{Tips} Cegah Bau Mulut Saat Berpuasa

nasrun2211

New member
Kurangi Bau Mulut saat Puasa

Bau mulut seringkali menjadi masalah dalam pergaulan. Terlebih dalam ibadah Ramadhan kali ini. Jika dibiarkan, masalah ini mungkin saja bisa menghambat karir dan pergaulan Anda.

Untuk menghindari bau mulut, ada baiknya Anda mulai memperhatikan konsumsi makanan, sebab hal ini berpengaruh.

Anda beberapa makanan yang dapat mengurangi bau mulut anda saat berpuasa.

Detail : Kurangi Bau Mulut saat Puasa
 
Bls: Kurangi Bau Mulut saat Puasa

taruh disini aja mas artikelnya, ntar linknya boleh dicantumkan sebagai sumber.
 
Bls: Kurangi Bau Mulut saat Puasa

Berikut adalah beberapa minuman dan makanan yang dapat membantu mengurangi bau mulut:

Teh Hijau

Zat aktif bernama catechins yang terkandung dalam teh hijau dapat membunuh bakteri di mulut sekaligus menghilangkan gula dari plak. Bakteri penyebab napas berbau pun ikut diusir. Sangat dianjurkan untuk meminum dua hingga lima cangkir teh hijau sehari, baik yang masih murni maupun yang sudah ada campuran lain.

Air Putih

Minum air merupakan cara terbaik untuk merangsang saliva. Berkumur-kumur membantu mengeluarkan kotoran dari sela-sela gigi yang menjadi penyebab bau mulut. Jangan lupa juga untuk meminum setidaknya 8 gelas air setiap hari.

Yoghurt acidophilus

Yoghurt acidophilus merupakan kelompok makanan probiotik. Jika dikonsumsi setiap hari, atau minum suplemen acidophilus dan makanan probiotik dapat membantu memelihara kesehatan pencernaan.

Dengan lancarnya sistem pencernaan, bau mulut dapat dihambat. Namun sebaiknya konsultasikan dulu dosisnya dengan ahli nutrisi.

Apel dan wortel

Banyak dokter gigi menganjurkan untuk mengunyah apel atau wortel, sebab dapat membantu mengurangi bau mulut. Selain enak, seratnya pun baik untuk kesehatan pencernaan dan membantu Anda yang tengah menjalankan diet untuk tidak ngemil makanan berkalori tinggi.

Keju

Sebuah penelitian dalam dekade terakhir ini menunjukan bahwa keju rendah karbohidrat, tinggi kalsium, dan mengandung fosfat dapat memberi manfaat pada gigi.

Keju ternyata dapat melindungi enamel gigi, memproduksi air liur, serta membunuh bakteri penyebab timbulnya karang gigi dan penyakit gusi.


sumber:http://o-nsr.com/makanan-pengurang-bau-mulut-saat-puasa.html
 
Last edited:
Bls: Kurangi Bau Mulut saat Puasa

makasih juga artikelnya yah..... pasti bermanfaat apalagi sekarang ge bulan ramadhan....
 
mNBSdq5BXy.jpg

Bau mulut menjadi problem yang biasa dialami saat puasa.Jangan sampai problem ini mengganggu puasa dan aktivitas Anda .Nah,bagaimana cara mengatasinya? Bulan puasa telah tiba.Anda pun sudah bersiap-siap menjalankan dengan khusyuk.

Namun,bagaimana dengan bau mulut yang selalu menghampiri saat puasa? Inilah yang membuat Anda merasa tak percaya diri,apalagi bila harus berkomunikasi dengan banyak orang. Mungkin tidak aneh lagi bagi kita untuk merasakan sesuatu yang tidak sedap menghampiri mulut saat kita sedang menjalani kewajiban berpuasa selama 14 jam.

Beberapa pertanyaan pun muncul, mengapa bau tak sedap pada mulut, menyerang saat kita berpuasa? Gigi putih bersih, senyum menawan, serta napas segar adalah dambaan sebagian masyarakat modern dewasa ini. Namun, apabila bau mulut atau yang dalam bahasa kedokteran dikenal dengan istilah halitosis terjadi, bisa-bisa menjadi masalah tersendiri dan membuat seseorang merasa kurang percaya diri.

Mulut merupakan gerbang masuknya makanan menuju tubuh dan menjadi gerbang keluarnya udara dari dalam tubuh, di samping memiliki fungsi yang sangat aktif dalam bersosialisasi seharihari. Setiap hari kita tersenyum, tertawa,dan berbicara dengan melibatkan organ ini; dan saat berpuasa, keterlibatannya pun tidak kalah penting.

