Death Note ~A Complete Way To Die~

shisio

New member
3008781972_7b5ee76827.jpg


3007790545_a029c7ce42.jpg

Death Note adalah sebuah Manga hasil kolaborasi Obata Takeshi(ilustrasi) dan Ooba Tsugumi(cerita). Dan serialisasikan pada majalah komik Weekly Jump terbitan Shueisha dan tamat pada volume 12. Ide cerita Death Note sudah lama berada dalam pikiran Ooba. Ketika ia mencoba membuat manga, dia lalu mengirimkan 2 contoh skrip cerita ke Shueisha yang tertarik dengan ide cerita Death Note. Kebetulan saat itu Obata yang baru saja menyelesaikan Hikaru No Go mau membuat ilustrasi untuk Death Note. Saat membuat pilot chapter untuk Death Note, mereka belum pernah ketemu sama sekali, mereka hanya berhubungan lewat editor mereka. Setelah Death Note dimuat di WJ, barulah mereka berdua bertemu di pesta tahun baru Shueisha tahun 2003. Dalam pembuatan Death Note, Ooba terlebih dahulu menulis dialog dan memasukannya dalam beberapa panel, setelah disetujui oleh editor, draft tersebut dikirim ke Obata yang membuat ilustrasinya. Setelah ilustrasi selesai barulah dimasukan dialog. Death Note juga diangkat ke movie live action yang dibintangi oleh Fujiwara Tatsuya sebagai Light dan Matsuyama Kenichi sebagai L. versi animasinya sendiri diproduksi oleh Madhouse dan berakir pada episode 37. Dan review ini lebih mengarah ke versi manga.

(warning : buat kamu yang sementara lagi baca Death Note, saya harap jangan membaca thread ini, karena mengandung spoiler yang akan mengganggu kenikmatan kamu untuk membaca)

