Mitologi Nordik, ada hubungannya dengan mitologi lain kah?

KILLUA_ZAOLDYEK

New member
dari sekian banyak mitologi di dunia, mitologi nordik (norse) lah yang paling saya sukai. Tapi yang masih membuat saya bingung adalah: "Dari mana mitologi ini berasal?" dari struktur ceritanya saya kira hampir mirip dengan mitologi hindu dimana ada tiga dewa utama. Kalau di Norse ada Odin, Hœnir, dan Lodur. maka di Hindu ada Brahma, Wisnu, dan Siwa.

ada yang mau bagi2 pengetahuan tentang ini?

hmmm....
 
Bls: Mitologi Nordik, ada hubungannya dengan mitologi lain kah?

Loh bukannya dah baca wikipedia? Mang ga di jelasin di situ bos? Mslh mirip sm hindu ato ga sebenarnya juga ga bisa di samain dong, dlm mitologi Yunani/Romawi juga mempunyai 3 dewa utama Zeus, Hades dan Neptune. Merekalah penguasa langit dan bumi dalam mitogi Yunani. Kl loe mau tau banyak coba deh install Gim Age of Mythology, d situ ada sejarah dewa2 dari Nordik, Yunani dan Mesir. Dan gw rasa lumayan lengkap karena berikut dewa-dewi minor mereka seperti Aphrodyte, Horus, atau Loki.
 
Bls: Mitologi Nordik, ada hubungannya dengan mitologi lain kah?

3 dewa utama itu ada dmana2 bung bahkan ampe agama sekarang juga dipakek. Sistem trinitas itu namanya. Yang norse juga pengaruhin inggris bnget, trlhat dari kisah arthur yang punya kmiripan dngan ksah pedang odin. Bangsa viking yang barbar (anggapan orang dulu) telah ngebawa tanda tanya tentang bagaimana kepercayaan mereka dulu. Sehingga banyak yang tertarik mempelajarinya. Bahkan karya oxford, LOTR juga trpengaruh ini. Kisah nibelung ringnya. Trus kisah pemberontakan mkhluk titan dngan dewa olympus, juga sama dengan kisah ragnarok dmana para dewa brtmpur.

Kisah sang pemimpin yang licik juga sama. Odin, ingin ngambil siapa gitu gw lupa, sama seperti kisah aphrodite dari roma. Akhr kisahnya juga sama yaitu tercipta 4 musim.

Bisa diliat dari para deities yang kurang lebih sama. Dewi identik dengan, perlindungan, kesuburan pangan, kesuburan sex, pnjaga neraka : inana (persia), hel (norse), aphrodite (yunani), dewi sri (indonesia).
Dewa identik dengan perang, kekuatan, kbijaksanaan, kepemimpinan: zeus, odin, jupiter.

Banyak yang bisa di samain kalo pagan gini. Soalnya mereka bersumber pada satu kepercayaan yang dibawa penyair kemana2. Tinggal di ubah2 nama, lokasi, sama sdikit maju mundur klimaks.

Yang ngebuat norse sangat terkenal, karena legenda mereka kurang lebih menceritakan peperangan. Sangat cocok buat game2 apalagi buku. Alasan viking di bilang barbar karena mereka emang gila perang :D
 
Bls: Mitologi Nordik, ada hubungannya dengan mitologi lain kah?

boleh boleh boleh, tapi kalau masalah duluan adanya, menurut anda mitologi mana dulu yang pertama kali tercipta. soalnya kan kebanyakan mitologi hampir sama tipe dan jalan ceritanya, bukankah berarti itu semua berasal dari satu sumber yang sama?

kalau dari satu sumber, berarti mitologi mana yang duluan ada?
 
Bls: Mitologi Nordik, ada hubungannya dengan mitologi lain kah?

Hmm. . .Mitologi dari afrika. . .Semua kehidupan dan sumber berasal dari sana. . .
 
Bls: Mitologi Nordik, ada hubungannya dengan mitologi lain kah?

oh ya? mitologi tentang apa tuh?
 
Bls: Mitologi Nordik, ada hubungannya dengan mitologi lain kah?

Yang pasti beda dari semuanya. . .Hehehe. Gw cuma berasumsi menurut pendapat saia. Soalnya kan afrika itu diperkirakan awal peradaban manusia. Bukan manusia adam, tapi manusia purba. Jadi, gw brpendapat mitologi yang mayoritas pagan seperti nordik ini, berawal dari afrika. . .Soalnya, gw yakin maupun itu manusia purba, pasti brtanya, tujuan hidup untuk apa :)
 
Bls: Mitologi Nordik, ada hubungannya dengan mitologi lain kah?

