Gender Guru Mempengaruhi Prestasi Murid?

andree_erlangga

New member
Sebuah hasil penelitian yang bisa memicu perdebatan dipublikasikan belum lama ini dalam jurnal Education Next. Penelitian tersebut menyebutkan bahwa sebaiknya seorang murid diajar oleh guru yang memiliki jenis gender sama.

Penelitian tersebut dilakukan oleh Thomas Dee, seorang profesor ekonomi di Swarthmore College dan Stanford University. Meski menghadapi pro dan kontra tetapi Dee tetap berkeyakinan bahwa gender berpengaruh dalam cara mengajar seorang guru.

Dee tertarik untuk melakukan penelitian karena ia melihat proporsi gender guru di AS tidak seimbang dalam kurun waktu 40 tahun terakhir. Guru perempuan yang ada di sana hampir mencapai 80 persen.

Ia lalu membuat semacam tes penilaian tentang persepsi diri yang dilakukan oleh para murid dan guru. Hasilnya, murid perempuan yang diajar oleh guru perempuan prestasinya meningkat, sedangkan murid laki-laki nilainya turun dalam bidang bahasa Inggris, ilmu sosial dan science.

Sebaliknya, ketika murid laki-laki tersebut diajar oleh guru pria, nilai akademik mereka meningkat, tapi tidak dengan murid perempuan. Selain mempengaruhi nilai akademik, menurut Dee, gender guru juga berpengaruh dalam sikap dan perilaku para murid.

Sebagai contoh, dalam kelas yang dipimpin oleh guru perempuan, murid laki-lakinya cenderung suka mengganggu di kelas, sedangkan murid perempuan lebih penuh perhatian dan mudah diatur.

Bagaimana dengan kelas yang gurunya seorang pria? menurut Dee, para murid perempuan di kelas itu biasanya bersikap tak acuh dan malas bertanya karena menganggap pelajaran yang diberikan kurang berguna.

kompas.com
 
Back
Top