Jalan Cerita​
Manusia pasti mengalami apa yang namanya kebosanan, seperti yang dialami oleh Yagami Light, sampai suatu hari ia menemukan buku bersampul hitam yang bertuliskan Death Note. Ia tak percaya apa yang ditulis oleh buku itu, bahwa orang yang namanya ditulis di buku itu akan mati. Rasa tak percaya itu berubah menjadi shock ketika ia berhasil membunuh criminal di tv dan berandalan yang menggoda seorang wanita di pinggir jalan. Saking stressnya sampai ia berniat untuk membuang buku tersebut. Namun ia akhirnya menggunakan buku tersebut untuk mengeyahkan penjahat dan mewujudkan dunia baru dengan dirinya sebagai Tuhan. Lima hari kemudian, Ryuk, shinigami pemilik Death Note tersebut muncul di hadapan Light. Shinigami tersebut membiarkan bukunya dipakai oleh Light karena tertarik mendengar tujuan dari Light menggunakan buku tersebut.
Di hari yang sama, dunia internasional dikejutkan dengan kematian misterius puluhan penjahat. ICPO (International Crime Police Organization) berkumpul membahas masalah ini. Akhirnya dengan berbagai pertimbangan mereka akhirnya meminta bantuan L yang diwakili oleh Watari. Melalui laptop yang dibawa Watari, L memaparkan rencana untuk melacak pembunuhyang dijuluki Kira tersebut. Melalui program televise, seseorang bernama Lind L. Taylor mengatakan bahwa perbuatan Kira adalah kejahatan kejam dan itu adalah dosa. Light yang menonton siaran tersebut terpancing emosinya dan langsung menuliskan nama orang tersebut di Death Note. Dalam waktu 30 detik, pria itu mati. Tapi ternyata pria yang dibunuh itu bukan L, tapis eorang terpidana mati yang digunakan L untuk menjebak Kira. Melalui kejadian ini L tahu bahwa Kira tinggal di wilayah Kanto-Jepang. L sesumbar akan menangkap dan menghukum Kira, mendngar hal itu, Light semakin marah dan brtekad menghabisi L yang misterius itu.
Kepolisian Jepang yang dipimpin Oleh Yagami Souichiro bekerjasama dengan L mulai menyeliki Kira. Light bisa mengakses computer kepolisian, karena ayahnya adalah Yagami Souichiro. L mulai mencurigai bahwa Kira adalah anggota kepolisian sehingga ia meminta bantuan FBI untuk menyelidiki polisi yang terlibat dalam kasus ini. Tapi dengan kecerdasannya Kira berhasil membunuh semua agen FBI yang datang ke Jepang untuk menyelidiki kasus ini. Karena kasus ini, FBI mengundurkan diri dan Kepolisian Jepang merasa ketakutan. Karena itulah banyak polisi yang akhirnya mengundurkan diri dan hanya tersisa 5 polisi termaksud dengan Yagami sendiri. Melalui Watari, mereka berlima diundang untuk bertemu langsung dengan L. Mereka terkejut mengetahui bahwa L tidak seperti yang mereka duga. Tanpa membuang waktu L segera membeberkan rencananya. Beberapa hari kemudian L menerima kabar dari Misora Naomi, tunangan salah satu agen FBI yang dibunuh Kira (Raye Penber). Curiga kejadian ini berkaitan dengan Kira, L memerintahkan memasang kamera dan perekam tersembunyi di rumah 2 orang yang diselidiki olehRaye sebelum dia meninggal, yaitu rumah Yagami Souichirou dan wakilnya. Dengan kecerdikkannya Light mengetahui bahwa rumahnya diawasi dan bersikap biasa seakan tidak ada kamera yang terpasang. Meski tidak menemukan bukti, L masih tetap curiga sampai suatu saat di upacara masuk universitas, ia memperkenalkan diri sebagai L pada Light. Light terkejut melihat sosok cowok aneh aneh didepannya adalah L yang selama ini diincarnya dan mengincarnya. Ia ingin segera membunuh L, tapi ia ragu bahwa nama tersebut adalah nama aslinya. L sendiri mendekati Light dan mengajaknya masuk dan bergabung bersama tim penyidik Kira bersama ayahnya. Alasan lain L mengajak Light bergabung adalah karena munculnya surat dan video tape dari seseorang yang mengaku bernama Kira. Ternyata itu semua dilakukan untuk memancing Kira yang asli. Di hadapan Light, muncul Kira palsu yang sebenarnya adalah model terkenal Amane Misa. Misa yang didampingi shinigami Rem memiliki Death Note dan mata shinigami sehingga bisa melihat nama asli seseorang dan rentang umurnya. Begitu tahu hal ini, Light menerima perasaan cinta Misa padanya. Suatu hari L mengunjungi Light di kampus, tak lama kemudian Misa pun muncul untuk menemui Light. Gadis itu hampis saja keceplosan menyebut nama asli L kalau tak dicegah Light. Begitu Misa pergi, Light langsung meneleponnya. Namun ia kaget karena ponsel Misa ada di tangan L! Semuanya dilakukan L, karena ia curiga Misa sebagai Kira kedua. Tak lama kemudian Misa ditangkap dan disekap di ruang penyelidikkan. Rem menemui Light untuk meminta bantuannya karena tak tahan melihat penderitaan Misa. Kalau Light menolak, maka Rem akan membunuhnya. Akhirnya Light memberitahukan Ryuk-Rem rencananya membebaskan Misa.
Meski Misa sudah dibebaskan, L terang-terangan mencurigai Light dan Misa sebagai Kira. Beberapa kematian yang mencurigakan membawa L dan timnya menyelidiki Yotsuba Group. Mereka mencurigai Kira ada di dalam perusahaan tersebut. Dugaan itu tepat, karena Rem memberikan Death Note pada Higuchi, salah satu petinggi Yotsuba Grup. Dalam peristiwa pengejaran Higuchi, Yagami dan yang lainnya tak sengaja menyentuh Death Note sehingga mereka bisa melihat Rem. Pada saat yang sama, Light yang sempat kehilangan ingatannya tentang Death Note akhirnya ingatannya kembali setelah menyentuh Death Note. Light memanipulasi Rem untuk membunuh L dan Watari karena ia tahu bagaimana sayangnya shinigami tersebut pada Misa. Demi Misa, Rem melakukan hal yang terlarang bagi shinigami, yaitu membunuh manusia menggunakan Death Note. Pada saat bersamaan Watari dan L terkena serangan jantung, kemudian Rem menghilang menjadi pasir. Kira yang menyangka bahwa ia sudah menang, tak menyangka bahwa ada lawan baru yang bertekad untuk melawan Kira, yaitu Mello dan Near. Mereka adalah anak dari 2 panti asuhan yang sama dengan L dan yang dipersiapkan untuk menggantikan L. Tapi sayangnya, sampai akhir hayatnya, L tidak menyebutkan siapa yang akan menggantikannya. Mello yang merasa rendah terhadap Near menolak bekerjasama dengan Near, lalu meninggalkan panti asuhan dan menempuh jalan berbeda untuk Kira. Mello dan Near mulai mengejar Kira. Jika Mello menggunakan cara kekerasan, maka Near menggunakan cara halus untuk mendekati Kira, sampai Light nyaris kehilangan akal. Sepertinya kalian harus membaca komiknya untuk mengetahui bagaimana cara Near dan Mello menundukkan Kira!

