[Sejarah] Sparta ~ sebuah negara

Status
Not open for further replies.

shisio

New member
sparta+map.jpg


Negara kota yang yang bernama Sparta sekarang adalah Yunani selatan. Pada masa sebelum masehi, Negara ini adalah Negara superpower, karena Sparta adalah Negara militeris, dimana warganya kuat dan selalu siap bertempur serta melebihi kekuatan Negara kota Athena dan kekaisaran Persia.

Kaum Sparta percaya bahwa mereka adalah keturunan Hercules, anak Zeus, dewa dalam mitologi Yunani. Sparta tetap bertahan sampai kekaisaran Romawi menguasai Yunani, bahkan menjadi tujuan wisata elit warga Romawi yang kagum atas cara hidup kaum Sparta yang unik. Dari hasil arkeologi dipercaya kebudayaan Sparta sudah ada sejak 950 SM, dan mengalami masa jaya pada abad 8 SM. Warga Sparta pada umumnya adalah ksatria yang dilatih untuk bertahan dan patuh serta menjadi politisi bila terpilih. Setelah berusia diatas 60 tahun, barulah warga Sparta bebas dari wajib militer.

Jika ada bayi laki-laki yang lemah dan diperkirakan takkan kuat untuk menjadi tentara maka bayi tersebut akan dibuang di kaki gunung Taygetos, juga dikenal sebagai Aphothetae (tempat penolakkan). Pelatihan militer dimulai saat usia 7 tahun dimana mereka akan dilatih kemiliteran secara menyeluruh. Dari usia 13 tahun mereka dikelompokkan dan dibuang ke pinggiran desa dengan hanya berbekal pisau serta akal mereka, hal ini disebut dengan Krypteia yang dipercaya sebagai ritual inisiasi untuk mencari dan membunuh bangsa Messenian yang diperbudak. Pada usia 20 tahun barulah kewajiban militer dimulai dan setiap tentara harus berkelompok dan saling tergantung satu sama lain. Hanya warga Sparta asli yang diakui sebagai warga negara yang memiliki hak penuh setelah usia 30 tahun.

Warga Sparta dilarang berdagang dan hanya warga khusus yang bisa melakukannya. Mata uang mereka adalah batangan besi sehingga mereka sulit berdagang bahkan jarang diserang perampok. Kekayaan mereka adalah dalam bentuk tanah.

Warga Sparta berjumlah 10.000 pada awal abad ke 5 SM dan semakin menurun menjadi hanya 1000 bahkan menjadi 700 pada abad 3 SM. Perlawanan Sparta pada battle of Thermopylae sering disebut sebagai strategi militer dalam contoh dari keuntungan latihan keras dan keberanian melawan musuh yang besar.
 
Bls: Sparta ~ sebuah negara

Yunani sama atlantis jauh bang lolo. Polis sparta trletak di selatan polis athena
 
Bls: Sparta ~ sebuah negara

Seharusnya, Sparta harus diberi 8 Jempol
(Mo pake jempol eyang lo juga gak apa2)

mau hidup di jaman sparta? Syaratnya ini beneran loh, syarat jaman waktu itu:

1. wajib militer
2. orang militer/tentara umur 12 tahun harus mahir memegang tombak
3. hanya tentara yang boleh punya budak sama istri
4. kamu gag boleh cacat fisik
5. harus bisa bertahan hidup sendirian

dan masih banyak yang lainnya. . .
 
Bls: Sparta ~ sebuah negara

oh....gitu toh critanya....
thx sob
Tolong diperhatikan, ketika mengangkat thread lama, alangkah baiknya jika komen yang dibuat lebih punya nilai manfaat, dengan menambahkan informasi, misalnya. Daripada sekedar komen basa basi atau sekedar postingan one liner. :)

Terima kasih, dan selamat bergabung dan menikmati thread2 yang ada di Room sejarah...[<:)


-dipi-
 
Bls: [Sejarah] Sparta ~ sebuah negara

Kalu gak salah Sparta ini pernah diangkat kedalam layar lebar dengan judul film 300, dikisahkan bagaimana proses perjuangan menjadi prajurit sparta sejati, dan hebatnya meskipun wanita sparta gak bisa berperang, nasihat isteri-isteri kelahiran sparta selalu sukses memotivasi semangat juang Hero Sparta ya kira-kira walaupun agak fiksi, tapi film ini sempet sukses bikin PR sejarah adikku bernilai cemerlang.
 
Last edited:
Bls: [Sejarah] Sparta ~ sebuah negara

Tambahan...


