Permainan Tradisional Anak Indonesia

[Budaya] Permainan Cu

Permainan Cu



Suara yang dikeluarkan dalam permainan rakyat (main Cu) di daerah Kabupaten Indramayu, Madura, dan sebagainya. Kejar-mengejar antara 2 kelompok dengan bersuara cu tidak boleh mengeluarkan napas selama yang dikejar belum habis; biasanya dilakukan pada malam terang bulan dan di air yang dangkal.
 
Bls: [Budaya] Permainan Cu

[lang=en]This game should still cultivated, in order to increase the repertoire of Indonesian culture, and don't let this thing again claimed by Malaysia as their culture.[/lang]
 
[Budaya] Permainan tradisional : Dakon atau congklak

Dakon

dakon.jpg




Jenis permainan anak-anak putera/puteri, maupun orang dewasa yang bersifat rekreatif. Alat permainan terbuat dan kayu, panjang 50 cm, lebar 20 cm dan tebal 10 cm. Bagian atas diberi berlubang, garis tengah 5 cm dan dalam 3 cm. Jumlah lubang sedikitnya 12 buah. Sebagai “anak dakon” dipakai biji sawo Manila (Jawa:kecik) atau kelereng kecil. Apabila sulit mendapatkan kayu, dapat dimainkan di atas tanah biasa asalkan ada lubang sejumlah tersebut di atas dari batu-batu kecil. Jumlah pemain 2 orang atau lebih; bergiliran menurut perjanjian yang telah disetujui bersama. Jumlah batu atau biji sawo tidak dibatasi, menurut kebutuhan.
 
Bls: [Budaya] Permainan Tradisional Anak Indonesia

wah dakon jd inget dulu . .
enak nih maennya nya
 
Re: [Budaya] Permainan Tradisional Anak Indonesia

Untaran


Untaran ini bisa dibilang alat bantu bagi anak-anak balita yang ingin belajar berjalan. Untaran ini berasal dari Banyumas Jawa Tengah, masyarakat setempat ternyata sudah menggunakan alat untaran sejak ratusan tahun yang lalu. Minimnya biaya memaksa masyarakat setempat, khususnya bagi yang kurang mampu untuk memutar otak untuk memnuhi kebutuhan akan alat bantu berjalan bagi balita. Kalau di inget-inget rata-rata memang bagia Aden dan Nona yang pernah memiliki anak kecil pasti terbesit niatan untuk membeli kereta bayi (itu loh yang ada rodanya buat alat bantu berjalan), nah kalo ternyata budget gak ada kan berabe tuh?? <3D nah maka dari itulah alat ini dibuat sebagai alternatifnya.

Bentuk alat ini sendiri berbentuk T yang terbuat dari batang bambu, alat ini cuma butuh 3 bagian yaitu batang utama yang ditancapkan ke tanah dan dipaku hingga kokoh lalu bagian kedua adalah batang bambu yang lebih kecil lagi yang akan dijadikan kepala pada huruf T benda tersebut yang kemudian di selipkan kebatang bambu yang lebih besar..

wah agak sulit ya megha mendeskripsikannya bagi aden dan nona yang punya foto alat untaran ini, silahkan atuh di share ;) siapa tahu bisa jadi alternatif bagi kita-kita yang kurang mampu dan ingin melestarikan mainan tradisional.
 
Back
Top