Karakter​

light.gif

Yagami Light/Kira
[28 Februari 1986 – 28 Januari 2010]
Light selalu memperhitungkan setiap tindakkannya dengan seksama. Sulit membuktikan bahwa ia adalah Kira. Dengan adanya Death Note ditangannya, ia bertekad menciptakan dunia tanpa kejahatan. Awalnya hanya membunuhi penjahat, tapi kemuncullan L memojokkan Light sehingga ia menghabisi orang yang tidak bersalah. L berhasil membuatnya frustasi, tapi ia berhasil mengalahkan L dengan menggunakan Rem. Semua orang ia manipulasi demi mencapai tujuannya, bahkan kematian ayahnya dianggap sebagai dasar pembentukkan dunia yang diimpikannya. Light tidak menanggap orang lain sebagai teman selain “alat” semata. Ambisi membuatnya gila dan melenceng dari tujuan awalnya untuk menegakkan keadilan. Light beranggapan dirinya adalah Tuhan, sebenarnya ia hanyalah pemburu berdarah dingin.

l.gif

L / Ryuuzaki / L. Lowliet
[31 Oktober 1979 – 5 November 2004]
Kira membuatnya keluar dari tempat persembunyiannya dan mengadakan kontak dengan orang selain Watari. Penampilannya seunik kepribadiannya. L selalu jujur mengemukakan pendapatnya tanpa peduli orang sakit hati mendengarnya atau tidak. Bukanya ia tidak berperasaan, hanya saja L tidak membiarkan dirinya dikalahkan emosi. L bisa membaca langkah Kira karena tahu pembunuh tersebut sama seperti dirinya, benci kekalahan, namun ia mengawasi Light yang dicurigainya sebagai Kira. Ia tak keberatan mengorbankan dirinya sendiri, asal bisa menangkap Kira. L yang mencintai keadilan adalah lawan yang seimbang bagi Kira. Sayang, ia menemui ajalnya di tangan pembunuh tersebut.


nia.gif

Near / N / Nate River
[24 Agustus 1991 - ]
Sama seperti L, sifatnya rada aneh dan jarang menampakkan emosi. Cowok santai ini selalu dikelilingi mainan, bahkan saat ia sementara bekerja. Ia sangat mengutamakan hasil akhir, tidak peduli seperti apa prosesnya. Bagi Near, kegagalan adalah kegagalan. Berbeda dengan Nello, Near tidak membenci temannya tersebut. Andaikan mereka bersatu, Near yakin, ia dan Mello bisa mengalahkan Kira. Belajar dari kesalahan L, Near lebih berhati-hati untuk mendekati Kira dan baru menemuinya pada saat terakhir. Near tidak punya belas kasihan pada Light. Baginya, Light adalah pembunuh sadis. Apapun alasannya, ia tidak pernah menyetujui adanya pembunuhan.