Sparta dikenal sebagai negara pemegang kekuatan militer yang tidak pernah bisa dibandingkan di jamannya oleh negara manapun, kemiliteran Yunani kuno dibawah kekuasaan Sparta. Mereka tidak pernah bekerja, semua tugas makanan dan lain-lain dikerjakan oleh budak-budak yang mereka peroleh dari wilayah yang telah mereka kalahkan. Pengawasan budak-budak agar tidak kabur pada saat bekerja di serahkan pada anak remaja Sparta.

Dikisahkan di film 300 bahwa Spartan hanya berjumlah 300 dan menghadang pasukan raja Xerxes yang kemayu itu sendirian dengan bantuan figuran segelintir Thespians. Tetapi kenyatannya bahwa di sejarah mereka tidaklah berjumlah segitu, yang benar adalah 300 Sparta, 700 Thespians, and 400 Thebans semuanya dipimpin oleh Raja Sparta bernama King Leonidas melawan Pasukan Persia yang dipimpin oleh raja Xerxes.

Petempuran ini terjadi di bulan agustus 480 BC dikenal dengan "Battle of Thermopylae". 300 Spartan, Thespian, Thebans, akhirnya King Leonidas mengalami kekalahan. Tapi berkat mereka setahun kemudian Yunani bersatu untuk melawan Xerxes, tetapi icon perang ini adalah Sparta, karena raja mereka provokator tawuran pertama melawan Xerxes.

Sparta kembali maju berperang di tahun 371 BC dengan nama "Battle of Leuctra". Untuk pertama kalinya mereka merasakan kekalahan walaupun sudah menyerang dengan kekuatan penuh, inilah awal titik mula kehancuran sparta. Sparta tidak pernah pulih dari kekalahannya di perang ini, faktor kehilangan banyak orang dewasa dan pemberontakan budak-budak yang tak puas hanya makan makanan sisa membuat mereka makin lemah.

Raja Philip II dan anaknya yang superior tapi freak: Alexander The Great pernah berusaha menghancurkan Sparta, karena walaupun dinilai mereka sudah lemah, tetapi kemampuan beladiri Spartan tetap menjadi ancaman mereka dalam menguasai Yunani. Dari kisah ini terlahir anekdot bahwa Raja Philip II mengirim berita ke Sparta “Jika aku sudah memasuki Laconia, Aku akan meratakan Sparta sama dengan tanah.” Dan Sparta hanya menjawab “Jika”

Pada akhirnya Sparta tetap survive sampai pada jaman kerajaan romawi pada saat Yunani ditakhlukkan oleh jendral Romawi bernama Lucius Mummius, Sparta menjadi negara yang lumayan damai dan banyak dimasuki oleh turis yang ingin melihat kebudayaannya.

Setelah itu Sparta terlibat pertarungan melawan Viking, dan Sparta memenangkan perang ini, tetapi belum ada bukti pasti tentang cerita ini.


-dipi-
 
Bls: [Sejarah] Sparta ~ sebuah negara

King Leonidas

Leonidas adalah raja Sparta ke-17 dari dinasti Agiad, salah seorang anak dari Raja Anaxandridas II dari sparta, yang dipercayai sebagai keturunan dari Heracles karena kekuatan dan keberaniannya. Tanggal lahir Raja Leonidas tidak diketahui, namun ia diperkirakan meninggal di Pertempuran Thermopylae pada bulan Agustus, 480 SM.

Leonidas merupakan anak kedua dari tiga bersaudara. Kakaknya bernama Dorieus dan adiknya bernama Cleombrotus, yang sempat memimpin kekuasaan selama beberapa saat setelah kematian Leonidas, sebelum akhirnya digantikan oleh Paunsanias, anak Cleombrotus.

Leonidas naik tahta menggantikan Cleomenes I, sehintar tahun 489 atau 488 SM. Ia menikah dengan anak Cleomenes, Gorgo. Namanya menjadi terkenal akibat perannya di pertempuran Thermopylae.


-dipi-
 
Bls: [Sejarah] Sparta ~ sebuah negara

Kereeenn emang cara belajar sejarah yang asik itu dari nonton film kak :D
 
tambahan dikit gan .. !!

ane pernah jga baca dri salah satu artkel .
kalo leonidas tuh gugur ny bukan karena hujan panah kaya' d film 300 ..
soal ny lokasi terjadi ny perang sparta VS persia tuh gak memungkinkan buat main panahan ..
leonidas tewas dengan kepala terpenggal trus kepala ny d kirim k athena buat ngabarib ke bangsa athena ..
kalo xerxes udah ngebunuh sang raja perkasa dari tanah prajurit perkasa (sparta)
:)
 
Status
Not open for further replies.
Back
Top