'Manusia, penyebab pemanasan global'

andree_erlangga

New member
Perubahan iklim dunia "sangat mungkin" disebabkan oleh manusia, kata kelompok ilmuwan terkemuka.

Panel Antarpemerintah tentang Perubahan Iklim (IPCC) mengatakan, kegiatan manusia mungkin menaikkan suhu bumi antara 1,8 hingga 4 derajat Celsius dalam satu abad ke depan, kata mereka .

Lembaga itu juga memproyeksikan bahwa permukaan laut sangat mungkin naik setinggi 28-43cm, dan pemanasan bumi mungkin mempengaruhi intensitas badai tropis.


PERKIRAAN IPCC
Probabilitas kenaikan suhu antara 1,8 sampai 4 Celcius
Kemungkinan kenaikan suhu antara 1,1 sampai 6,4 Celcius
Permukaan air laut kemungkinan besar naik 28-43 cm
Es Kutub Utara menghilang 50 tahun lagi
Kemungkinan kenaikan gelombang udara panas
Kemungkinan kenaikan badai tropis

Temuan ini merupakan yang pertama dari empat laporan IPCC yang akan diterbitkan sepanjang tahun ini.

BBC - homepage - Home of the BBC on the Internet
 
Pemansan global:D:D, ini bukan hal yg baru kita dengar. BTw, yg buka thread ini tau gak penyebab utama pemanasan global??? menurut gw secara umum segala kerusakan di bumi memang disebabkan oleh manusia.
Jadi pgn tau siapakah para ilmuwan terkenal yg disebutkan oleh BBC, menurut saya artikel ini tidak detail. Judulnya manusia penyebab pemanasan global, tapi tdk dipaparkan apa yg menyebabkan para ahli mengclaim manusia penyebabnya.
 
selain karena di sebabkan oleh manusia (baik karena pertumbuhan jumlah kependudukan dan juga tingkat ketergantungan manusia akan energi meningkat) juga boleh jadi ini juga adalah bagian dari siklus hidup dan kehidupan alam semesta.
Mungkin jawabannya bukan ilmiah, paling tidak itu pendapat saya... :))
 
Buat yg buka thread, saya baca artikel yg berjudul "suhu bumi mungkin akan stabil" di BBC, apakah ini sumber postingan anda??? karena sy mendapati kejanggalan2, di artikel tsb disebutkan:

"Kami memperkirakan pemanasan global akibat tindakan manusia terjadi pada saat yang bersamaan dengan perubahan di alam. Dan penelitian seperti ini penting untuk memastikan perhatian kita tidak bergeser dari perubahan jangka panjang yang akan terjadi (sebagai akibat dari emisi gas rumah kaca)."

Dipaparkan dlm artikel tsb bahwa bukan hanya manusia saja penyebab pemanasan global tp juga perubahan alam. Klo anda membaca lebih jelas lagi artikel tsb mungkin anda bisa mendapati faktor2 alam apa saja yg terkait dg pemanasan global.:)
 
Yoii karenaaa dahulu nyaaa manusiaa ga memperhitungkann apa yg diciptakannyaaa

jadii deeee barang2 ciptaan nya menjadi permasalahan di saat sekarang :wink:
 
Perubahan iklim dunia "sangat mungkin" disebabkan oleh manusia, kata kelompok ilmuwan terkemuka.

Panel Antarpemerintah tentang Perubahan Iklim (IPCC) mengatakan, kegiatan manusia mungkin menaikkan suhu bumi antara 1,8 hingga 4 derajat Celsius dalam satu abad ke depan, kata mereka ......
BBC - homepage - Home of the BBC on the Internet

wAh tp kLo manuSia keGiatannya terbAtas susAh duNk hehehe
mNgkin kRna kiaMat suDah dekAt yhaaa?(hehe gak nYambung)
 
SEBAGIAN besar responden yakin diperlukan langkah besar dan segera untuk menangani pemanasan global. Lebih dari 22.000 orang di 21 negara diminta pendapatnya dan hasilnya menunjukkan ada kesepakatan besar mengenai isu ini.

Jajak pendapat ini diterbitkan sehari setelah 150 negara bertemu di PBB untuk membahas perubahan iklim. Sekitar 79% responden survei BBC ini sepakat "tindakan manusia, termasuk di bidang industri dan transportasi, merupakan penyebab besar perubahan iklim."

