INSES, apa itu?
 
Go Back   Home > Keluarga & Berumah Tangga

Daftar
Lupa Password?


Anda juga bisa login menggunakan akun Jejaringsosial.com anda
Gambar Umum Video Umum Radio & TV Online

Sponsored Links
 


 
Reply
 
Thread Tools Search this Thread
Reply With Quote     #1   Report Post  

INSES, apa itu?

Pernah mendengar istilah pernikahan sedarah? Atau hubungan sedarah? Tidak sedikit dalam kehidupan ini ada saja yang menganut perlakuan tersebut.
Apakah INSES itu? Bagaimana bisa terjadi? Apa saja yang dapat mempengaruhi terjadinya INSES?
sedikit info mengawali penjelasan tentang INSES, silahkan ditambah.....


Inses adalah hubungan yang dilakukan antara anggota keluarga yang masih memiliki hubungan darah atau disebut juga hubungan sumbang. entah Antara anak dan orang tua, atau kakak dengan adiknya.

Faktor penyebabnya antara lain adalah berbagai macam faktor, dan di antaranya meliputi faktor Internal yaitu meliputi biologis dan psikologis. Dan ada pula faktor eksternal yaitu meliputi ekonomi keluarga, tingkat pendidikan dan pengetahuan, tingkat pemahaman agama, dan lingkungan sosial dan budaya.

Aku tunggu ya tambahannya....silahkan
resi_dj
resi_dj resi_dj is offline
World Level

Post: 10.824
 
Reputasi: 53

__________________
Putri PetiR


Recent Blog: I'm Allive   
       





Reply With Quote     #2   Report Post  

Bls: INSES, apa itu?

inses itu nggak boleh.. xixixi
popoi
popoi popoi is offline
Continent Level

Post: 6.094
 
Reputasi: 31

__________________
The one and only pop


Jangan pernah menyerah dalam melakukan hal - hal yang baik
www.masterpunker.blogspot.com

Recent Blog: Keracunan RC   





Reply With Quote     #3   Report Post  

Bls: INSES, apa itu?

ada yang menyebut inses dengan incest.
shisio
shisio shisio is offline
World Level

Post: 12.423
 
Reputasi: 132

__________________
Size doesn't matter





Reply With Quote     #4   Report Post     Original Poster (OP)

Bls: INSES, apa itu?

Kutip:
Oleh popoi View Post
inses itu nggak boleh.. xixixi
yuhuuuuuuuu om pop, kenapa kuk ga boleh om pop?

Kutip:
Oleh shisio View Post
ada yang menyebut inses dengan incest.
hoo begitu ya, tapi dalam arti yang sama kan kembaranku?
resi_dj
resi_dj resi_dj is offline
World Level

Post: 10.824
 
Reputasi: 53

__________________
Putri PetiR


Recent Blog: I'm Allive   





Reply With Quote     #5   Report Post     Original Poster (OP)

Bls: INSES, apa itu?

Faktor Internal Penyebab INSES:

- Biologis

Dorongan seksual yang terlalu besar dan ketidakmampuan pelaku mengendalikan nafsu seksnya dapat menjadi salah satu sebab terjadinya inses.

- Psikologis

Pelaku memiliki kepribadian menyimpang, seperti minder, tidak percaya diri, kurang pergaulan atau cenderung menutup diri dari lingkungan pergaulan, menaruk diri dari pergaulan sosial dengan masyarakat, dan sebagainya.


Faktor Ekternal Penyebab INSES:


- Ekonomi Keluarga
Masyarakat dengan tingkat ekonomi rendah atau mempunyai keterbatasan pendapatan, mempengaruhi cara pandang serta pendidikan yang mereka peroleh. Sehingga hal tersebutpun dapat memicu terjadinya inses.

- Tingkat Pendidikan dan Pengetahuan
Pola pikir dan pengetahuan yang terbatas dapat memungkinkan terjadinya inses.

- Tingkat Pemahaman Agama
Pengetahuan serta penerapan akidah serta norma agama yang tidak mereka ketahui atau tidah dipahami

- Lingkungan Sosial dan Budaya
- Lingkungan yang terbatas ruang lingkupnya, letak geografis yang jauh dari informasi atau perkotaan.

- Terpaku akan adat istiadat atau tradisi di suatu daerah
Jelas sekali Inses memiliki dampak buruk yang besar bagi korbannya, walaupun dari pihak pelakupun ada dampak hukumnya. Namun kembali lagi dalam kasus Inses sudah pastilah dampak terbesar yang harus ditanggung adalah dari pihak korban.

