Permainan Tradisional Anak Indonesia Login dengan akun Jejaringsosial.com anda Daftar sebuah akun Jejaringsosial.com
 
Go Back   Home > Sejarah & Budaya
Lupa Password?

Gambar Umum Video Umum





 
Reply
 
Thread Tools Search this Thread
Reply With Quote     #11   Report Post  

Bls: Permainan Tradisional Anak Indonesia






Cublak-cublak Suweng

Cublak-cublak Suweng

Suwenge ting gelenter

Mambu ketundung gudel

Pak empo lirak-lirik

sapa mau sing ndelekke


sir sir pong

dele gosong

sir-sir pong

dele gosong


artinya

Cublak-cublak Suweng (anting)

Anti ngnya tersembunyi

Mambu ketundung gudel

Pak Empo mencarinya

Siapa yang menyembunyikan

sir sir pong

kedelai hangus

sir sir pong

kedelai hangus

Sumber : blogspotnya dolananjawa
uRaN
National Level

Post: 845
 
Reputasi: 10

__________________
:hi: hai temen-temen, bagi-bagi SMS bintang dan Reputasinya dong :thumbsup:

 






Reply With Quote     #12   Report Post  

Bls: Permainan Tradisional Anak Indonesia

Ini untuk penjelasan Permainan bola Bekel






Dengan sebuah bola karet kecil dan biji kuningan, paling sedikit dua anak bisa memainkan bekel. Diundi dulu, untuk menentukan urutan pemain. Dasar permainan ini adalah mengubah posisi biji kuningan setelah bola dilambungkan ke atas. Biasanya dimainkan tiga babak, dari mengambil satu biji, lalu dua biji hingga tiga biji kuningan sekaligus. Mengubah biji dari posisi duduk ke berbaring atau sebaliknya. Dari permainan ini kita tahu, ada “aturan’ yang selalu harus kita ikuti. Sementara bila melanggarnya, kita salah dan kalah.


sumber : pontianakpost.com




Semoga bermanfaat yah
uRaN
National Level

Post: 845
 
Reputasi: 10

__________________
:hi: hai temen-temen, bagi-bagi SMS bintang dan Reputasinya dong :thumbsup:





Reply With Quote     #13   Report Post  

Bls: Permainan Tradisional Anak Indonesia

Kutip:
Oleh SutrisnoTok View Post
Tolong minta bantuannya dong..
Adakah yang tahu deskripsi untuk permainan2 ini:

* Ular2an.
yang ada lagunya ular naga panjangnya? kalo iya, menurut saia ini berasal dari cina permainannya. Ngikutin barongsai gitu. Karena biaya buat barongsai mahal, mangkanya cuma bisa dimaenin sama anak2nya

Kutip:
Oleh SutrisnoTok View Post

* Cublak2 Suweng.
cublak2 suweng . . . kalo gag salah muncul saat wali songo

Kutip:
Oleh SutrisnoTok View Post
* Bekel.
- gag tw

Kutip:
Oleh SutrisnoTok View Post
* Engkle.

Thx....
-gag tw


Demikian imajinasi saia
bjhe
Continent Level

Post: 3.890
 
Reputasi: 38

__________________





Reply With Quote     #14   Report Post  

Bls: Permainan Tradisional Anak Indonesia

Kutip:
Oleh bjhe View Post
Iya congklak. . .Dulu gag pernah bisa maennya, malah biji2nya gw jadiin sasaran tembak kelereng
congklak = dakon ya?? yg maennya masuk"in biji ke lobang permaenan kan??

Kutip:
Oleh SutrisnoTok View Post
Tolong minta bantuannya dong..
Adakah yang tahu deskripsi untuk permainan2 ini:

* Engkle.

Thx....
tw nya
- engkel tu panco, adu tangan
- engklek tu lompat dengan satu kaki, ntar kita gambar papan permainan d tanah, trus kita lempar batu, injak papan permainan tp jgn injak yg ada batu
@.@ bingung y??? susah njelasinnya . .
Larc
Continent Level

Post: 5.888
 
Reputasi: 133

__________________





Reply With Quote     #15   Report Post  

Bls: [Budaya] Permainan Tradisional Anak Indonesia

Engklek atau sering disebut juga dampu ini sebenernya bukan permainan tradisional asli Indonesia. Karena sejak kecilpun ketika saya tinggal di Praha, Ceko, sudah mengenal permainan ini, yang di sana disebut dengan Skakani Nohy.

Ada sekilas sejarah soal permainan ini....

Menurut buku Games of The World, Frederic V. Grunfeld (ed), New York, 1975, permainan yang dinamakan dampu disebut hopscotch. Meski nama permainan ini berbau Scotlandia, tetapi permainan ini tidak berasal dari sana. Kapan permainan ini dimulai tak seorangpun tahu. Permainan ini dikenal baik di Inggris, Rusia, India, maupun Cina. Masuk ke Jakarta (Indonesia) dibawa bangsa Barat, boleh jadi pada abad ke-18. Latar belakang filosofi permainan ini sangat dekat dengan kepercayaan agama. Block2 hopscotch terdiri atas bumi, neraka, surga, dan pos-pos. Surga merupakan block puncak, di dalam permainan dampu disebut gunung.


