Yang Mau Belajar Bahasa Rusia bareng saya? hehe Login dengan akun Jejaringsosial.com anda Daftar sebuah akun Jejaringsosial.com
 
Go Back   Home > Belajar Bahasa Lain > Russian
Lupa Password?

Gambar Umum Video Umum





 
Reply
 
Thread Tools Search this Thread
Reply With Quote     #1   Report Post  

Yang Mau Belajar Bahasa Rusia bareng saya? hehe

ada yang pernah belajar bahasa rusia?

ni, saya coba belajar sedikit2, cari2 informasi dari internet, dan saya coba tulis di blog saya. saya pikir belajar bahasa rusia itu asik. soalnya di Indonesia (terutama di daerah saya) jarang ada orang yang mempelajarinya. bahkan di sekolah2 umum pun jarang (atau bahkan mungkin tidak ada)... makanya, baru bisa baca n nulis huruf cyrillicnya aja saya dah senang, soalnya orang2 di sekitar saya tidak mengerti apa yang saya tuliskan, walaupun itu bahasa indonesia yang ditulis pake huruf cyrillic

oh iya, bahasa rusia itu tidak menggunakan huruf latin seperti halnya kita, tapi mereka menggunakan huruf cyrillic untuk menuliskan kata-kata.

nih, sekedar bagi2 ilmu, saya ada beberapa frase yang saya tahu tentangnya:

sebelum baca yang di bawahnya, pahami dulu formatnya:
[Bahasa Rusia (cyrillic)] - [Cara baca huruf cyrillicnya] - [Bahasa Indonesia]

Здравствуйте - Zdravstvuyte (formal) - Halo

Привет - Privet (informal) - Hai

Как дела? – kak dyela – Apa kabar? (formal)

Как ты - Kak ti (informal) - Apa Kabar? (informal)

Спасибо – Spasibo – Terima Kasih

Хорошо - Horosho - (Kabar) Baik

Плохо – ploho – (kabar) Buruk

Пожалуйста – Pozhaluysta – Sama-sama / Silakan (please)

Да – da – Ya

Нет – niet – Tidak

Меня зовут … – menya zovut ... – Nama saya …

Как вас зовут? – kak vas zovut – Siapa nama anda?

Очень приятно – ochen priyatno – Senang bertemu dengan anda

До свидания – do svidaniya – Selamat tinggal

Пока – poka – Selamat tinggal (informal)


tertarik untuk mempelajari bahasa rusia? belajar sama-sama yuk?!
saya juga masih belajar...

http://ahdoy19.wordpress.com

http://ahdoy.blogspot.com
KILLUA_ZAOLDYEK
Home Level

Post: 14
 
Reputasi: 0

 






Reply With Quote     #2   Report Post  

Bls: Yang Mau Belajar Bahasa Rusia bareng saya? hehe

kok susah?
shisio
World Level

Post: 12.360
 
Reputasi: 127

__________________
my blog





Reply With Quote     #3   Report Post  

Bls: Yang Mau Belajar Bahasa Rusia bareng saya? hehe

Gw mau!! Milla jovovich here i come. . .Trus cara membacanya gmana tuh? Apa itu udah seperti yg diucapkan? Kayak misalnya: tulisan harfiah:desu ka
tulisan dibaca: des ka
(kalau di jepang)

tulisan harfiah:jammo bello
tulisan dibaca:yamma bella
(italy)

tulisan harfiah:c'est la vie
tulisan dibaca:sis la vi
(prancis)

kalau rusia gtu juga?
bjhe
Continent Level

Post: 3.890
 
Reputasi: 38






Reply With Quote     #4   Report Post     Original Poster (OP)

Bls: Yang Mau Belajar Bahasa Rusia bareng saya? hehe

Kutip:
Oleh shisio View Post
kok susah?
emang pertama kali kelihatannya susah. karena kita biasa pake huruf latin. tapi kalau dah biasa dan paham huruf cyrillic, akan jadi asik belajarnya. Selain bahasa Rusia, huruf Cyrillic juga digunakan di Kazakhstan, Serbia, Ukraina, Bulgaria, Belarussia, dan negara2 sekitarnya, terutama negara bekas pecahan Uni Soviet.

