Sejarah Bahasa Jepang Login dengan akun Jejaringsosial.com anda Daftar sebuah akun Jejaringsosial.com
 
Go Back   Home > Belajar Bahasa Lain > Japanese
Lupa Password?

Gambar Umum Video Umum





 
Reply
 
Thread Tools Search this Thread
Reply With Quote     #1   Report Post  

Sejarah Bahasa Jepang

yuhuuuuuuuuu..permisi semua, mau nanya nih, ada yang tahu nggak gimana sejarah bahasa jepang itu? maksudnya dari segi asal usul, perkembangan dan lainnya deh. Yang tahu, mohon pencerahannya yak, makasih
resi_dj
World Level

Post: 10.827
 
Reputasi: 52

__________________
Putri PetiR

 






Reply With Quote     #2   Report Post  

Bls: Sejarah Bahasa Jepang

Kutip:
Oleh resi_dj View Post
yuhuuuuuuuuu..permisi semua, mau nanya nih, ada yang tahu nggak gimana sejarah bahasa jepang itu? maksudnya dari segi asal usul, perkembangan dan lainnya deh. Yang tahu, mohon pencerahannya yak, makasih
Yang aku lumayan tahu, sejarah masuknya huruf atau karakter Cina ke Jepang. Jadi begini ceritanya...

Karakter dalam bahasa Cina masuk ke Jepang melalui Korea di abad ke-4 Masehi. Dari sekitar 50 ribu karakter Cina yang ada saat itu, diadopsi ke dalam bahasa Jepang hanya 2ribu sampai 3ribu saja. Secara fonetik, karakter bahasa CIna memiliki kesamaan dengan pengadopsian dalam bahasa Jepang. Hanya saja sudah disesuaikan sesuai kebudayaan orang Jepang sendiri.

Di akhir periode Heian (794-1185), karakter-karakter dari bahasa Cina tsb dianggap terlalu kompleks jadi dipermudahlah goresan-goresannya.

Sekitar tahun 1900an, Hiragana dan Katakana mulai diperkenalkan di sekolah dasar sebagai bagian dari pengajaran bahasa.

Apalagi ya... Hmmm... Lupa! Hyahahahaha! Maaf kalau tidak bermanfaat...
carpediem
City Level

Post: 155
 
Reputasi: 0






Reply With Quote     #3   Report Post  

Bls: Sejarah Bahasa Jepang

yang kutahu si bahasa jepang itu ya dari jepang

tp bener kata shenpai carpediem,

dulu tu jepang terlalu bangga sama bangsanya sendiri yang di kenal dengan "ware-ware nihonjin"
tp karena kebanggaan tersebut jepang kewalahan saat eropa masuk ke daerahnya. dan juga saat itu
jepang belum mengetahui sistem pemerintahan. untuk itu jepang mengirim orang2 untuk belajar ke cina.

dan seterusnya seperti yang di jelaskan shenpai carpediem.
deshwitat10
City Level

Post: 205
 
Reputasi: 5

__________________





Reply With Quote     #4   Report Post     Original Poster (OP)

Bls: Sejarah Bahasa Jepang

@ carpediem...makasiiih bwangettttttttsss..berguna dunk
@ deshwitat: ware- ware nihonjin sendiri tuh apa yak artinya??

oya makasih buat tambahan infonya..tunggu masing- masing bintang buat kalian yak
resi_dj
World Level

Post: 10.827
 
Reputasi: 52

__________________
Putri PetiR






Reply With Quote     #5   Report Post  

Bls: Sejarah Bahasa Jepang

ware-ware nihonjin artinya : kita semua adalah orang jepang (arti harafiahnya)
ini aku juga tambahin sedikit tentang sejarah huruf jepang

Sebelum abad ke-4 Masehi, orang Jepang tidak mempunyai sistem penulisan sendiri. Selama abad ke-4 mereka mulai mengimpor dan mengadaptasi naskah Cina, bersama dengan banyak aspek lain dari budaya Cina, mungkin melalui Korea.

Pada awalnya orang Jepang menulis dalam Klasik Cina atau di Jepang-Cina gaya hibrida. Contoh dari gaya hibrida adalah Kojiki (Records of Antiquity) ditulis dalam 712 Masehi. Mereka kemudian mulai menggunakan huruf Cina untuk menulis dalam gaya Jepang dikenal sebagai man'yƍgana, literarly "Sepuluh Ribu suku kata daun script", yang menggunakan karakter untuk nilai-nilai fonetik.

Seiring waktu sistem penulisan yang muncul dalam karakter Cina digunakan untuk menulis kata-kata baik yang dipinjam dari cina atau jepang kata dengan makna yang sama atau mirip. Karakter Cina juga digunakan untuk nilai-nilai fonetik mereka untuk menulis unsur-unsur tata bahasa dan karakter ini disederhanakan dan akhirnya menjadi dua suku kata script, Hiragana dan katakana.

Sastra Jepang mencapai titik tinggi selama abad ke-11 dengan Genji Monogatari (Hikayat Genji) oleh Lady Murasaki Shikibu. Banyak karya sastra jepang lain juga ditulis oleh perempuan.
shisio
World Level

Post: 12.351
 
Reputasi: 127

__________________
my blog





Reply With Quote     #6   Report Post     Original Poster (OP)

Bls: Sejarah Bahasa Jepang

klik for you kembaranku..hmm pantesan kayak mirip gitu huruf penulisan cina sama jepang
resi_dj
World Level

Post: 10.827
 
Reputasi: 52

__________________
Putri PetiR






Reply With Quote     #7   Report Post  

Bls: Sejarah Bahasa Jepang

hm.... kalo disini, aku ingin diklik sebagai "jawaban terbaik" ^^!
shisio
World Level

Post: 12.351
 
Reputasi: 127

__________________
my blog
Reply
 

Thread Tools Search this Thread
Search this Thread:

Advanced Search




Similar Threads
Thread Original Poster Forum Replies
Belajar Bahasa Jepang Megha Japanese 412
Bahasa Jepang Dan Artinya jozza Humor 10
Sejarah Bahasa Indonesia resi_dj Penulis, Buku, Sastra & Bahasa 13
Sejarah Bahasa Arab resi_dj Arabic/Arab 5
Sejarah Bahasa Indonesia gita Sejarah & Budaya 4


Pengumuman Penting

Cari indonesiaindonesia.com
Cari Forum | Post Terbaru | Thread Terbaru | Belum Terjawab


Powered by vBulletin Copyright ©2000 - 2014, Jelsoft Enterprises Ltd.