PAS-Paket Aplikasi Sekolah Pendidikan Menengah Atas

dannnux

New member
Paket Aplikasi Sekolah Pendidikan Menengah Atas (disingkat: PAS-SMA) adalah piranti lunak sistem informasi manajemen pendidikan Menengah Atas untuk tingkat sekolah, yang secara khusus dirancang dan dibangun untuk dijalankan di setiap Sekolah Menengah Atas (SMA) yang ada di Indonesia.

Dengan menggunakan PAS-SMA, administrasi sekolah akan sangat terbantu khususnya dalam pendataan, pelaporan, dan pelayanan data dan informasi tentang sekolahnya kepada pihak luar yang membutuhkannya.

Pendataan :

Administrasi sekolah dengan mudah dapat melakukan pendataan (perekaman dan peremajaan data) antara lain terhadap:

1. Identitas sekolah
2. Penerimaan siswa baru: calon siswa pendaftar, passing grade ditetapkan, dan siswa baru diterima
3. Data induk: siswa, guru dan tenaga administrasi
4. Kegiatan belajar-mengajar: wali kelas dan guru mata pelajaran ditugaskan, jadwal pelajaran, absensi, dan nilai prestasi belajar setiap individu siswa
5. Kebutuhann guru
6. Keuangan sekolah: penerimaan dan pengeluaran
7. Fasilitas sekolah: buku, alat pendidikan, perlengkapan sekolah, lahan, ruang kelas, dan utilitas
8. Bantuan-bantuan yang pernah diterima

Pelaporan :

Kebutuhan intern sekolah akan data dan informasi mengenai pendidikan yang diselenggarakannya dengan mudah dan cepat dapat dipenuhi. Keluaran-keluaran dalam bentuk laporan yang dapat dihasilkan melalui PAS-SMA antara lain adalah

1. Daftar siswa, daftar, guru, dan daftar wali kelas
2. Jadwal pelajaran dan laporan absensi siswa
3. Raport siswa.

Pengiriman Data :

Sebelum menggunakan PAS-SMA, setiap SMA secara rutin tahunan harus mengisi empat rangkap kuesioner (LNS) dari Depdiknas, dan kemudian mendistribusikannya ke Depdiknas, Dinas Pendidikan Propinsi, dan Dinas Pendidikan Kabupaten/ Kota. Setelah menggunakan PAS-SMA, setiap SMA tidak lagi harus mengisi kuesioner yang berjumlah halaman dan berangkap banyak itu, karena LISM yang harus didistribusikan dapat dihasilkan kapanpun secara otomatis.

Bagi SMA yang memiliki akses ke internet bahkan tidak perlu mencetak LISM untuk kemudian didistribusikan secara fisik, karena PAS-SMA dilengkapi dengan fasilitas Export LISM yang memungkinkan LISM secara elektronik diidtribusikan secara cepat dan langsung melalui internet dan email.

Anda tertarik silahkan hubungi danninux@gmail.com
 
Last edited:
Bls: PAS-Paket Aplikasi Sekolah Pendidikan Menengah Atas

pendidikan semakin canggih saja
 
Back
Top