Bukannya mitologi tu kebanyakan diceritakan secara lisan? Kapan, siapa dan dimana mitologi tu dibuat bnyk org yg ga tau. Dan biasanya mitologi dibuat untuk menjelaskan sesuatu yg manusia tidak mengerti, misalnya aja cerita dewa2 yg membuat bumi dan lain sebagainya.

Mitologi juga jadi ajang hiburan buat org2 jaman dulu. Hiburan yg mereka punya waktu itu tentu saja belum secanggih sekarang, dan mereka membutuhkan hiburan untuk melepaskan diri dari rasa penat setelah bekerja seharian. Makanya dibuatlah mitologi2 yg kita kenal sekarang. Bahkan di dunia modern, mitologi tetap hidup hanya berubah bentuk aja. Ga percaya? Coba kalian ke toko buku, stand yg paling rame biasanya buku komik kan? Nah, itulah mitologi modern. Bayangkan memang ada orang sesakti Superman, atau sekuat tokoh Dragon Ball di dunia nyata? Kalaupun ada tokoh yg diambil dari kalangan manusia "biasa" mereka tentu punya kelebihan yg ga dimiliki manusia kebanyakan, misalnya semangatnya yg berapi2 atau kemampuan lain yg walaupun kelihatannya masuk akal tapi sangat sulit diterapkan dlm kehidupan nyata.

Btw semua mitologi tu dr Afrika? Memang ada buktinya? Ga semua manusia purba tu datang dari Afrika, kalo memang semua manusia purba datang dari Afrika tolong jelaskan tentang Pithecanthoropus Erectus, kenapa ni manusia purba beda dengan manusia purba yg ditemukan di Afrika atau kenapa Neanderthal yg dikatakan penghuni Eropa jaman dulu koq bisa sangat berbeda dengan Homo Sapien (ras manusia saat ini), padahal mereka sempat hidup di jaman yg sama.
 
Bls: Mitologi Nordik, ada hubungannya dengan mitologi lain kah?

Benar tujuan mitologi itu seperti itu. Dan juga secara lisan itu benar. Tapi juga ada yang secara tertulis! Plato pernah menulis tentang para dewa dalam dionysus. . .Trus atlantis. . .Perang ragnarok juga trtulis dan perang mahabarata juga tertulis. Namun, penyebaran sebelumnya sebelum berkembang jadi seperti sekarang adalah, karena lisan. Sehingga, bagi mereka yang suka akan mengklaim itu cerita daerahnya dan di kembangkan. Cuma sekarang aja claim itu dilarang. Atau mungkin juga, ketika invasi perluasan daerah, mereka menyebarkan agama pagan ini lewat lisan. Atau ketika daerah tertentu di taklukan, sehingga hartanya jadi rampasan, terus bertemu buku dari peradaban lain dan takjub.

Mengenai afrika itu pendapat saia. Kalian mengerti kan alasan afrika sebage benua tertua? Karena daratan itu tandus yang paling tua. . .Sehingga orang2 berasumsi tentang dulu daratan itu kaya dan hijau seperti pulau madagaskar. Gitu. . .Nah tentang manusia purba, hihihi. . .Saia tahu bnyak yang tersebar dimana2. Dan saia gak tau knapa berbeda, bukan ahli sejarah sih. . .Tapi, kalau misalnya menurut gw, karena manusia purba baik yang dimana aja, bukan merupakan satu kesatuan atau satu nenek moyang. Mereka beda nenek moyang.

Terus kalau kita bicara mitologi berawal darimana, kita kembali ke sejarah awal manusia. Nah mangkanya gw bilang afrika, berdasar kepada pendapat pribadi. Terus, peradaban mesir saja di katakan dalam sejarah sebagai peradaban tua. . .Lebih dulu muncul. . .Gitu kira2 :)
 
Bls: Mitologi Nordik, ada hubungannya dengan mitologi lain kah?

klo dilihat dari komposisi ceritanya dari mitologi yg ada,

sepertinya itu dari 1 sumber yang sama, tetapi di ceritakan kembali dengan cara yg berbeda sehingga menimbulkan perbedaan nama dewa penguasa, alur cerita yg disesuaikan berdasarkan perkembangan negra masing2, dll
 
Bls: Mitologi Nordik, ada hubungannya dengan mitologi lain kah?

