Tips merawat pasien khitan (sunat) Login dengan akun Jejaringsosial.com anda Daftar sebuah akun Jejaringsosial.com
 
Go Back   Home > Kesehatan
Lupa Password?

Gambar Umum Video Umum





 
Reply
 
Thread Tools Search this Thread
Reply With Quote     #1   Report Post  

Tips merawat pasien khitan (sunat)

Tips merawat pasien khitan (sunat)





- Jangan pernah membiarkan pasien khitan mengkonsumsi makanan amis dan berlemak. Dokter yang mengkhitan adik saya bilang, makanan amis dan berlemak akan menghambat penyembuhan luka khitan karena luka akan tetap basan dan bila terkena infeksi akan terjadi peradangan. Anda tidak mau kan orang yang anda sayang memiliki bekas khitan yang nggak baik?

- Biasakan mengobati / mengoles obat luka khitan degan tangan yang bersih

- Gunakan cutton bud ketika mengoleskan obat pada luka khitan dan sebisa mungkin hindari penggunaan kapas, karena serat kapas jika tertinggal pada luka akan menyebabkan iritasi

- Bimbinglah pasien khitan saat buang air kecil (terutama pada anak-anak) agar dapat menjaga kebersihan areal vital sehabis buang air.

- gantilah perban jika sudah mulai kotor

- dan biarkan sang pasien merasa nyaman dan tidak banyak bergerak, pengalaman saya, pasien yang hiperaktif lebih banyak mengeluarkan darah dibanding yang tenang-tenang saja.

Semoga bermanfaat
uRaN
National Level

Post: 845
 
Reputasi: 10

__________________
:hi: hai temen-temen, bagi-bagi SMS bintang dan Reputasinya dong :thumbsup:

 






Reply With Quote     #2   Report Post  

Bls: Tips merawat pasien khitan (sunat)

yup, pasti bermanfaat nih... makasih artikelnya....
jadi ntar kalo aku sudah punya anak cowok bisa ngerawat.... hihi....
bla_bla_bla
Continent Level

Post: 7.579
 
Reputasi: 242

__________________
Nyi Belang







Reply With Quote     #3   Report Post  

Bls: Tips merawat pasien khitan (sunat)

Wah.. untung ada yang nulis ini. Sekalian memberikan informasi kepada masyarakat.

Jadi begini, pada masyarakat awam beredar isu bahwa makan daging (berlemak) akan menghambat penyembuhan luka khitan karena luka akan tetap basah dan bila terkena terinfeksi akan meradang.

Akan tetapi hal tersebut dalam dunia medis dianggap sesuatu yang Keliru/Salah Kaprah.

Lantas bagaimana yang benar ?
Secara umum sebenarnya tidak ada pantangan makan bagi pasien pascaoperasi (khitan dll), kecuali bila menderita alergi.

Sebaliknya makan banyak merupakan solusi untuk mempercepat proses penyembuhan, terutama makanan kaya protein, vitamin, dan mineral.

Protein (albumin) sangat diperlukan untuk membantu tubuh melakukan proses penyembuhan, yaitu memperbaiki sel dan jaringan. Zat gizi berkualitas juga diperlukan untuk memperkuat imunitas (sistem kekebalan) tubuh agar tidak mudah terserang penyakit (mencegah infeksi).

Dari mana sajakah sumber protein ?
Protein terdapat dalam hampir segala macam makanan. Tapi ada makanan yang mengandung jauh lebih banyak dari yang lain :
- ikan gabus
- susu
- telur
- keju
- daging
- biji-bijian yang masih berkulit ari
- kacang tanah dan kedelai.
ariefadi
National Level

Post: 1.548
 
Reputasi: 115

__________________





Reply With Quote     #4   Report Post  

Bls: Tips merawat pasien khitan (sunat)

berarti kalau makanan yang amis amis kek sebangsa ikan laut gitu kan mengandung banyak protein, berarti tu malah cepat menyembuhkan ya dok, bukan membuat luka lama sembuh atau tambah meradang? berarti slama ini masih bayak yang salah kaprah dunkz...
bla_bla_bla
Continent Level

Post: 7.579
 
Reputasi: 242

__________________
Nyi Belang







Reply With Quote     #5   Report Post  

Bls: Tips merawat pasien khitan (sunat)

Secara umum sebenarnya tidak ada pantangan makan bagi pasien pascaoperasi (khitan dll), kecuali bila menderita alergi.

Jadi jangan salah kaprah lagi ya...
memang kadang susah mengubah kebiasaan yang sudah ada.
ariefadi
National Level

Post: 1.548
 
Reputasi: 115

__________________





Reply With Quote     #6   Report Post  

Bls: Tips merawat pasien khitan (sunat)

ok deh dokter ariefadi....

tapi kalo aku ngerawat kek gituan, sebenarnya takut juga sih... hehe....
bla_bla_bla
Continent Level

Post: 7.579
 
Reputasi: 242

__________________
Nyi Belang







Reply With Quote     #7   Report Post  

Bls: Tips merawat pasien khitan (sunat)

sebaiknya teman2 yg lain jg ikut baca komentar saya ya, biar g salah kaprah lagi.
untuk para wanita, ada baiknya juga mempelajari perawatan luka. wanita itu kan calon istri dan ibu bagi anak2nya..
ariefadi
National Level

Post: 1.548
 
Reputasi: 115

__________________





Reply With Quote     #8   Report Post  

Bls: Tips merawat pasien khitan (sunat)

tapi yang udah-udah kan begitu pak dokter, kalau konsumsi makanan amis justru lukanya malah bernanah.. sebenarnya yang bikin bernanah itu karena makanan atau salah rawat atau gimana sih dok?
National Level

Post: 727
 
Reputasi: 1






Reply With Quote     #9   Report Post  

Bls: Tips merawat pasien khitan (sunat)

pengalaman saya di rumah sakit, malah pasien - pasien setelah operasi dianjurkan makan - makanan bergizi yang tinggi protein. krn pada dasarnya protein dibutuhkan tubuh untuk regenerasi sel.
bisa saja dimungkinkan cara perawatan lukanya yang kurang bagus.

mengenai hal ini semua bisa dikembalikan pada orangnya masing2, kita disini berdiskusi. mengenai teori dapat dicari langsung mengenai proses penyembuhan luka maupun fungsi protein pada penyembuhan luka.

sekali lagi, prinsipnya tidak ada pantangan.
ariefadi
National Level

Post: 1.548
 
Reputasi: 115

__________________





Reply With Quote     #10   Report Post  

Bls: Tips merawat pasien khitan (sunat)

Ikan gabus yg di steam sangat bgs buat orang2 yg br dioperasi karena membantu mempercepat proses penyembuhan luka.
Udah bnyk kok yg membuktikannya.
A_S_T
Continent Level

Post: 4.788
 
Reputasi: 8

Reply
 


Thread Tools Search this Thread
Search this Thread:

Advanced Search




Similar Threads
Thread Original Poster Forum Replies
tips merawat bayi chika2 Keluarga & Berumah Tangga 12
Tips Merawat laptop / notebook ekoyudi Komputer 61
Tips : merawat DVD Player agoenk Elektronik & Gadget 3
10 Tips Merawat Ban Mobil Anda nurcahyo Mobil 0
Tips Merawat Jeans nurcahyo Lifestyle, Fashion, Model Rambut & Pakaian 0


Pengumuman Penting

Cari indonesiaindonesia.com
Cari Forum | Post Terbaru | Thread Terbaru | Belum Terjawab


Powered by vBulletin Copyright ©2000 - 2014, Jelsoft Enterprises Ltd.