Permainan Tradisional Anak Indonesia Login dengan akun Jejaringsosial.com anda Daftar sebuah akun Jejaringsosial.com
 
Go Back   Home > Sejarah & Budaya
Lupa Password?

Gambar Umum Video Umum


Permainan Tradisional Anak Indonesia




 
Reply
 
Thread Tools Search this Thread
Reply With Quote     #1   Report Post  

[Kultur] Permainan Tradisional Anak Indonesia

Permainan Tradisional Anak Indonesia




Hai anak indonesia, berbanggalah kita karena di anugerahi tanah air yang maha akan budaya, dari sabang sampai merauke tak terhitung berapa jumlah etnis budaya bangsa kita. Bangganya diriku menjadi bagian dari raga hidup indonesia. Mengenang kenangan lama, megha mau ngajak teman-teman forum buat ikut partisipasi juga untuk menambahkan permainan-permainan tradisional anak indonesia yang hampir luput dan dilupakan oleh perkembangan jaman dan usia. Yuk kita bernostalgia



Kita mulai dari D.I Aceh



GEULAYANG TUNANG




Geulayang Tunang terdiri dari dua kata yaitu geulayang yang berarti laying-layang dan tunang berarti pertandingan. Jadi geulayang tuning adalah pertandingan laying-layang atau adu laying yang diselenggarakan pada waktu tertentu. Permainan ini sangat digemari di berbagai daerah di Aceh. Mengenai nama permainan ini kadang-kadang juga ada pula yang menyebutnya adud geulayang.

Kedua istilah yang disebutkan terakhir sama artinya, hanya lokasinyalah yang berbeda.Pada zaman dahulu permainan ini diselenggarakan sebagai pengisi waktu setelah mereka panen padi. Sebagai pengisi waktu, permainan ini sangat bersifat rekreatif. Oleh karena itu, permainan ini sering kali dilombakan dalam acara peringatan hari kemerdekaan RI atau event-event lainnya.



GEUDEUE-GEUDEUE



Geudeue-Geudeue atau disebut juga due-due adalah permainan ketangkasan yang terdapat di Pidie. Di samping ketangkasan, gesit, keberanian dan ketabahan pemain geudeue-geudeue harus bertubuh tegap dan kuat. Permainan ini kadang-kadang berbahaya karena permainan ini merupakan permainan adu kekuatan.

Cara memainkannya adalah seorang yang berbadan tegap tampil di arena. Ia menantang dua orang lain yang juga bertubuh tegap. Pihak pertama mengajak pihak kedua yang terdiri dari 2 orang supaya menyerbu kepadanya. Ketika terjadi penyerbuan, pihak pertama memukul dan menghempaskan penyerangnya (pok), sedangkan pihak yang pihak kedua menghempaskan pihak yang pertama.

Dalam tiap permainan bertindak 4 orang juru pemisah yang disebut ureueng seumubla (juri), yang berdiri selang-seling mengawasi setiap pemain.




PACU KUDE




Pacu Kude dapat diartikan duduk di atas kuda yang lari atau dapat diartikan sebagai pacuan kuda. Permainan ini terdapat di Kabupaten Aceh Tengah. Karena daerah ini terdapat padang rumput yang sangat luas serta kuda adalah alat angkutan yang sangat praktir di daerah pegunungan, di samping untuk membajak sawah.

Sehabis panen kuda-kuda ini tidak mempunyai kegiatan apa-apa yang dianggap penting. Waktu-waktu seperti itu sering kuda-kuda tersebut berlari-lari berkelompok. Kebiasaan ini dikoordinir akhirnya terbentuk permainan pacu kude.

Pada awalnya permainan ini adalah permainan informal, tidak ada aturan yang baku untuk dilaksanakan. Namun lama kelamaan, permainan ini ditingkatkan menjadi permainan resmi dan terdapat aturan-aturan yang harus dipatuhi.


