu bubuhkan pada masakan? bubuk putih yang nampkanya sudah menjadi bahan wajib di dapur?

Ya, pintar!! itu adalah MSG, atau micin, atau vitsin, atau bumbu penyedap.

Mungkin juga kalian pernah mendengar seruan orang tua kalian tentang bahaya vitsin/MSG itu buat tubuh kita???

MSG/micin/vitsin/bumbu penyedap sebenarnya adalah bahan untuk menguatkan rasa masakan, dan sudah digunakan orang sejak duluuuu sekali (2000 tahun yang lalu).

Banyak laporan tentang akibat jelek dari penggunaan MSG ini, diantaranya yaitu, sesak nafas, pusing, kerusakan sel jaringan otak, kerusakan retina, allergi, dan kangker.

Namun di sisi lain ada juga yang beranggapan bahwa MSG itu aman di konsumsi dengan alasan bahwa MSG itu terbuat dari bahan alami yang juga di butuhkan oleh tubuh manusia.

Lalu bagaimana kita menyikapi situasi ini, mengingat banyak sekali jenis masakan, makanan, terutama jajanan anak-anak yang mengandung MSG tersebut?


Langkah-langkah yang bisa dilakukan antara lain:

1. MSG aman dikonsumsi sejauh tidak berlebihan, ukurannya tentu didasarkan pada kepatutan yang ada (bukankah jika terlalu berlebihan juga akan membuat rasa masakan menjadi tidak enak?), ukuran yang digunakan oleh WHO untuk menyatakan batas aman penggunaan MSG adalah paling banyak 1/2 sendok teh perhari (asumsi buat anak-anak dengan berat badan normal)
2. MSG aman dikonsumsi dengan pengolahan yang benar dan sesuai dengan petunjuk pemakaian yang normal
3. Selalu menerapkan pola makan yang sehat, dan seimbang serta cukup berolah raga (minum air putih 8 gelas sehari, jangan lupa!!).

Jadi jangan terlalu risau mengkonsumsi makanan apapun, selama kita tidak memakannya secara berlebihan.

(dari berbagai sumber)
 
Bls: VITSIN atau MSG TIDAK (selalu) BERBAHAYA

tapi zat zat kek gitu kalau sudah masuk ke dalam tubuh itu bisa dicerna, berubah bentuk, cuma numpang lewat di tubuh, atau menumpuk di tubuh?
soalnya kan ada yang bilang juga tuh, kalau kek gitu bisa menumpuk di tubuh terus dalam jangka panjang bisa menyebabkan macam2 penyakit, seperti kanker juga gitu... gimana tuh neng? benarkah?
 
Bls: VITSIN atau MSG TIDAK (selalu) BERBAHAYA

kalau menurut saya sih non selama pemakaiannya nggak melebihi batas nggak masalah tuh
 
Back
Top