Dampak jangka pendek:

- Trauma Fisik
- Trauma Psikis
- Sanksi Sosial
- Kehamilan Tidak Diinginkan


Dampak jangka panjang:

- Kondisi Ekonomi
- Kondisi Sosial
- Kondisi Kesehatan
- Status Sosial dan Hukum Korban Inses
- Proses Hukum Pelaku Inses
resi_dj
resi_dj resi_dj is offline
World Level

Post: 10.824
 
Reputasi: 53

__________________
Putri PetiR


Recent Blog: I'm Allive   





Reply With Quote     #6   Report Post  

Bls: INSES, apa itu?

kalo pernikahan yang antar sepupu gimana? misalnya, gw nikah ma sepupu gw sendiri (anak dari bibi)
Redbastard
Redbastard Redbastard is offline
World Level

Post: 16.815
 
Reputasi: 222

__________________





Reply With Quote     #7   Report Post  

Bls: INSES, apa itu?

pernah ada kasusnya tuh. seorang anak yg sejak kecil dipisahkan dari ibunya krn keadaan ekonomi, bertemu lagi dgn si ibu saat si anak sudah remaja. dan si anak menganggap ibunya sbg "wanita asing" yg bisa ia sukai.
akhirnya terjadilah perkosaan si anak pada ibu kandungnya sendiri.
kalo ga salah, umur anak itu masih belasan tahun, dan ibunya baru 30an.

dampak dari pernikahan dini nih..
parker_buble
parker_buble parker_buble is offline
Continent Level

Post: 2.003
 
Reputasi: 5

__________________





Reply With Quote     #8   Report Post  

Bls: INSES, apa itu?

Kutip:
Oleh resi_dj View Post
yuhuuuuuuuu om pop, kenapa kuk ga boleh om pop?
karena salah satu muatan dari kenapa kita diwajibkan utk melakukan pernikahan adalah mempererat tali silaturahmi...

kalo sedarah..
udah erat kali..
ngapain lagi di ikat ikat..

gitu kali ya...?? hehe...

*general answer mode on*
popoi
popoi popoi is offline
Continent Level

Post: 6.094
 
Reputasi: 31

__________________
The one and only pop


Jangan pernah menyerah dalam melakukan hal - hal yang baik
www.masterpunker.blogspot.com

Recent Blog: Keracunan RC   





Reply With Quote     #9   Report Post  

Bls: INSES, apa itu?

husshh... magrib2 ninja g boleh nangkring di atas genteng.. pamali.. wakakakak..
Redbastard
Redbastard Redbastard is offline
World Level

Post: 16.815
 
Reputasi: 222

__________________





Reply With Quote     #10   Report Post     Original Poster (OP)

Bls: INSES, apa itu?

Kutip:
Oleh Redbastard View Post
kalo pernikahan yang antar sepupu gimana? misalnya, gw nikah ma sepupu gw sendiri (anak dari bibi)
setahu aku sih nggak apa- apa, karena tidak sedarah secara langsung seperti orang tua dengan anak atau saudara kandung.
Tapi masalah pernikahan dengan sepupu ini juga masih bisa dibilang tergantung oleh kebudayaan dan adat di suatu daerah dimana mereka berada juga faktor ajaran agama yang diyakini.

contohnya:
- Dalam agama Islam (QS. al-Ahzab 33:50) pernikahan antarsepupu dihalalkan baik dari sisi ibu maupun sisi bapak.

- Sedangkan Gereja Katolik Roma melarang pernikahan hingga derajat keempat dari 1550 - 1917 M; sebelumnya hingga derajat ketujuh (seperti dijelaskan Ibnu Katsir). Larangan menikah hingga derajat ketujuh diberlakukan oleh Gereja Ortodox Rusia hingga abad ke-20. Aturan itu masih diberlakukan di kelompok Old Believer (pecahan Gereja Ortodox Rusia).
Nah masalahnya sepupu merupakan derajat pertama.

- Hindu Arya di Utara India melarang pernikahan hingga sekitar tujuh generasi di sisi laki-laki dan lima generasi di sisi perempuan.

- Di India juga ada konsep Gotra (keluarga dalam kasta). Di wilayah Selatan, menikahi anak perempuan saudara laki-laki ibu atau saudara perempuan bapak diizinkan namun dilarang menikahi anak perempuan saudara laki-laki bapak.
(www.mail-archive.com)
resi_dj
resi_dj resi_dj is offline
World Level

Post: 10.824
 
Reputasi: 53

__________________
Putri PetiR


Recent Blog: I'm Allive   
Reply
 


Thread Tools Search this Thread
Search this Thread:

Advanced Search





Pengumuman Penting

- Pengumuman selengkapnya di Forum Pengumuman & Saran


Cari indonesiaindonesia.com
Cari Forum | Post Terbaru | Thread Terbaru | Belum Terjawab


Powered by vBulletin Copyright ©2000 - 2017, Jelsoft Enterprises Ltd.