Kenakalan remaja dan jati diri

bla_bla_bla

New member
Penyebab kenakalan remaja tuh apa aja yah? Karena masih belom stabil psikologinya, atau psikologinya yang lom matang, terus faktor pendidikan, apa lagi yah? Terus kita sering dengar, wajar remaja itu nakal, karena mereka masih proses pencarian jati diri. Jati diri itu apa sih? kayak apa sih? Nah terus kalo sudah dewasa itu berarti sudahkah jati diri itu ditemukan?
 
Bls: Kenakalan remaja dan jati diri

Kalo menurut saya sich,karena biasanya para remaja tuch kan punya sifat ingin tahu dan pengen mencoba,nah pengaruh lingkungan,situasi dlm rumah dan hubungan dgn teman2 yg kurang mendukung tuch bisa jadi pemicunya.
Tapi kalau dipikir2,dewasa dlm usia blm tentu juga gak "nakal",kan?
 
Bls: Kenakalan remaja dan jati diri

Gak tau,ach...
Kalo jatiluhur kan nama waduk,ya?
Kita tunggu komentar yg lain aja,yah... (resi mode=ON he..he..he...)
 
Bls: Kenakalan remaja dan jati diri

ada banyak faktor yang mengakibatkan kenakalan remaja.
faktor itu ada yang bersifat internal maupun eksternal.
yang termasuk faktor internal salah satunya adalah yang dibilang sama AST; bahwa remaja adalah masa di mana individu lagi gede banget rasa ingin tahunya. masalah pencarian jati diri itu juga benar. jati diri itu sendiri adalah identitas yang diterima sepenuhnya oleh individu tentang siapa dirinya. kadang dalam pencarian jati diri ini individu mengalami goncangan karena dia ga terlalu siap dengan fakta yang harus dia hadapi. ketersediaan dukungan sosial menjadi hal yang amat penting dalam kondisi seperti ini.

untuk faktor eksternal, telah disinggung tentang situasi keluarga. inilah lingkungan terkecil yang mempengaruhi hidup individu. kalau anggota keluarga udah saling gak peduli satu sama lain, bisa jadi mereka berlomba mencari perhatian di luar. kenakalan remaja, dalam konteks ini, bisa jadi merupakan usaha buat mencari perhatian yang selama ini dia butuhkan. ujung2nya ya apa lagi kalau bukan dukungan atas apa yang ingin dia jalani sebagai seorang anak manusia. hehehe.
begitu lah, bla bla bla.. semoga bisa memberikan gambaran atas pertanyaan kamu.
 
Bls: Kenakalan remaja dan jati diri

Thank's den kang_te...
Memang masa remaja adalah masa yg serba salah.
Dibilang udah gede,enggak.
Dibilang masih kecil jg enggak.
Truz ditambah lagi perubahan hormonal yg juga mgkn mempengaruhi kondisi psikis,jadi suka sama lwn jenis,jadi suka emosian (kyk lagunya Bang Rhoma "darah muda),dll....
 
Bls: Kenakalan remaja dan jati diri

jati diri itu sendiri adalah identitas yang diterima sepenuhnya oleh individu tentang siapa dirinya.
hehhe.. iyah, makasih banyak yah atas jawabannya...;)
hmmmm, mungkin bisa dikasih contoh, identitasnya tuh kek apa?
hihih banyak nanya ya akunya....:D
 
Bls: Kenakalan remaja dan jati diri

Identitas = Citra diri

umumnya pada remaja, mereka ingin mendapatkan citra diri yang "menonjol" sehingga mereka dapat diterima di lingkungan pergaulan nya..

pada remaja, mulai timbul hasrat untuk diakui dan dihargai..

makanya mereka kadang melakukan "kenakalan" -yang mereka anggap wajar- untuk mendapatkan pengakuan tersebut.
 
Bls: Kenakalan remaja dan jati diri

iya, bla.. sama2.

sebagai contoh, saya akan sebut latar belakang ekonomi keluarga.
bisa saja seorang remaja menjadi minder karena secara finansial dia tidak seberuntung remaja lain yang sepergaulan dengan dia. atau seorang remaja menjadi sangat berantakan hidupnya karena perceraian orang tuanya.

hei, hei..
pasti sulit untuk bisa menerima hal-hal seperti itu. tapi ibarat mendorong mobil, terasa beratnya cuma di awal koq... maksudnya, menerima diri apa adanya kadang menjadi hal yang amat sulit, tapi kalo sudah dijalani ya seperti mendorong mobil yang udah menggelinding, akan terasa lebih mudah...
 
Bls: Kenakalan remaja dan jati diri

Seiring perkembangan fisik dan perubahan hormonal,mereka yg merasa udah gede (padahal baru gede) "Berusaha mencari sosok figur yg tepat buat dirinya sendiri" mgkn dgn cara meniru "idola"nya.
Tidak jarang berusaha membuat "topeng" supaya kebutuhan ingin dihargai & mendapat pengakuan dari orang lain terpenuhi.
Jangan heran kalau mereka mulai belajar berbohong,melawan ortunya dll.
Yg lebih parah kalau lingkungan keluarga tidak mendukung,faktor kurang perhatian dr ortu,ortu yg suka bertengkar,orang tua tunggal dan lain sebagainya.
Yg akan mengakibatkan dia berusaha keluar dari lingkungan yg "tidak nyaman" dan mencarinya ditempat lain.
Kalau dia menemukan "figur idolanya" ditempat yg benar sich gpp,tapi kalau ditempat yg salah ya mulai belajar merokok,berantem,narkoba dan lain sebagainya...
 
Last edited:
Back
Top