-dipi-
Dipi76
Continent Level

Post: 9.577
 
Reputasi: 1117






Reply With Quote     #16   Report Post  

Bls: [Budaya] Permainan Tradisional Anak Indonesia

permainan tradisional yang perlu di lestarikan
rizalolo
Mod

Post: 45.523
 
Reputasi: 261

__________________
Pangeran kegelapan






Reply With Quote     #17   Report Post  

Bls: [Budaya] Permainan Tradisional Anak Indonesia

Entah kenapa yah, sekarang engklek itu justru malah lebih akrab dengan sebutan taplak sama anak-anak SD kayak gini nih bidak permainannya






Cara mainnya : (kalo aku gak salah ingat yah)

sebuah poin yang kita sebut saja bintang kita lemparkan berurutan ke tiap kotak dan aturannya baik bintang maupun sang pemilik bintang tidak boleh menginjak garis bidak engklek tersebut.



ketika kamu berada pada posisi awal maka bintang kamu tarus di bidak nomor 1, dan bidak yang terdapat bintang didalamnya tidak boleh di injak kamu harus melompatinya ke nomor berikutnya secara berurutan dan kemudian berbalik ke nomor awal dan mengambil bintangmu. Setelah itu kamu naik level ke bidak nomor 2, cara jalannya sama hanya saja pada saat kamu bertemu di bidak nomor 2-3, 5-6, dan 8-9 kedua kakipu boleh menapak kecuali jika ada bintang disalah satunya kamu harus tetap lompat dengan satu kaki capek memang tapi asik.. dan di bidak nomor 10 kamu harus berbalik badan, dan mengambil bintangmu dengan cara membelakangi bidak tersebut, tapi hati-hati tanganmu gak boleh sampai menyentuh garis bidak tersebut. dan bidak nomor 10 itu biasa disebut dengan Gunung karena bentuknya setengah lingkaran seperti gunung yang nampak dari kejauhan

nah ini dia temen-temen kita yuang penasaran dan ikut bermain



Hoi hati-hati kacamatanya jatoh bang


oh iya kenapa permainan ini dinamakan enklek? karena kita memainkannya lompat-lompat dengan satu kaki hihihi



jangan lupa kasih bintangnya dong
uRaN
National Level

Post: 845
 
Reputasi: 10

__________________
:hi: hai temen-temen, bagi-bagi SMS bintang dan Reputasinya dong :thumbsup:





Reply With Quote     #18   Report Post     Original Poster (OP)

Bls: Permainan Tradisional Anak Indonesia

Kutip:
Oleh bjhe View Post
yang ada lagunya ular naga panjangnya? kalo iya, menurut saia ini berasal dari cina permainannya. Ngikutin barongsai gitu. Karena biaya buat barongsai mahal, mangkanya cuma bisa dimaenin sama anak2nya


Demikian imajinasi saia



hemm masuk akal jhe..

lagu nya gini kalo gak salah

Ular naga panjangnya, bukan kepalang
menjalan-jalan selalu riang kemari
umpan yang lezat itulah yang dicari
ini dialah yang terbelakang
kosong.. kosong.. kosong..
isi.. isi.. isi..

biasaya pada saat bagian lagu "kosong.. kosong.. kosong.. isi.. isi.. isi.." si penjaga lingkaran itu akan menangkap seorang anak dan diperebutkan akan ikut mengekor ke pihak yang mana...

biasanya cara memperebutkannya dengan diberi pertanyaan, misalnya salah satu yang jaga adalah jeruk dan yang satunya adalah apel, si anak yang tertangkap ini diminta untuk memilih antara tim jeruk atau tim apel.

Setelah pembagian anak-anak naga ini terbagi, inilah bagian serunya (katakan saja) dua ekor naga ini akan memperebutkan anak-anak buah yang mengekor dibelakang si penjaga itu, dan jika salah satu anak buah itu terpeganga oleh induk lawan maka anak ekor tersebut menjadi miliknya. Permainannya seru banget, dulu permainan ini sanggup membuat siapapun anak-anak atau orang tua yang menyaksikan jalannya permainan akan tertawa, sdemuanya riang, menjerit bernyanyi dan berlarian




kalo Gasing






Nah yang ini versi jadulnya

Gasing adalah mainan yang bisa berputar pada poros dan berkesetimbangan pada suatu titik. Gasing merupakan mainan tertua yang ditemukan di berbagai situs arkeologi dan masih bisa dikenali. Selain merupakan mainan anak-anak dan orang dewasa, gasing juga digunakan untuk ber#### dan ramalan nasib







Dan yang jadi salah satu favorit megha adalah tali karet atau lompat tali

Permainan ini membutuhkan skil yg sangat tinggi, gaya lompat yang handal, kelincahan olah tubuh dan kekuatan otot kaki yang cukup kuat, permainan ini tentu sangat sehat karena membutuhkan banyak tenaga untuk memainkannya.