Dokter gigi dari Dharmawangsa 8 Dental Care, drg Aditya Pribadi SpOrtho, menjelaskan bahwa apabila dikaitkan dengan puasa, penyebab utama bau mulut karena lambung yang kosong dalam waktu yang lama dapat merangsang timbulnya aroma yang kurang sedap, yang kemudian keluarkan melalui rongga mulut.

Selain itu,berkurangnya produksi air liur (saliva) karena berkurangnya rangsangan makanan yang masuk.

Saat saliva berkurang,bakteri dalam mulut pun jadi lebih banyak sehingga muncul bau mulut,”ujarnya. Bau mulut saat puasa merupakan keluhan yang normal dijumpai. Namun, bukan berarti hal tersebut tidak bisa kita hindari. Banyak cara sederhana yang bisa dilakukan untuk menjaga agar mulut kita tetap bersih dan napas terasa segar selama berpuasa.

Berdasarkan data yang disebutkan Persatuan Dokter Gigi Indonesia (PDGI),pada dasarnya bau mulut disebabkan tiga faktor utama.

Faktor pertama yaitu dari dalam mulut.Faktor di dalam mulut sendiri karena ada gigi berlubang, banyak pelak atau karang gigi, serta gigi rusak bahkan sampai menjadikan gigi busuk karena dibiarkan atau tidak dirawat.

Faktor kedua datang dari luar mulut.Faktor dari luar mulut,tetapi masih dari saluran napas atau cerna, atau penyakit umum lainnya. Peradangan atau penyakit pada bagian-bagian ini menyebabkan hal serupa seperti pada faktor yang pertama.Sebagai contoh,penyakit tuberkulosis (TBC paru) menyebabkan bau mulut agak amis, diabetes menyebabkan bau mulut seperti aceton (cairan pembersih cat kuku)

Faktor ketiga adalah konsumsi makanan dan minuman yang bisa meninggalkan bau setelah beberapa jam mengonsumsinya,misalnya petai, kopi, atau minuman keras.

Penelitian menunjukkan 85-90% penyebab bau mulut disebabkan adanya kelainan rongga mulut, baik karies gigi maupun infeksi jaringan penyangga gigi. Selain itu, sisa makanan yang tertinggal di mulut dapat menyebabkan bau mulut. Ada ratusan spesies bakteri tinggal di mulut kita,dan sebagian besar dari mereka mencerna protein sehingga menghasilkan senyawa yang mengandung belerang yang mudah menguap dan menimbulkan bau mulut.

Aditya menyarankan selama bulan puasa memberikan perhatian ekstra dengan menyikat gigi dua kali sehari pada waktu yang tepat, yakni setelah makan sahur dan malam sebelum tidur.Hindari tidur setelah makan sahur dengan kondisi gigi dan mulut yang masih ada sisa makanan,dan tidak mengonsumsi makanan dan minuman yang beraroma tajam.

Selain itu, ada baiknya juga untuk memeriksakan kondisi kesehatan gigi dan mulut ke dokter gigi sebelum memasuki bulan suci Ramadan,” saran Aditya. Brand Manager Pepsodent PT Unilever Indonesia Amalia Sarah Santi mengatakan, sosialisasi dan edukasi mengenai pemeliharaan kesehatan gigi dan mulut selama berpuasa sangat diperlukan.

Hal ini untuk mengenali dan menemukan solusi tepat untuk kebutuhan kesehatan gigi dan mulut selama berpuasa. “Dengan solusi yang tepat, menjalankan ibadah puasa pun akan lebih terasa nyaman,” ujarnya.




semoga Berkenan :)

maaaf kalau repost​
 
Bls: Kurangi Bau Mulut saat Puasa

KIAT ENYAHKAN BAU MULUT

1. Bersihkan gigi dua kali sehari. Sebaiknya gosok gigi setelah makan sahur dan malam menjelang tidur.
2. Bersihkan sisa-sisa makanan menggunakan dentol floss yang berguna untuk mengangkat sisa makanan yang menyelip di sela-sela gigi.
3. Gunakan pasta gigi yang mengandung fluoride.
4. Gunakan obat kumur gigi.
5. Lakukan kontrol gigi 6 bulan sekali ke dokter gigi.
6. Sebelum puasa, periksa kesehatan gigi.

SIRIH ATAU CENGKEH PUN BISA
1. Ambil 2-3 bunga cengkeh. Panaskan dengan air secukupnya kurang lebih 5 menit, lalu dinginkan.
2. Berkumur dengan air rebusan ini beberapa kali sehari.
3. Berkumur dengan rebusan ramuan air sirih setiap pagi dan sore, atau bisa juga air sirih ini diminum.
4. Kumur dengan air hangat yang dicampur satu sendok teh garam juga bisa membantu mengurangi bau mulut.
 
Last edited:
Back
Top