Manfaat dan kerugian Jamur Login dengan akun Jejaringsosial.com anda Daftar sebuah akun Jejaringsosial.com
 
Go Back   Home > Flora, Pertanian & Perkebunan
Lupa Password?

Gambar Umum Video Umum





 
Reply
 
Thread Tools Search this Thread
Reply With Quote     #1   Report Post  

Manfaat dan kerugian Jamur

Manfaat dan kerugian Jamur



APA yang kamu ketahui tentang jamur. Tumbuhan yang tidak “berdaun hijau” dan tidak berbunga, memiliki “payung” dan beberapa mungkin suka kamu makan. Tahukah kamu bahwa banyak jenis jamur yang bermanfaat dan juga berbahaya.




Jamur berkembang biak dengan spora, dan dapat tumbuh dengan cepat sekali membentuk “jaringan” yang luas, bahkan di Hutan Nasional Malheur di Oregon, Amerika, “jaringan” jamur ini sudah melingkupi daerah seluas890 Herktar dan berusia 2000 hingga 8000 tahun, wah luar biasa ya.




Selain tumbuh di tanah, jamur juga bisa hidup “dimana saja” mulai dari makanan, tumbuhan lain, hingga di kulit kita (kamu kenal penyakit panu? Itu adalah “kebun” jamur di tubuh kamu). Situasi tersebut tentu merugikan.




Pernah makan tempe, atau roti? Tahukah kamu bagaimana tempe atau roti “terbentuk”?. Tempe terbuat dari “jalinan” kacang kedelai oleh “sesuatu”. Roti terbentuk dari tepung dan gula yang “dimakan” oleh “sesuatu” sehingga menghasilkan gas karbondioksida sehingga bisa “mengembang”. Sesuatu itu adalah jamur yang disebut RAGI.




Fleming Atau kamu pernah diberi ANTIBIOTIK sewaktu sakit? Salah satu jenis Antibiotik adalah #####ILIN. Itu juga berasal dari jamur yang tumbuh di roti. #####ilin ditemukan oleh Sir Alexander Fleming.




Coba deh cari lagi beberapa kegunaan jamur, tapi sekali lagi jangan lupa jaga selalu kebersihan tubih kamu, jangan sampai tubuh kamu di tumbuhi jamur dan menjadikan kamu gatal dan berpenyakitan. ***



(dari berbagai sumber)

(foto : istimewa)
Megha
World Level

Post: 16.442
 
Reputasi: 547

__________________

 






Reply With Quote     #2   Report Post  

Bls: Manfaat dan kerugian Jamur

jamur juga ada yang berbahaya yang bisa membuat orang semaput
rizalolo
Mod

Post: 45.541
 
Reputasi: 262

__________________
Pangeran kegelapan






Reply With Quote     #3   Report Post  

Bls: Manfaat dan kerugian Jamur

ruginya ada jamur di tembok rumah, ya temboknya jadi mudah ambruk, mungkin karena jamur memakan "sesuatu" yang ada pada tembok yang dihinggapinya
City Level

Post: 436
 
Reputasi: 0






Reply With Quote     #4   Report Post  

Bls: Manfaat dan kerugian Jamur

emang jamur bisa makan tembok,jamur apa itu?
rizalolo
Mod

Post: 45.541
 
Reputasi: 262

__________________
Pangeran kegelapan






Reply With Quote     #5   Report Post  

Bls: Manfaat dan kerugian Jamur

iih jamur yang tumbuh di tembok kan makan dari saripati tanah/batu yang ada di tembok itu sendiri, gudang di rumahku juga temboknya keropos kalau di pukul sedikit udah rontok semua semennya. Lagian jamur baunya kan bikin pusing.. ya gak om lolo
National Level

Post: 580
 
Reputasi: 1






Reply With Quote     #6   Report Post  

Bls: Manfaat dan kerugian Jamur

Kutip:
Oleh Cynthia View Post
iih jamur yang tumbuh di tembok kan makan dari saripati tanah/batu yang ada di tembok itu sendiri, gudang di rumahku juga temboknya keropos kalau di pukul sedikit udah rontok semua semennya. Lagian jamur baunya kan bikin pusing.. ya gak om lolo
iya jamur juga bisa buat orang jadi keracunan
rizalolo
Mod

