Benchmark Ubuntu Vs Vista Vs Win 7

zectersys

New member
Banyak orang membicarakan tentang Windows 7 dan berbagai fitur dan fungsinya, kelihatan ideal dan mengagumkan. Tapi bagaimana jika Windows 7 dibandingkan dengan saudaranya Win Vista atau Linux? Kami akan mencoba menjawab tantangan itu, Linux akan diwakili oleh 2 versi Ubuntu. Distro yang sedang naik daun ini akan berhadapan dengan 2 versi Windows yaitu Vista dan 7.

Banyak pengguna Windows mengatakan bahwa Windows lebih mudah di instal, apa maksudnya? Benarkah Windows lebih cepat dari pesaingnya, atau ini hanyalah sekedar jargon marketing Microsoft saja? Dan ketika para pengguna Linux mengatakan bahwa ext4 lebih cepat dari ext3, apa benar?

Pertanyaan ini akan kami coba jawab dengan benchmark sederhana, dengan menggunakan spesifikasi komputer yang sama persis dan dengan metode yang sama pula kami akan mengetes OS diatas. Kami menggunakan komputer Dell dengan spesifikasi berikut :
-Intel Core i7 920 ( Quad Core 2,97Ghz Hyperthreading, 8MB L3 Cache)
-6GB RAM
-2 x 500GB HDD drive

Test yang akan dilakukan adalah sebagai berikut :
  • Berapa lama waktu yang dibutuhkan untuk menginstall sebuah OS
  • Berapa banyak ruang HDD yang dipakai
  • Berapa lama waktu Booting dan Shutdown
  • Berapa lama waktu yang diperlukan untuk mengkopi dari USB ke HDD atau HDD ke HDD
  • Berapa banyak mouse klik yang diperlukan untuk menginstall sebuah OS
Berikutnya adalah batasan yang perlu diperhatikan

-Untuk menjaga rasa keadilan, waktu booting dihitung dihitung mulai dari saat komputer dihidupkan sampai dengan desktop terbuka dan komputer siap digunakan.
-1 komputer dengan spesifikasi yang sama untuk 1 OS, dan semuanya fresh install.
-Semua OS akan menggunakan 2 versi yaitu versi 32 dan 64 bit
-Versi Vista dan 7 yang digunakan adalah Versi Ultimate.
-Kami menggunakan Vista SP 1 untuk merefleksikan keadaan user yang memakai Vista saat ini.
-Win 7 yang digunakan adalah versi Open Beta yang merupakan versi terakhir yang diterbitkan oleh Microsoft.
-Ubuntu yang digunakan adalah versi 9.04 (22 Jan) dan 8.10
-Semua OS diinstall dengan opsi standar, tidak ada modifikasi sama sekali.
-Setelah di install dan mengecek berapa HDD yang telah digunakan kami akan update OS sebelum tes lainnya kami jalankan.
-Kemampuan Vista dan 7 yang menggunakan fitur untuk mempercepat kerja Windows dengan menggunakan USB sebagai memori tambahan akan kami matikan, begitu juga kemampuan program cache akan kami matikan juga.


Dan sebagai tambahan, kami TIDAK akan menggunakan metode – metode tweaking pada saat pengetesan ini. Tes ini akan merefleksikan apa yang kebanyakan user dapatkan jika ia menginstall secara standar.

WAKTU INSTALL

ubuntu_vs_7-1.png



Waktu yang di butuhkan untuk menginstall, makin kecil makin baik

Ubuntu, memenangkan lomba ini. Tapi benarkah Windows lebih lambat? Metode yang digunakan Windows sedikit berbeda dengan Ubuntu, karena Windows menjalankan benchmarknya sendiri untuk menyesuaikan diri dengan kemampuan komputer yang akan di install sehingga waktu yang dibutuhkan Windows lebih panjang.

ubuntu_vs_7-2.png



Ada anggapan semakin sedikit user mengklik mouse saat install, makin mudah OS itu di install. Sungguh mengejutkan bahwa Ubuntu 8.10 hanya meminta user mengklik ½ dari yang diminta oleh Windows 7.

ubuntu_vs_7-3.png

Total Kebutuhan HDD Yang Diperlukan, Makin kecil makin baik

OK, mungkin anda kecewa karena kami menggunakan versi Ultimate pada Windows yang bisa dikatakan lebih rakus HDD dari pada versi lainnya, tapi perlu dicatat bahwa Windows ini datang dengan dukungan H/W yang cukup lengkap ( kami bilang hanya “cukup” karena Vista gagal mendeteksi kartu jaringan komputer kami, sehingga driver kartu jaringan harus kami download dari komputer lain). Namun perlu diingat bahwa Ubuntu walaupun menggunakan ruang HDD yang jauh lebih sedikit dari Windows namun ia datang dengan paket S/W seperti paket Office dan S/W multimedia lainnya.