Sembilan dari 10 orang mengatakan diperlukan suatu tindakan, dan dua per tiga responden bahkan mengajurkan lebih jauh, dan mengatakan "perlu diambil langkah-langkah besar dan segera."

Tidak ada satupun mayoritas responden di satu negara yang mengatakan tidak diperlukan tindakan apapun untuk mencegah perubahan iklim. Survei itu dilakukan oleh perusahaan peneliti Globescan dan organisasi Program on International Policy Attitudes (Pipa) di Universitas Maryland, Amerika Serikat.

Direktur Globescan Doug Miller mengatakan kesadaran yang semakin meningkat mengenai pemanasan global membangunkan perhatian warga dunia. "Dampak cuaca yang aneh terhadap properti mereka, terhadap mereka secara individu dan terhadap negara mereka sekarang tampak nyata bagi masyarakat dunia."

Dia mengatakan "kekuatan berbagai temuan ini membuat kita sulit membayangkan lingkungan opini publik yang lebih mendukung bagi para pemimpin nasional untuk memberi komitmen memperbaiki iklim."

'Tidak ada waktu'

Survei ini menunjukkan dukungan meluas (73% responden) bagi kesepakatan internasional untuk membatasi emisi gas rumah kaca, termasuk di negara-negara berkembang. Sebagai imbalannya, negara-negara berkembang akan mendapatkan bantuan keuangan dan teknologi dari negara-negara kaya.

Hanya di Mesir, Nigeria dan Italia sebagian masyarakatnya berangggapan negara-negara berkembang seharusnya tidak diharapkan untuk membatasi emisi. Mayoritas di sejumlah negara berkembang penting setuju agar negara-negara seperti Cina (68%), Brazil (63%) dan Indonesia (54%) dibatasi.

Hari Senin Sekretaris Jendral PBB Ban Ki-moon mengatakan dalam sebuah pertemuan tingkat tinggi PBB mengenai perubahan iklim bahwa "waktu untuk meragukannya sudah lewat".

Ban berharap dapat mendesak diadakannya perundingan politik mengenai pemanasan global dalam konferensi yang akan diadakan di Bali bulan Desember mendatang. "Bila kita tidak bertindak sekarang, dampak perubahan iklim akan sangat menghancurkan," katanya.

Wakil-wakil dari sekitar 150 negara, termasuk 80 kepala negara, ikut dalam pertemuan yang diadakan sehari sebelum sidang Majelis Umum PBB dimulai di New York.

Akan tetapi, Presiden Amerika George Bush tidak hadir. Bush menjadi tuan rumah sendiri dalam pertemuan mengenai perubahan iklim yang dihadiri 16 negara "pembuang gas rumah kaca besar" di Washington hari Kamis dan Jumat.

Ada serangkaian laporan ilmiah dalam beberapa bulan terakhir yang menunjukkan peran utama manusia dalam menyebabkan perubahan iklim. Beberapa hari yang lalu para ilmuwan pemerintah Amerika membenarkan bahwa tahun ini jumlah es yang mencair di kawasan laut Artik lebih besar dari tahun-tahun sebelumnya.(Sumber: BBC)
 
kita kan udh pada tau kalo global warming tuh lagi marak2nya sekarang.. mungkin ya..nurut gwe.. kenapa kita gag coba dari diri kita sendiri menyelamatkan dunia?^^ sorry kalo salah post.. gwe ada ide.. gimana kalo kita tambah thread ini dengan pertanyaan.. bagaimana sikap diri kita sendiri untuk menyelamatkan dunia?
mulai dari gwe ya.. buang sampah ditempatnya....
 
kita kan udh pada tau kalo global warming tuh lagi marak2nya sekarang.. mungkin ya..nurut gwe.. kenapa kita gag coba dari diri kita sendiri menyelamatkan dunia?^^ sorry kalo salah post.. gwe ada ide.. gimana kalo kita tambah thread ini dengan pertanyaan.. bagaimana sikap diri kita sendiri untuk menyelamatkan dunia?
mulai dari gwe ya.. buang sampah ditempatnya....

setuju..karena banyakan dari kita lebih suka retoris daripada melakukan sesuatu..saya kasih bintang ya?:eek:pnyakeren:
 
Back
Top