\

PEUPOK LEUMO


Peupok Leumo adalah sejenis permainan yang khas terdapat di Aceh Besar. Permainan ini merupakan suatu permainan mengadu sapi. Permainan ini sebelumnya berkembang di kalangan peternak sapi. Zaman dahulu lazimnya peupok leumo diselenggarakan oleh sekelompok peternak yang berada pada satu lokasi seperti yang berada pada satu kampung atau lebih luas lagi satu mukim, diselenggarakan seminggu sekali. Untuk menentukan hari-hari penyelenggaraan setiap hari Minggu, Jumat atau hari lainnya. Dapat juga diselenggarakan pada sore hari, pukul 16.00 & 18.00.

Selaian peupok leumo masih ada lagi acara peupok leumo tunang, yaitu permainan peupok leumo untuk mencari sapi yang akan keluar sebagai pemenang. Acara Peupok leumo tuning ini biasanya diselenggarakan oleh sebuah panitia. Waktu tergantung kepada cuaca dan musim-musim tertentu seperti sehabis panen atau waktu lain seperti pada hari-hari besar dan sebagainya.



Jangan lupa kasih aku bintang
Megha
World Level

Post: 16.442
 
Reputasi: 543

__________________

 

    Anda mengendarai mobil atau sepeda motor setiap hari?
** Download software yang membantu
banyak orang berkendara di jalan raya, klik disini **







Reply With Quote     #2   Report Post  

Bls: Permainan Tradisional Anak Indonesia

bintang dateng . . .

lagii!!!! gw belon tau banyak hal tentang ini . . .

lagii!!!!!


laparrr!!!
bjhe
Continent Level

Post: 3.890
 
Reputasi: 37

__________________





Reply With Quote     #3   Report Post  

Bls: Permainan Tradisional Anak Indonesia

Oiya Congklak, dulu waktu pertama kali pindah ke sini saya sering banget liat anak-anak perempuan bermain congklak, seru tuh
City Level

Post: 438
 
Reputasi: 0






Reply With Quote     #4   Report Post  

Bls: Permainan Tradisional Anak Indonesia

Iya congklak. . .Dulu gag pernah bisa maennya, malah biji2nya gw jadiin sasaran tembak kelereng
bjhe
Continent Level

Post: 3.890
 
Reputasi: 37






Reply With Quote     #5   Report Post  

Bls: Permainan Tradisional Anak Indonesia

buset dah!! masa dijadiin sasaran tembak parah dah haha...

Dulu aku tomboy banget, sampe-sampe main kelereng pun aku jabanin, apalagi kalau #######nya pakai kelereng setoples gitu, waduuuuw makin semangad tapi kalo dicari-cari kelereng kok udah hampir gak ada yang jual ya?
National Level

Post: 580
 
Reputasi: 1






Reply With Quote     #6   Report Post  

Bls: Permainan Tradisional Anak Indonesia

permainan yang seru
rizalolo
Mod

Post: 45.187
 
Reputasi: 255

__________________
Pangeran kegelapan






Reply With Quote     #7   Report Post  

Bls: Permainan Tradisional Anak Indonesia

Iya di jadiin sasaran, abis gag tw knikmatan maen cøngklak dmana. Hahaha. Oh kelereng ada kok say, cari di sd2 mash ada. . .
bjhe
Continent Level

Post: 3.890
 
Reputasi: 37






Reply With Quote     #8   Report Post  

Bls: Permainan Tradisional Anak Indonesia

Gasing.... gw kangen banget sama gasing, asli deh kalo ngeliat gasing jadi inget jamannya gw masih sering ke perkampungan gitu waktu kecil bareng sama opa gw. kerena dah. Kayaknya gasing mesti di hak patenkan tuh sama Indonesia. kalo ampe diakuin negara orang bisa mupeng gw.
D3mytrhee
City Level

Post: 435
 
Reputasi: 4

__________________
Trouble Maker

I'm just a simple human being who try to express every emotion that I saw, I heard, and I felt.