BOOTUP dan SHUTDOWN

Waktu booting dihitung sejak dari komputer dinyalakan sampai dengan komputer siap digunakan. Komputer yang kami gunakan memerlukan waktu 20 detik untuk mencapai POST, namun untuk menghindari pertanyaan mengenai kapan saat timer di hidupkan maka kami menyalakan timer setelah tombol power di hidupkan.

ubuntu_vs_7-4.png

Waktu yang Diperlukan Untuk Booting, Makin Kecil Makin Baik

Win 7 32bit dapat mengalahkan semuanya pada test ini. Namun superioritas boot win 7 langsung hilang di seri 64 bitnya. Linux memang selalu lebih lambat dalam hal booting pertama kali.

ubuntu_vs_7-5.png

Waktu ShutDown, makin kecil makin baik.

Untuk kali ini Ubuntu 8.10 menjadi pemenangnya, dan lagi – lagi windows keteteran di versi 64 bit kali ini menimpa vista 64 bit.

IO Test

Kita akan mencoba melihat performance dari masing – masing OS dengan mengkopi dari USB ke HDD dan HDD ke HDD masing masing dengan file besar dan file kecil. Ada 4 test yang akan kami jalankan
  • Mengkopi file berukuran kecil dari USB ke HDD
  • Mengkopi file berukuran besar dari USB ke HDD
  • Mengkopi file berukuran kecil dari HDD ke HDD
  • Menkopi file berukuran besar dari HDD ke HDD.
Sebagai catatan file yang akan dikopi adalah sebagai berikut
-Tes file besar mengandung 39 file dalam 1 folder dengan jumlah total besar file 389MB
-Tes file kecil mengandung 2154 file dalam 127 folder dengan total file sebesar 603MB
Semua test dilakukan dengan opsi write caching di matikan.

ubuntu_vs_7-6.png

Waktu yang diperlukan untuk menyalin file kecil dari USB ke HDD, Makin Kecil Makin bagus

ubuntu_vs_7-7.png

Waktu yang diperlukan untuk menyalin file kecil dari HDD ke HDD, makin kecil makin bagus


Perlu kami ingatkan bahwa versi windows 7 yg digunakan bukanlah versi finalnya.

ubuntu_vs_7-8.png

Waktu yang diperlukan untuk menyalin file besar dari USB ke HDD


ubuntu_vs_7-9.png
Waktu yang diperlukan untuk menyalin file kecil dari HDD ke HDD




Kesimpulan : Sepertinya windows benar – benar berusaha keras menyusul linux dalam test ini. Sebagai catatan, windows sepertinya kesulitan dalam menyalin file – file kecil yang berjumlah sangat banyak. Namun dalam menyalin beberapa file besar kecepatan windows 7 cukup mengagumkan.

BERPINDAH KE EXT 4

Semua test yang dilakukan oleh linux menggunakan ext3 bagaimana dengan ext4? Apakah ada perbedaan?
ubuntu_vs_7-ext4.png


Waktu yang diperlukan untuk Booting, Shutdown dan Test IO untuk Ubuntu 9.04/8.10 menggunakan ext3 (biru) dan ext4 (merah)


Kesimpulan :
Benchmark selalu dihinggapi oleh berbagai pertanyaan, kerancuan, dan berbagai kesalahan yang menghadang saat tes di jalankan. Itulah sebabnya kami tidak terlalu memikirkan terlalu dalam akan hasil tes ini. Windows sedang berusaha memperbaiki semua kemampuan yang dimilikinya, dan itu bagus untuk menaikkan mutu kompetisi di masa yang akan datang. Namun Linux tidak akan diam saja, kedatangan ext4 akan membuat kompetisi semakin ramai ditambah lagi ext4 saat ini sudah mencapai versi stabil dan terus dikembangkan. Sayangnya para pengguna Ubuntu 9.04 belum akan menikmati ext4, bagi anda yang senang mencoba atau memang tidak sabar ingin memakai ext4 dapat mendownloadnya, mencoba bersabar atau install fedora terbaru yang sudah mendukung ext4.

Sumber :Tux Radar
 
Bls: Benchmark Ubuntu Vs Vista Vs Win 7

Yang penting kan sama" enak di pake user. . ^^
 
Bls: Benchmark Ubuntu Vs Vista Vs Win 7

emang sih sm2 enak d pake, cm kan bnyk yg nanya "bagus mana win sm linux" yah mudah2an aja benchmark ni bs jwb pertanyaan itu, :D
 
Bls: Benchmark Ubuntu Vs Vista Vs Win 7

win keteteran di operasinya, efek dari visual + sistem yg dicampur, beda dg linux yg grafisnya di urus sendiri oleh gnome/kde tanpa mengganggu kernel

info yg bagus bos =b=
 
Bls: Benchmark Ubuntu Vs Vista Vs Win 7

emang pake ubuntu 9 boz, liat judul tabelnya dunkz. Lagian tabel terakhir kan cuma perbandingan kecepatan kalo user pake ext3 dan ext4. Lagian juga ngetesnya pk ubuntu 9 koq. Dan pas lagi install ubuntu juga nanya jenis formatnya mo pk ext3, ext4, reiserFS, XFS kan?
 
permisi....
mau nanya bang,
aku udah pake ubuntu 10.10, dengan ext4. tapi kok kinerjanya lambat yah? lebih cepet waktu aku pake ubuntu 8.04 dengan ext3 deh kayaknya. ada yg bisa jelasin?
 
Back
Top