Negara-Negara Di Dunia

Bls: Negara-Negara Di Dunia

BRUNEI DARUSSALAM


Kesultanan di sepanjang pantai utara Kalimantan, berhadapan dengan Laut Cina Selatan. Luas: 5.765 km2. Penduduk: 300.000 (1995). Kepadatan penduduk: 52 jiwa/km2. Ibu kota: Bandar Seri Begawan. Bahasa resmi: Melayu. Satuan mata uang: dolar Brunei (B$).


Politik. Pada awal 1990 Brunei menghadapi begitu banyak masalah sosial, antara lain jumlah pengangguran yang tinggi, yang kemudian merambat kepada masalah penyalahgunaan narkotik dan alkohol. Sementara itu Brunei mulai membangun hubungan dengan negara-negara komunis.

Sumber : Ensiklopedia Indonesia
 
Bls: Negara-Negara Di Dunia

BULGARIA​


Negara republik di bagian timur Semenanjung Balkan, Eropa Tenggara; berbatasan dengan Rumania di utara, Turki dan Yunani di selatan, Yugoslavia di barat, dan Makedonia di barat daya. Luas: 110.994 km2. Penduduk: 8.800.000 (1995). Kepadatan penduduk: 79/km2. Ibu kota: Sofia. Bahasa resmi: Bulgaria. Mata uang: Lev.


Politik. Tahun 1990 dibuka dengan demonstrasi besar-besaran di kawasan pemikiran keturunan Turki, yang digerakkan oleh kalangan konservatif anti-Turki, Ribuan demonstran bergerak menuju ibu kota.

Sumber : Ensiklopedia Indonesia
 
Bls: Negara-Negara Di Dunia

BURKINA FASO​


Negara republik di Afrika barat; berbatasan dengan Mali di barat, Niger di timur, Benin dan Togo di tenggara, serta Ghana dan Pantai Gading di selatan. Luas: 274.400 km2. Penduduk: 10.422.828 (1995). Kepadatan penduduk: 38/km2. Ibu kota: Ouagadoogou. Bahasa resmi: Perancis. Satuan mata uang: Franc CFA (CFAF).


Politik. Reformasi politik mewarnai situasi dalam negeri negara ini. Sementara itu terjadi kemerosotan dalam politik luar negerinya akibat keterlibatannya dalam krisis politik di negara tetangganya, Liberia.


Sumber : Ensiklopedia Indonesia
 
Back
Top