Ayo Buat Pupuk Organik !!!

nirhono

New member
Menghasilkan Pupuk Organik Dgn Praktis & Biaya Murah
( semudah membuat tempe kedelai )


Telah ditemukan terobosan baru dalam pembuatan kompos/pupuk organik yang lebih sederhana, lebih murah dan hemat tenaga (bisa dibilang sebagai “Cara Ajaib“ dalam pembuatan kompos). Teknologi ini ditemukan oleh
Dr. Ir. Darmono Taniwiryono, MSc., dan telah dihadirkan oleh Bidang TPH Dispertanhut Purbalingga dalam acara “ Apresiasi Pembuatan Pupuk Organik Kab. Purbalingga “ tanggal 6 Desember 2007 di Aula Hotel Kencana yang dihadiri oleh Wakil Bupati Purbalingga.

Pupuk organik ternyata bisa dibuat dengan biaya murah, hanya sekitar Rp. 15.000,- per ton bahan baku yang mau dibuat kompos, tidak ada tambahan bahan/materi dan biaya lain selain untuk pembelian formula yang harganya hanya sekitar Rp. 15.000,- / kg untuk pembuatan 1 ton bokasi. Formula ini dinamai “PROMI” yang dihasilkan oleh Balai Penelitian Bioteknologi Perkebunan Indonesia. Bentuknya seperti bubuk atau butiran tanah, hanya saja formula ini mengandung mikroba unggul asli Indonesia dan mikroba tsb bisa bertahan hidup sampai 1 (satu) tahun. Hebatnya kompos/pupuk organic yang dihasilkan dengan formula Promi kaya dengan dengan mikroba yang bias mempercepat tunbuh tanaman serta mengendalikan hama dan penyakit tanaman. Pengomposan dengan Promi lebih murah dan lebih praktis dari pada pengomposan dengan EM4, karena ada beban yang perlu ditanggung oelh petani bila membuat kompos dengan EM4 antara lain teknologi EM4 memerlukan bahan –bahan tambahan yang bisa membuat biaya pengomposan cukup tinggi dan membutuhkan tenagas lebih banyak serta tempat yang luas. Kalau pengomposan memakai promi punya kelebihan : tidak menggunakan bahan tambahan, hemat tempat (tinggi tumpukan hanya cukup 1,5 m ) ,biaya lebih murah dan lebih mudah/praktis ( semudah membuat tempe kedelai ).

Seiring dengan program percepatan pertanian dengan pupuk organik, sudah selayaknya teknologi pembuatan pupuk organik dengan formula PROMI ini perlu disosialisasikan, karena para petani bisa membuat sendiri pupuk organic/kompos-nya dengan hanya membeli PROMI untuk 1 ton bahan bakau pembuatan kompos, yang tentunya sangat lebih murah daripada harga petani membeli pupuk organic di pasaran yang relative lebih mahal. Apalagi tidak memerlukan tambahan bahan/materi seperti pada teknologi EM4 ( perlu tambahan dedak dan molase ), cukup dengan jerami di lahan-lahan-lahan sawah yang sangat berlimpah.
 
Bls: Ayo Buat Pupuk Organik !!!

bukannya dari dulu petani pakai pupuk organik
hanya pemerintah dan pengusaha pupuk aja yang merubah kebiasaan ini
 
Bls: Ayo Buat Pupuk Organik !!!

di daerah saya juga ada yang make promi dan hasilnya cukup memuaskan.
tapi saya juga ada cara ni hanya dengan Rp. 39.500 anda setara memakai pupuk kompos sebanyak 2.5 ton pupuk kompos ? mau...

keterangan lebih lanjut E250 online
 

Attachments

  • pr_ns_ptn_03.jpg
    pr_ns_ptn_03.jpg
    5.6 KB · Views: 361
Back
Top