Hindari keluarga dari Penyakit Hipertensi Paru-Paru

andree_erlangga

New member
Hipertensi atau tekanan darah tinggi merupakan penyakit yang banyak dijumpai di masyarakat, tetapi hipertensi paru-paru? Penyakit apa pula itu?

Hipertensi Paru-Paru/Pulmonal Hypertension (PH) tidak ada kaitannya dengan tekanan darah tinggi. Ini merupakan penyakit di mana tekanan di pembuluh darah tidak normal, yaitu pembuluh arteri yang mensuplai darah tertekan dan menyebabkan tekanan darah di pembuluh meningkat. Akibatnya, darah sulit melewati paru-paru sehingga jantung harus memompa lebih kencang untuk dapat mengurangi tekanan tersebut.

Penyakit ini memang kurang diketahui masyarakat, padahal menyerang banyak orang pada usia produktif dan bisa menyebabkan kematian. PH terutama menyerang perempuan pada usia 20-an dan 40-an. Namun, PH juga dapat menyerang pria, anak-anak dan orangtua. Jika tidak diobati, harapan hidup penderita PH kurang dari tiga tahun.

Penyebab PH umumnya sulit diketahui, tetapi orang yang beresiko terkena penyakit ini adalah mereka yang menderita penyakit jantung bawaan, infeksi HIV, penyakit yang berhubungan dengan jaringan, penggumpalan darah, kegemukan atau kelainan di jaringan ikat.

kompas.com
 
Back
Top