Pertama-tama tali di pegang di kedua sisi oleh dua orang dimulai dari setinggi dengkul, pinggang, ketek, telinga, kepala bahkan sampai ke posisi merdeka dimana posisi ini adalah posisi paling maksimal karena kedua pemegang tali memposisikan tali karet jaduh sebatas tangan mereka.

Manfaat permainan lompat tali/lompat karet :
1. menyehatkan badan
2. menguatkan otot kaki
3. membentuk lekukan tubuh
4. melangsingkan badan
5. mempererat kerjasama team




Anak-anak Indonesia patut berbangga hati karena Indonesia adalah negara paling kaya akan budaya
Megha
World Level

Post: 16.442
 
Reputasi: 546

__________________






Reply With Quote     #19   Report Post  

Bls: Permainan Tradisional Anak Indonesia

Kutip:
Oleh Megha View Post


hemm masuk akal jhe..

lagu nya gini kalo gak salah

Ular naga panjangnya, bukan kepalang
menjalan-jalan selalu riang kemari
umpan yang lezat itulah yang dicari
ini dialah yang terbelakang
kosong.. kosong.. kosong..
isi.. isi.. isi..

biasaya pada saat bagian lagu "kosong.. kosong.. kosong.. isi.. isi.. isi.." si penjaga lingkaran itu akan menangkap seorang anak dan diperebutkan akan ikut mengekor ke pihak yang mana...

biasanya cara memperebutkannya dengan diberi pertanyaan, misalnya salah satu yang jaga adalah jeruk dan yang satunya adalah apel, si anak yang tertangkap ini diminta untuk memilih antara tim jeruk atau tim apel.

Setelah pembagian anak-anak naga ini terbagi, inilah bagian serunya (katakan saja) dua ekor naga ini akan memperebutkan anak-anak buah yang mengekor dibelakang si penjaga itu, dan jika salah satu anak buah itu terpeganga oleh induk lawan maka anak ekor tersebut menjadi miliknya. Permainannya seru banget, dulu permainan ini sanggup membuat siapapun anak-anak atau orang tua yang menyaksikan jalannya permainan akan tertawa, sdemuanya riang, menjerit bernyanyi dan berlarian




kalo Gasing






Nah yang ini versi jadulnya

Gasing adalah mainan yang bisa berputar pada poros dan berkesetimbangan pada suatu titik. Gasing merupakan mainan tertua yang ditemukan di berbagai situs arkeologi dan masih bisa dikenali. Selain merupakan mainan anak-anak dan orang dewasa, gasing juga digunakan untuk ber#### dan ramalan nasib







Dan yang jadi salah satu favorit megha adalah tali karet atau lompat tali

Permainan ini membutuhkan skil yg sangat tinggi, gaya lompat yang handal, kelincahan olah tubuh dan kekuatan otot kaki yang cukup kuat, permainan ini tentu sangat sehat karena membutuhkan banyak tenaga untuk memainkannya.

Pertama-tama tali di pegang di kedua sisi oleh dua orang dimulai dari setinggi dengkul, pinggang, ketek, telinga, kepala bahkan sampai ke posisi merdeka dimana posisi ini adalah posisi paling maksimal karena kedua pemegang tali memposisikan tali karet jaduh sebatas tangan mereka.

Manfaat permainan lompat tali/lompat karet :
1. menyehatkan badan
2. menguatkan otot kaki
3. membentuk lekukan tubuh
4. melangsingkan badan
5. mempererat kerjasama team




Anak-anak Indonesia patut berbangga hati karena Indonesia adalah negara paling kaya akan budaya
soalnya aku pernah dejavu2 gitu, tentang cerita naga2an ini. . .dan ada cara permainannya sama dengan yang didaratan asia timur sana. Kayak harus buat terowongan, terus berbaris berderet. Soalnya pernah liat di anime tv series: guru-guru
bjhe
Continent Level

Post: 3.890
 
Reputasi: 38

__________________





Reply With Quote     #20   Report Post  

Bls: Permainan Tradisional Anak Indonesia

Kutip:
Oleh Megha View Post


hemm masuk akal jhe..

lagu nya gini kalo gak salah

Ular naga panjangnya, bukan kepalang
menjalan-jalan selalu riang kemari
umpan yang lezat itulah yang dicari
ini dialah yang terbelakang
kosong.. kosong.. kosong..
isi.. isi.. isi..

klo d t4ku g pake kosong isi
Larc
Continent Level

Post: 5.888
 
Reputasi: 133

__________________
Reply
 


Thread Tools Search this Thread
Search this Thread:

Advanced Search




Similar Threads
Thread Original Poster Forum Replies
Aneka Obat Tradisional Untuk Anak nurcahyo Kesehatan 2
Wim Kecewa Permainan Anak Asuhnya gupy15 Sepakbola 3
MONOPOLY JUNIOR [permainan untuk anak] christalis Pakaian, Aksesoris & Sepatu 2
Gawat! Anak-anak di Inggris Bikin Permainan Seks bobybotax Politik, Ekonomi & Hukum 1


Pengumuman Penting

Cari indonesiaindonesia.com
Cari Forum | Post Terbaru | Thread Terbaru | Belum Terjawab


Powered by vBulletin Copyright ©2000 - 2014, Jelsoft Enterprises Ltd.