mero.gif

Mello / M / Mihael keehl
[13 Desember 1989 – 26 Januari 2010]
Mello adalah kebalikkan dari Near dan L. Ia merasa rendah diri terhadap Near yang selalu mengunggulinya. Maniak coklat ini cukup berbahaya karena cenderung menggunakan kekerasan dalam beraksi. Dengan kepintarannya ia bersahabat dengan mafia yang membantu aksinya mengejar Kira. Ia bukanlah orang kejam, karena ketika temannya tewas, Mello terlihat menyesal. Kelemahan terbesarnya adalah membiarkan emosinya mengalakan akal sehat yang membawanya pada kegagalan. Mello menolak bekerjasama dengan Near menangkap Kira, namun berkat pengorbanannya Near mendapat bukti bahwa Light adalah Kira


misa.gif

Amane Misa
[25 Desember 1984 – 14 Februari 2011]
Kedua orangtuanya dibunuh oleh perampok, maka ia berterimakasih ketika perampok tersebut dibunuh Kira. Misa seharusnya tewas oleh stalker, tapi di tolong oleh shinigami Jelous yang mencintainya. Death Note miliknya didapatkan dari Shinigami Rem. Misa bakal melakukan apapun demi Light yang dicintainya. Sehingga Light memanfaatkannya habis-habisan. Kemampuan beraktingnya sangat membantu Light menjalankan semua aksinya. Misa lebih menuruti emosi daripada mengikuti akal sehat.


soichiro.gif

Yagami Souichirou
[12 Juli 1955 – 11 November 2009]
Ayah Light ini adalah polisi yang ditugaskan dalam seksi khusus kasus Kira. Yagami mendedikasikan hidupnya demi mengejar Kira, bahkan ia rela keluar dari kepolisian demi tekadnya tersebut. Berat bagi Yagami menghadapi tuduhan Light adalah Kira, tapi ia menguatkan hatinya membiarkan L mengintrogasi putra kebanggaannya itu. Sadar ia melibatkan banyak orang dalam penyelidikan berbahaya, Yagami membuat perjanjian dengan Ryuk menukar mata Shinigami.


watari.gif

Watari / Quillsh Wammy
[1 Mei 1933 – 5 November 2004]
Merupakan perantara L dengan polisi sebelum tim penyelidikkan dibentuk. Pria tua ini menciptakan banyak barang-barang pentig yang dipakai dalam penyelidikkan seperti badge palsu dan ikat pinggang yang bertransmisi langsung dengan ponsel Watari. Watari sebenarnya pencipta terkenal yang mendirikan banyak panti asuhan dengan uang hasil paten ciptaannya. L, Mello, dan Near dibesarkan dipanti asuhan miliknya.


matsuda.gif

Matsu Touda
[14 Desember 1978 - ]
Anak buah ayah Light. Polos, kadang ngomong seenaknya dan ceroboh merupaka sifat Matsuda. L sering kesal dengan kecerobohan Matsuda, tapi ia membiarkan dirinya tetap dalam grup. Mereka. Ia rela berkorban demi kesuksesan penyelidikkan, makanya ia rela menawarkan diri menukar mata shinigami dengan Ryuk. Matsuda mengidolakan Yagami dan menyukai Light. Sehingga ia amat kecewa tahu Light adalah Kira.


mikami.gif

Mikami Teru
[7 Juni 1982 – 7 Februari 2010]
Sejak kecil Teru mempunyai rasa keadilan yang cukup tinggi. Teru selalu membela siapapun yang lemah meski pada akhirnya ia juga yang ditindas. Ia percaya, bahwa untuk menegakkan keadilan, orang-orang jahat harus dimusnahkan dari dunia ini. Kehadiran Kira yang seakan mendukung pemikirannya membuat Teru bahagia, apalagi setelah Kira mengirimnya Death Note. Kesetiaan Teru pada Kira yang dianggapnya sebagai Tuhan tidak perlu diragukan lagi, namun kesetiaan buta tersebut menjerumuskan keduanya pada kehancuran.