Reply With Quote     #9   Report Post  

Bls: Permainan Tradisional Anak Indonesia

Tolong minta bantuannya dong..
Adakah yang tahu deskripsi untuk permainan2 ini:

* Cublak2 Suweng.
* Ular2an.
* Bekel.
* Engkle.

Thx....
Home Level

Post: 1
 
Reputasi: 0






Reply With Quote     #10   Report Post  

Bls: Permainan Tradisional Anak Indonesia

Kutip:
Oleh SutrisnoTok View Post
Tolong minta bantuannya dong..
Adakah yang tahu deskripsi untuk permainan2 ini:

* Cublak2 Suweng.
* Ular2an.
* Bekel.
* Engkle.

Thx....
Wah kalau yang uran tebelin itu jujur nggak pernah denger sama sekali tapi kalau yang lain mungkin ini bisa membantu :

* Cublak2 Suweng.


Cublak-cublak Suweng

Cublak-cublak suweng juga dikenal dengan cublek-cublek suweng. Permainan ini sangat sederhana.Permainan ini biasanya dilakukan minimal oleh tiga orang, idealnya 5-7 orang. Permainan ini memerlukan sebuah suweng (subang) yang disebut uwer. Uwer bisa menggunakan krikil, biji, atau apa saja yang apabila digenggam tidak terlihat. Selain uwer, permainan ini membutuhkan sebuah lagu pengiring Cublak-cublak suweng. Lagu tersebut mempunyai beberapa versi, salah satunya adalah cublak-cublak suweng yang ada di bawah ini;


Lagu permainannya

Cublak-cublak suweng,
Suwenge ting gelenter,
Mambu kethundung gudel,
Pak empong orong-orong,
Pak empong orong-orong,
Sir sir plak dhele kaplak ora enak,
Sir sir plak dhele kaplak ora enak.




Cara main:
Misal ada 5 anak yang bermain, A, B, C, D, dan E. Setelah diundi dengan sut maka A yang dadi, sedangkan B, C, D, dan E statusnya adalah mentas ( yang tidak dadi). Salah satu dari mentas harus menjadi Embok yang berguna sebagai pembawa uwer.

Yang jadi harus telungkup di lantai, sedangkan para mentas mengelilingi dan kedua tangan para mentas diletakkan di punggung yang jadi. Begitu para mentas menyanyikan lagu cublak-cublak suweng, Embok menekan semua telapak tangan para mentas dengan uwer secara berurutan. Ketika lagu sampai kalimat ”pak empong orong-orong” semua telapak tanggan digenggam, kemudian pada saat kalimat “sir sir plak dhele kaplak“ yang jadi harus menebak dimana uwernya berada. Apabila yang jadi bisa menebak dimana uwer itu berada maka harus sut ulang untuk menentukan siapa yang jadi, tetapi apabila tidak bisa menebak maka yang jadi harus jaga lagi


Jadi = yang harus terlungkup / orang yang dihukum harus menebak




Sumber : rizalihadi
uRaN
National Level

Post: 845
 
Reputasi: 10

__________________
:hi: hai temen-temen, bagi-bagi SMS bintang dan Reputasinya dong :thumbsup:
Reply
 


Thread Tools Search this Thread
Search this Thread:

Advanced Search




Similar Threads
Thread Original Poster Forum Replies
Aneka Obat Tradisional Untuk Anak nurcahyo Kesehatan 2
Wim Kecewa Permainan Anak Asuhnya gupy15 Sepakbola 3
MONOPOLY JUNIOR [permainan untuk anak] christalis Pakaian, Aksesoris & Sepatu 2
Gawat! Anak-anak di Inggris Bikin Permainan Seks bobybotax Politik, Ekonomi & Hukum 1


Pengumuman Penting

Cari indonesiaindonesia.com
Cari Forum | Post Terbaru | Thread Terbaru | Belum Terjawab


Powered by vBulletin Copyright ©2000 - 2014, Jelsoft Enterprises Ltd.