Iya :)
ato mungkin saja, dewa itu manusia biasa yang mengembara. Jadi ketika tiba dinegara berbeda, di sebut beda. . .
 
Bls: Mitologi Nordik, ada hubungannya dengan mitologi lain kah?

atau mungkin "dewa" itu adalah tukang cerita yg mencari makan dengan menceritakan hal2 ajaib bin aneh dari suatu daerah ke daerah lain, jadi ada kemungkinan mitologi2 yg ada mempunyai banyak kemiripan.
 
Bls: Mitologi Nordik, ada hubungannya dengan mitologi lain kah?

Heeh. . .Tapi kalo dewa itu sebage subjek juga, ceritanya akan diragukan. Biasanya sih, para penyair menceritakan dewa itu sebage objek. Jadi ketika ditanya apa buktinya dewa itu ada? Maka ia menunjukkan hal2 yang tak bisa dilakukan manusia. . .

Ada juga jenis dewa dalam mitologi mesopotamia (daerah sekitar babilonia kalau sekarang). Sebenarnya sih tehniknya hikayah dalam ceritanya (tehnik yang cerita biasa lalu di lebay2kan). Tw gilgamesh kan? Itu juga sama (bukan persis, cuma ada kemiripan aja) seperti hercules atau beowulf. Pahlawan yang mampu berkomunikasi dengan dewa lalu melawan monster. . .Tapi keren. . .Semoga kehidupan mereka punya mamfaatnya bagi kehidpan skarang. Amin:)
 
Bls: Mitologi Nordik, ada hubungannya dengan mitologi lain kah?

Mitologi bisa terbentuk dan dipunyai oleh negara manapun, karena memang semua itu bagian dari peradaban sejarah. Tetapi kita bisa membedakan dari umur tiap metologi tersebut, dan memang benar metologi tertua pasti berasal dari negara yang mempunyai peradaban terlebih dahulu, seperti afrika dan timur tengah. Metologi tercipta atau terjadi karna masyarakatnya mencari sosok untuk di agungkan, dan terjadilah budaya salah kaprah, dengan menciptakan patung-patung atau benda2 yang didewakan. Dan dengan berjalannya waktu kepercayaan tersebut dijadikan landasan kepercayaan. Ini dikarenakan pada saat itu masih teramat minimnya tingkat pengetahuan manusia terutama di bidang teknologi, realita, visi dan psikologi. Dgn semakin berkembangnya ilmu pengetahuan dan semakin banyaknya orang2 pinter mulailah manusia mengerti tentang perbedaan apa itu yang nyata dan tidak. Jelas sekali pada jaman dahulu syirik banyak memperbudak manusia. Padahal kita sadari manusia makhluk yg paling sempurna, tetapi dahulu pd kenyatannya manusia malah mengagumi makhluk yang derajatnya dibawahnya. Tetapi setidaknya dengan pembelajaran dari sejarah metologi membuat manusia2 jaman sekarang mengerti dan lebih beradab, bahkan lebih mengerti bahwa manusialah makhluk paling sempurna yg telah diciptakan oleh Sang Pencipta. So, ngapain kita tetep bekerjasama dengan makhluk selain manusia, sisamping bisa merendahkan derajat kita, itu juga jelas dosa. Sejarah yang tidak baik penting untuk dipelajari, bukan untuk diulangi, karna itu adalah suatu kemunduran dan kebodohan.
 
Bls: Mitologi Nordik, ada hubungannya dengan mitologi lain kah?

Dobel maap
 
Last edited:
Bls: Mitologi Nordik, ada hubungannya dengan mitologi lain kah?

Wah nice speech. . .Yah orang2 emang kodratnya kbnyakan doyan yang mitologi nordik. Karena banyak contohnya. Mulai dari buku fiksi ampe game . . . Rata2 makek mitologi nordik. Konon, orang2 mengapa memakai mitologi itu krena jaman dulu inggris gag punya mitos tentang dewa. Jadi, ada beberapa karakter yang di ambl olehnya. Ini kata jrr tolkien loh!! Gw yakin afrika pencipta mitologi, diliat dari kisah penciptaan manusia dari suku bushmen (yang di god must be crazy). . .Thread penciptaan manusia msh ada di sub forum yang sama. . .Jadi, kalau suku bushmen sendiri mengakui kalau mereka brasal dari inner earth, pastilah ini yang paling tua

yang pasti mitologi berguna buat gw. Buat bikin crta bru
 
Back
Top