Yayuk Basuki

Kiyoko

New member
YAYUK BASUKI




Yayauk Basuki dilahirkan di (Yogyakarta, 30 November 1970) Petenis profesional Indonesia. Nama lengkapnya, Nani Rahayu. Ia mengenal dunia tenis sejak usia 6 tahun. Bakatnya diasah oleh bapaknya, Budi Basuki, seorang polisi penggemar olah naga tenis.

Prestasi awalnya adalah menjuarai Kejuaraan Nasional Yunior I, 1981, di Malang. Kemudian, ia pernah masuk 16 besar di turnamen Perancis Terbuka Yunior, 1987. Di Asian Games 1986 Seoul, ia berhasil menyumbangkan satu medali emas di nomor ganda putri, dan di Asian Games 1990 Beijing, dua emas dari nomor ganda putri serta ganda campuran.

Pada bulan Oktober 1990, Yayuk memulai debut di dunia tenis profesional. Selama 8 bulan sejak menjadi atlet profesional, prestasinya maju pesat. Peningkatnya naik dad 239 menjadi 40, bahkan pernab mencapai 35 dunia. Majalah Tennis menobatkannya sebagai Rookie of the Year 1991, predikat terbaik bagi seorang petenis yang baru terjun ke dunia profesional. Yayuk pernah menumbangkan beberapa petenis unggulan di berbagai turnamen yang diikutinya. Pada April 1991, Yayuk memenangkan turnamennya yang pertama di Volvo Women’s Open, Thailand. Kemudian pada tahun 1992, ia menjuarai Malaysia Terbuka. Tahun 1993, ia kembali menjuarai turnamen Volvo Women’s Open, Thailand.


Sumber : Ensiklopedia Indonesia
 
Back
Top