Kongres Amerika didesak bantu warga Australia

naruto

New member
Kongres Amerika didesak bantu warga Australia
Canberra (Espos)
Hampir separuh dari anggota parlemen Australia, Jumat (2/2), menandatangani surat yang ditujukan kepada Kongres Amerika Serikat yang didominasi oleh Partai Demokrat.
Dalam surat tersebut mereka meminta agar Kongres AS ikut terlibat dalam penanganan tersangka teror asal Australia yang ditahan di Teluk Guantanamo.
Surat tersebut dikirimkan via faksimile tertuju kepada juru bicara DPR AS Nancy Pelosi untuk meminta Kongres memastikan bahwa David Hicks, yang bergabung dalam kelompok Taliban tidak disidang oleh komisi militer di pangkalan angkatan laut AS di Kuba itu.
Menurut partai-partai oposisi, surat ini ditandatangani oleh 96 senator dan anggota-anggota DPR Australia. Jumlah total anggota parlemen federal adalah 226 orang. Satu-satunya anggota kubu pemerintah tengah-kanan Perdana Menteri John Howard yang menandatangani surat itu adalah Barnaby Joyce, senator independen dari koalisi junior, Partai Nasional.
Joyce mengatakan, sebagian lain dalam pemerintahan sebenarnya mendukung surat itu, namun karena alasan politik mereka menolak menandatanganinya. ?Dari sudut pandang politik, hal ini menjadi opini mayoritas, itu adalah proses yang berubah menjadi prinsip hukum,? ujar Joyce.
Lyn Allison, pemimpin oposisi Demokrat Australia mengatakan dia kecewa hanya ada satu anggota dari kubu pemerintah yang mau menandatangani. ?Surat itu akan lebih kuat jika mereka (pemerintah-red) menandatangani. Namun demikian, ini sudah menunjukkan perasaan Parlemen Australia yang terdalam dalam masalah ini,? ujar Allison kepada salah satu stasiun radio Australia. - tya/AP
 
Back
Top