Tapi sebetulnya banyak kosa kata yang mirip2 dengan bahasa Indonesia, seperti:
школа - shkola - sekolah
лампа - lampa - lampu
ваза - vaza - vas bunga
гитара - gitara - gitar
пакет - paket - bungkusan
концерт - kontsert - konser
цирк - tsirk - sirkus
журнал - zhurnal - majalah (jurnal)
машина - mashina - mesin
инженер - inzhenier - insinyur
суп - sup - sup/sop

kalau baru lihat huruf cyrillicnya ja dah nyerah, saya jamin ga akan ada semangat untuk mempelajarinya lebih dalam lagi

untuk terjemahan huruf cyrillicnya, boleh anda tengok di sini
KILLUA_ZAOLDYEK
Home Level

Post: 14
 
Reputasi: 0






Reply With Quote     #5   Report Post     Original Poster (OP)

Bls: Yang Mau Belajar Bahasa Rusia bareng saya? hehe

Kutip:
Oleh bjhe View Post
Gw mau!! Milla jovovich here i come. . .Trus cara membacanya gmana tuh? Apa itu udah seperti yg diucapkan? Kayak misalnya: tulisan harfiah:desu ka
tulisan dibaca: des ka
(kalau di jepang)

tulisan harfiah:jammo bello
tulisan dibaca:yamma bella
(italy)

tulisan harfiah:c'est la vie
tulisan dibaca:sis la vi
(prancis)

kalau rusia gtu juga?
kalau bahasa russia hampir sama seperti halnya bahasa Indonesia.
seperti Ibu dibaca ibu. bola dibaca bola. meja dibaca meja.
hanya saja dalam beberapa kata ada yang "sedikit" berbeda, terutama dalam pembacaan kata yang ada huruf "o"nya.

seperti :
пока - poka - (dibaca "paka")
пожалуйста - pozhaluysta - (kurang lebih dibaca "pa-zhal(uy)sta"
молоко - moloko - malako.

nah kalau masalah ini, saya juga masih belajar. kebiasaan rusia sana, sering melafadkan o seperti huruf a, tapi hanya dalam beberapa kata saja. selebihnya apa yang ditulis, dibaca seperti itu. mirip2 bahasa Indonesia lah...
KILLUA_ZAOLDYEK
Home Level

Post: 14
 
Reputasi: 0






Reply With Quote     #6   Report Post  

Bls: Yang Mau Belajar Bahasa Rusia bareng saya? hehe

Hmmm. . .Wi bien!! Brarti mirip2 latin gtu dikit2 yah. . .Boleh2. . .Trus slanjutnya apa?
bjhe
Continent Level

Post: 3.890
 
Reputasi: 38






Reply With Quote     #7   Report Post  

Bls: Yang Mau Belajar Bahasa Rusia bareng saya? hehe

nice thread..nambah bahasa nih, Спасибо (spasibo) ya
resi_dj
World Level

Post: 10.827
 
Reputasi: 52

__________________
Putri PetiR






Reply With Quote     #8   Report Post  

Bls: Yang Mau Belajar Bahasa Rusia bareng saya? hehe

Phozaluysta! Wi bien, gracios amico!
bjhe
Continent Level

Post: 3.890
 
Reputasi: 38






Reply With Quote     #9   Report Post  

Bls: Yang Mau Belajar Bahasa Rusia bareng saya? hehe

Привет, Как ты....
resi_dj
World Level

Post: 10.827
 
Reputasi: 52

__________________
Putri PetiR






Reply With Quote     #10   Report Post  

Bls: Yang Mau Belajar Bahasa Rusia bareng saya? hehe

Apa itu? Eh2. . .Buat tabel clyric nya donk
bjhe
Continent Level

Post: 3.890
 
Reputasi: 38

Reply
 



«
Satu kata saja.. | - »

Thread Tools Search this Thread
Search this Thread:

Advanced Search




Similar Threads
Thread Original Poster Forum Replies
Belajar Bahasa Hokien beast666 Chinese/Mandarin 38
Belajar bahasa Sunda yuk!!! chika2 Belajar Bahasa Lain 77
Ajarin Saya Bahasa Jawa Mawardian Belajar Bahasa Lain 28
Belajar bahasa yuk.. ^^, wahyucaqeuep Quiz dan Teka-Teki yang Sudah Selesai 41


Pengumuman Penting

Cari indonesiaindonesia.com
Cari Forum | Post Terbaru | Thread Terbaru | Belum Terjawab


Powered by vBulletin Copyright ©2000 - 2014, Jelsoft Enterprises Ltd.