Elemen-Elemen Dalam Motivasi

Redbastard

New member
ELEMEN-ELEMEN MOTIVASI


Pada dasarnya motivasi memiliki dua elemen, yaitu elemen dalam (inner component) dan elemen luar ( outer component ). Yang lebih lanjut diuraikan sebagai berikut:

A. Elemen Dalam ( Inner Component ).

Elemen ini berupa perubahan yang terjadi di dalam diri seseorang, berupa keadaan yang tidak puas, atau ketegangan psikologis. Rasa tidak puas atau ketegangan psikologis ini bisa timbul oleh karena keinginan- keinginan untuk memperolah penghargaan, pengakuan serta berbagai macam kebutuhan lainya.

B. Elemen Luar ( Outer Component ).

Elemen luar dari pada motivasi adalah tujuan yang ingin di capai oleh seseorang, tujuan itu sendiri berada di luar diri seseorang itu, namun menggarahkan tingkah laku orang itu untuk mencapainya.

Menurut Mc. Donald ( dalam Sardiman, 1988 ) Motivasi adalah perubahan energi dalam diri seseorang yang ditandai dengan munculnya Feeling dan didahului dengan tanggapan terhadap adanya tujuan. Dari pengertian yang dikemukakan Mc. Donald ini mengandung beberapa elemen penting, anatara lain:

a. Bahwa motivasi itu mengawali terjadinya perubahan energi pada diri setiap indivdu manusia. Perkembangan motivasi akan membawa beberapa perubahan energi di dalam sistem “ neuropsikological ” yang ada pada organisme manusia. Karena menyangkut perubahan energi manusia ( walaupun motivasi itu muncul dari dalam diri manusia ), penampakanya akan menyangkut kegiatan fisik manusia.

b. Motivasi ditandai dengan munculnya, rasa atau feeling,dan afeksi seseorang. Dalam hal ini motivasi relevan dengan persoalan-persoalan kejiwaan, afeksi dan emosi yang dapat menentukan tingkah laku manusia. Motivasi akan dirangsang karena adanya tujuan, jadi motivasi dalam hal ini sebenarnya merupakan respon dari suatu aksi, yakni tujuan. Motivasi memang muncul dari dalam diri manusia, tetapi kemunculanya karena terangsang atau terdorong oleh adanya unsur lain, dalam hal ini adalah tujuan, tujuan ini akan menyangkut soal kebutuhan.

Bagaiman Melihat Individu yang Memiliki Kebutuhan Berprestasi

Menurut Mc Clelland, kebutuhan berprestasi atau motivasi berprestasi tersebut munculnya sangat dipengaruhi oleh situasi yang sangat spesifik. Apabila individu yang didorong oleh kebutuhan atau motivasi berprestasi yang tinggi, maka akan nampak sebagai berikut:

a) Berusaha melakukan sesuatu dengan cara- cara baru dan kreatif.

b) Mencari feed back ( umpan balik ) tentang perbuatanya

c) Memilih resiko yang moderat (sedang) di dalam perbuatanya. Dengan memilih resiko yang sedang berarti masih ada peluang untuk berprestasi yang lebih tinggi

d) Mengambil tanggung jawab pribadi atas perbuatan-perbuatannya.

Semoga Bermanfaat[<:)
 
Bls: Elemen-Elemen Dalam Motivasi

pasti bermanfaat dunk kanda red...

kalau motivasi tersebut muncul dari dua elemen, malah bagus dunk?
 
Bls: Elemen-Elemen Dalam Motivasi

Insya Allah, Jeng Paid Mod Nyi Belang...

dalam keseharian, motivasi yang lebih banyak muncul bersumber dari elemen dalam ( inner component)

seperti yang kita ketahui mengenai penjabaran dari Inner Component itu sendiri :
Elemen ini berupa perubahan yang terjadi di dalam diri seseorang, berupa keadaan yang tidak puas, atau ketegangan psikologis. Rasa tidak puas atau ketegangan psikologis ini bisa timbul oleh karena keinginan- keinginan untuk memperolah penghargaan, pengakuan serta berbagai macam kebutuhan lainya.

salah satu kebutuhan dasar manusia selain kebutuhan sandang, pangan dan spirituil, adalah kebutuhan akan pengakuan dan penghargaan dari orang lain.. oleh karena nya, jika kita mampu menjaga konsistensi dari inner component tersebut dalam keseharian, kita bisa menjadi pribadi yang lebih dinamis.
 
Back
Top