Uni Eropa Gelar Debat Perluasan Larangan Merokok

andree_erlangga

New member
Uni Eropa kemarin menggelar pembahasan yang memungkinkan perluasan larangan merokok di tempat-tempat umum. Kebijakan itu telah diterapkan di beberapa negara Eropa seperti Irlandia.

Ketua Komisi Kesehatan Uni Eropa, Markos Kyprianou meluncurkan sebuah dokumen diskusi yang menyerukan larangan merokok di tempat-tempat kerja termasuk restoran dan bar. Setelah satu debat yang melibatkan pemerintah, kalangan industri dan kelompok konsumen, eksekutif Uni Eropa bakal mengajukannya ke parlemen Uni Eropa.

"Faktanya, para perokok pasif telah meninggal. Siapapun yang mengklaim hal itu tidak terbukti hanyalah memperolok diri sendiri," tegas Kyprianou.

Sejauh ini semua anggota dari 27 negara Uni Eropa telah punya aturan pembatasan merokok di area publik. Tapi perluasannya bervariasi diantara negara.

Irlandia menjadi negara pertama di dunia yang meluncurkan larangan merokok di restoran, pub dan tempat kerja tertutup lainnya pada 2004 saat pemerintah Jerman berjuang memperkenalkan larangan yang relatif lebih moderat. Tahun ini Prancis menyusul Irlandia dengan aturan bervariasi.

tempointeraktif.com
 
Back
Top