Pengertian dan seputar kafir Login dengan akun Jejaringsosial.com anda Daftar sebuah akun Jejaringsosial.com
 
Go Back   Home > Agama > Islam

Daftar
Lupa Password?


Gambar Umum Video Umum





 
Reply
 
Thread Tools Search this Thread
Reply With Quote     #1   Report Post  

Pengertian dan seputar kafir

Kafir secara garis besar bisa diartikan sebagai orang yang menutup dirinya dari kebenaran, orang yang tidak percaya, kepada Allah, Rasul Rasul Nya, Malaikat malaikat Nya, Kitab kitabnya, dan hari kiamat.

Hmm, barangkali ada yang mau menjelaskan secara lebih mendalam pengertian dan seputar kafir setelah dikembalikan pada Al Quran dan Hadist? Tapi dimohon dengan sangat jangan menunjuk orang atau golongan tertentu, karena kita tidak boleh sembarangan menunjuk orang lain sebagai kafir. Thread ini hanya sebagai instropeksi aja, karena ada juga yang mendefinisikan kafir sebagai orang yang meninggalkan amal sholeh yang diperintahkan Allah. Dan semoga setelah paham betul akan pengertian kafir tersebut kita bisa menjaga diri agar tidak termasuk dalam golongan kafir.
bla_bla_bla
Continent Level

Post: 7.579
 
Reputasi: 244

__________________
Nyi Belang


 






Reply With Quote     #2   Report Post  

Bls: Pengertian dan seputar kafir

gw gak mau berbicara banyak tentang ini.

karena pengertian orang berbeda2
Village Level

Post: 73
 
Reputasi: 0






Reply With Quote     #3   Report Post  

Bls: Pengertian dan seputar kafir

kl aku begini :

kafir berasal dari kata "kafaro" yang artinya tertutup,menolak..
pengertianya:hati manusia yang tertutup atau menolak kebenaran yang hakiki berasal dari Allah dan rasulnya.
ada orang kafir yang memang tidak mengakui allah sbg rab,tapi ada juga orang islam yang di jatuhi hukum kafir,kerana amalnya,contonya : hadis rasulullah "barang siapa yang menfitnah ,dia adalah fasik dan membunuh orang muslim adalah kafir"wallahu a'lam.
demikian penjelasan saya yang lemah dan banyak dosa ini,mohon koreksi apabila ada yang salah.
IDED
National Level

Post: 1.515
 
Reputasi: 1






Reply With Quote     #4   Report Post     Original Poster (OP)

Bls: Pengertian dan seputar kafir

yuhuu makasih wanita sholeha dan abang IDED atas comentnya...
bla_bla_bla
Continent Level

Post: 7.579
 
Reputasi: 244

__________________
Nyi Belang







Reply With Quote     #5   Report Post     Original Poster (OP)

Bls: Pengertian dan seputar kafir

Ada juga hadist Muslim yang menyebutkan :

" Janganlah kamu membenci bapakmu. Siapa yang membenci bapaknya, maka dia kafir."

hmmm......
syukur Alhamdulillah aku ga termasuk golongan yang membenci bapak aku...
tapi masih perlu banyak berinstopeksi dalam segala tindakan nih, karena pengertian kafir itu luas juga...
bla_bla_bla
Continent Level

Post: 7.579
 
Reputasi: 244






Reply With Quote     #6   Report Post  

Bls: Pengertian dan seputar kafir

Pengertian 'kafir' tentunya sangatlah luas. Kafir (non-Muslim) dalam perspektif negara Islam menurut Ibnu Arabi tetaplah harus dijamin hak dan kewajibannya sbg warga negara. Hal ini tercermin pada sejarah Islam periode Madinah (masyarakat Madani?) dimana Muslim non-Muslim dpt hidup berdampingan secara damai dalam kepemimpinan Muhammad SAW.
nizhami
Continent Level

Post: 6.478
 
Reputasi: 155






Reply With Quote     #7   Report Post  

Bls: Pengertian dan seputar kafir

kalo saya sih lupa apa itu hadist ato surah,dimana intinya jangan mudah mengklam seseorang itu kafir,orang yang menuduh kafir dan apabila itu tidak benar maka dimata ALLAH SWT yang menuduh adalah kafir,soo hati hati dengan klaim dan fatwa anda?????
devson
National Level

Post: 621
 
Reputasi: 1

__________________
PENGUASA PEKOPON

I AM GUNDAM
Kerokerokero kerokero





Reply With Quote     #8   Report Post  

Bls: Pengertian dan seputar kafir

kafir tidak sama dengan fakir, gitu gak..?
popoi
Continent Level

Post: 6.098
 
Reputasi: 31

__________________
The one and only pop


Jangan pernah menyerah dalam melakukan hal - hal yang baik
www.masterpunker.blogspot.com

Recent Blog: Keracunan RC   





Reply With Quote     #9   Report Post     Original Poster (OP)

Bls: Pengertian dan seputar kafir

Kutip:
Oleh devson View Post
kalo saya sih lupa apa itu hadist ato surah,dimana intinya jangan mudah mengklam seseorang itu kafir,orang yang menuduh kafir dan apabila itu tidak benar maka dimata ALLAH SWT yang menuduh adalah kafir,soo hati hati dengan klaim dan fatwa anda?????
yuhuu, memang ditekankan kalo jangan mudah menuduh, dalam hal apa pun, karena semua tuduhan pasti kita pertanggung jawabkan kepada Allah...

Dan kalau sudah mengerti benar makna kafir atau ciri2nya, ga boleh kita gunakan untuk menunjuk2 orang lain ataupun menuduh orang lain kafir, sebaliknya kita harus bisa selalu berinstropeksi dan mawas diri agar tidak termasuk golongan kafir itu...

Kutip:
Oleh popoi View Post
kafir tidak sama dengan fakir, gitu gak..?
gituuuuuuuuu................
bla_bla_bla
Continent Level

Post: 7.579
 
Reputasi: 244






Reply With Quote     #10   Report Post  

Bls: Pengertian dan seputar kafir

Kutip:
Oleh bla_bla_bla View Post
yuhuu, memang ditekankan kalo jangan mudah menuduh, dalam hal apa pun, karena semua tuduhan pasti kita pertanggung jawabkan kepada Allah...

Dan kalau sudah mengerti benar makna kafir atau ciri2nya, ga boleh kita gunakan untuk menunjuk2 orang lain ataupun menuduh orang lain kafir, sebaliknya kita harus bisa selalu berinstropeksi dan mawas diri agar tidak termasuk golongan kafir itu...


gituuuuuuuuu................
apalagi rafik... gak sama...
popoi
Continent Level

Post: 6.098
 
Reputasi: 31

__________________
The one and only pop


Jangan pernah menyerah dalam melakukan hal - hal yang baik
www.masterpunker.blogspot.com

Recent Blog: Keracunan RC   
Reply
 


Thread Tools Search this Thread
Search this Thread:

Advanced Search




Similar Threads
Thread Original Poster Forum Replies
Pengertian Tiratana singthung Buddha 1
pengertian ibadah nurcahyo Islam 3
pengertian Islam nurcahyo Islam 2
Pengertian Qurban elbar Islam 0
pengertian tauhid nurcahyo Islam 0


Pengumuman Penting

Cari indonesiaindonesia.com
Cari Forum | Post Terbaru | Thread Terbaru | Belum Terjawab


Powered by vBulletin Copyright ©2000 - 2014, Jelsoft Enterprises Ltd.