ryuku.gif

Shinigami Ryuk
Shinigami Jantanpemilik asli Death Note yang dipegang Light. Ryuk sengaja menjatuhkan Death Note ke dunia manusia supaya dipunggut seseorang. Shinigami maniak apel ini mengikuti Light karena tertarik pada apa yang dilakukannya dengan Death Note. Hubungannya dengan Light tidak sedalam Rem-Misa, namun ia terharu melihat Light masuk universitas. Ia mengaku tidak berpihak pada siapapun, tapi beberapa kali membantu Light yang dalam kesulitan. Ia mengingatkan Light bahwa pemilik Death Note akan mati mengenaskan, sayang peringatan itu dianggap angin lalu.


remu.gif

Shinigami Rem
Dari shinigami inilah Misa mendapatkan Death Note. Shinigami betina ini membenci Light karena tahu cowok ini memanfaatkan Misa. Rem rela melakukan apapun untuk melindungi Misa yang disayanginya. Oleh karena itu ia rela bekerjasama dengan Light. Rem tidak bisa membunuh cowok itu karena tahu Misa akan bersedih, dan ia tidak bisa membiarkan L hidup karena suatu saat L bakal menangkap Misa. Dihadapkan pada dua pilihan sulit, Rem memilih untuk membunuh L dan Watari, lalu ia menghilang menjadi pasir.


3008629572_1912de903d.jpg


kalo berkenan, mohon bintangya....
 
Bls: Death Note ~ A Complete Way To Die

seperti yang aku bilang tadi, tergantung sumbernya, salah satu sumbernya pake bahasa jepang! mati aku!!!
 
Bls: Death Note ~ A Complete Way To Die

hmm?? belum semuanya?
masih ada lagi??
ahya mungkin tentang kelanjutannya?
 
Bls: Death Note ~ A Complete Way To Die

kok, aku baru sadar, betapa kerennya thread yang kubuat ini!!
yang aku maksud belum semuannya adalah segi lain dari death note. review ini udah cukup kok! memang, ada sih karakter yang ga ada seperti adiknya Light dan 2 shinigami lainnya.
apa angyo onshi mo kubuat lagi ya?

judul yang aku taruh "Death Note ~A Complete Way To Die" cuma kukarang sendiri lho!
 
Bls: Death Note ~ A Complete Way To Die

kwkwk, narsis sendiri.
iyaya...mana sayu?? adik ipar misa??

lahh, ga usah bro, shin angyo udah bagus kok,
apalagi udah ditambah sama postingnya yang udah kita rombak abis-abisan..kqkqkwkw

"death note a complete way to day"
kwkwkwk, emang kerennn.. kreatif juga yak...jiahhhh
 
Bls: Death Note ~ A Complete Way To Die

judulnya sempat dipikir waktu jalan ke wc tadi! oh, ya padaku ada replika buku death note, nanti aku mo lengkapin pake peraturan di death note, gimana?
 
Bls: Death Note ~ A Complete Way To Die

nanti besok aku masukin, dan diedit disini. soalnya aku ga bawa.
 
Bls: Death Note ~ A Complete Way To Die

udah liat versi animasinya blom? endingnya beda sama komiknya, tapi kebanyakan versi komik ma animanya agak beda dikit...
versi manusia filmnya juga beda...pemeran-pemerannya pada ga asik ahh...
apalagi si cakep pacar misa...huuuuu
 
Bls: Death Note ~ A Complete Way To Die

keren.. keren..
untuk aku yang cuma nonton versi manusianya, ini nambah pengetahuan deh.
satu bintang untukmu yah shio..
 
Bls: Death Note ~ A Complete Way To Die

makasih parker blue! kalo versi animenya aku blum nonton, kebetulan aku lagi baca ulang death note manga.
 
Back
Top