Post: 45.541
 
Reputasi: 262

__________________
Pangeran kegelapan






Reply With Quote     #7   Report Post  

Bls: Manfaat dan kerugian Jamur

tx sis megha infonya,
nambain dikit
jamur bukan tumbuhan, dia termasuk kingdom fungi

sedikit info mengenai fungi(jamur)
Kutip:
Fungi memiliki sel eukariotik. Fungi tak dapat membuat makanannya sendiri. Cara makannya bersifat heterotrof, yaitu menyerap zat organik dari lingkungannya sehingga hidupnya bersifat parasit dan saprofit. Kelompok ini terdiri dari semua jamur, kecuali jamur lendir (Myxomycota) dan jamur air (Oomycota). Beberapa kelompok kelas antara lain:

a. kelas Myxomycetes (jamur lendes) contoh nya [[Physarum policephalius]].

b. kelas Phycomycetes (jamur ganggang) contoh nya jamur tempe (Rhizopusorizae, mucor mue
klo tumbuhan termasuk kingdom plantae

sedikit info mengenai plantae(tumbuhan)

Kutip:
Tumbuhan memiliki sel eukariotik. Tubuhnya terdiri dari banyak sel yang telah berdiferensiasi membentuk jaringan. Tumbuhan memiliki kloroplas sehingga dapat membuat makanannya sendiri (bersifat autotrof). Sel tumbuhan juga mempunyai dinding sel, plastida, dan ukuran vakuola yang cenderung besar (melebihi ukuran nukleus/inti). Tumbuhan terdiri dari tumbuhan lumut (Bryophyta), tumbuhan paku (Pteridophyta), tumbuhan berbiji terbuka (Gymnospermae), dan tumbuhan berbiji tertutup (Angiospermae).
coura
National Level

Post: 1.064
 
Reputasi: 2

__________________
jual movie, kaos under armour, ular, leopard gecko, jasa temenein beli logam mulia. pertanyaan lebih lanjut
085669354222 / whatsup, sms
7568008d
lokasi palembang





Reply With Quote     #8   Report Post  

Bls: Manfaat dan kerugian Jamur

menurut penetahuan saya yang terbatas. misalnya kita dalam kondisi di hutan terus menemukan jamur, untuk mengetes jamur itu beracun ato tidak. coba gesekan ato iris jamur tersebut menggunakan pisau. klo pisau tersebut warnanya berubah kebiruan berarti jamur itu beracun. klo tidak berarti aman buat dikonsumsi.
satu lagi klo jamur yang beracun biasanya, warna jamurnya mencolok (merah ngejreng, ungu, kuning,dll)

contoh jamur lain yang bisa dimakan (yang biasa dimakan)

jamur tiram



semoga info ini berguna

salam lestari
coura
National Level

Post: 1.064
 
Reputasi: 2

__________________
jual movie, kaos under armour, ular, leopard gecko, jasa temenein beli logam mulia. pertanyaan lebih lanjut
085669354222 / whatsup, sms
7568008d
lokasi palembang





Reply With Quote     #9   Report Post  

Bls: Manfaat dan kerugian Jamur

ooh ternyata gitu ya den coura, saya juga masih bingung membedakan mana jamur yang layak konsumsi dan mana yang tidak. Kalau dari segi bentuk ada gak yang membedakan mana jamur makan mana yang tidak?
tukul4mata
City Level

Post: 392
 
Reputasi: 3






Reply With Quote     #10   Report Post  

Bls: Manfaat dan kerugian Jamur

iyah, kan ada juga tuh jamur yang beracun.... tapi kek apa yah jamurnya ntu?
bla_bla_bla
Continent Level

Post: 7.579
 
Reputasi: 244

__________________
Nyi Belang


Reply
 


Thread Tools Search this Thread
Search this Thread:

Advanced Search




Similar Threads
Thread Original Poster Forum Replies
Kerugian Bencana di Cilacap Capai Rp2 Miliar kurdadia Politik, Ekonomi & Hukum 0


Pengumuman Penting

Cari indonesiaindonesia.com
Cari Forum | Post Terbaru | Thread Terbaru | Belum Terjawab


Powered by vBulletin Copyright ©2000 - 2014, Jelsoft Enterprises Ltd.