20th Century Boys -justice is never die!-

shisio

New member
20th_Century_Boys_mivie.jpg


20thCenturyBoys_001.jpg

Bermula dari reuni kelas yang dihadirinya, Urasawa Naoki mendapat ide untuk membuat manga 20th Century Boys. 20th Century Boys adalah juga judul lagu yang dari grup musk T-Rex. (nantinya lagu ini muncul di movie live actionnya). Seperti manganya yang lain, Monster, 20th Century Boys yang pernah meraih penghargaan di 6th Media Arts Festival Awards for Excellence di tahun 2002 ini muncul dengan cerita yang penuh dengan lika-liku dan akan membuat penasaran bagi siapapun yang membacanya. Di Indonesia 20th Century Boys telah diterbitkan sampai tamat oleh Level Comics.


Cerita
(mengandung spoiler!)

Tahun 1997, di seluruh dunia sedang merebak sebuah penyakit, dimana orang yang menderita penyakit ini akan meninggal dunia setelah ia mengeluarkan darah dari sekujur tubuhnya. Tak ada yang tahu bagaimana dan apa gejalanya. Pada saat yang sama di Jepang, Endou Kenji terkejut ketika ia dan ibunya didatangi oleh kakaknya, Endou Kiriko untuk mengasuh Kanna, bayi yang tak jelas siapa bapaknya. Setelah itu ia pergi meninggalkan mereka. Jadi Kenji harus mengurus Kanna. Selain itu di Jepang, muncul sebuah organisasi kultus yang dipimpin oleh seorang pria kharismatik yang menamakan dirinya “sahabat”. Para pengikut organisasi ini menaruh kepercayaan kepada pimpinannya yang bahkan bisa terbang diudara dan mau melakukan apapun walaupun itu membunuh sekalipun.

Karena kasus kematian sahabat Kenji sedari kecil, Donkey, Kenji menemukan sebuah lambang yang ternyata adalah ciptaannya semasa SD dulu. Kenji berusaha meyakinkan teman-temannya semasa SD,-Yoshitsune, Maruo, Mon-chan dan Yukiji- bahwa kematian Donkey dan organisasi sahabat terkait dengan masa kecil mereka. Walaupun yang lain mengatakan bahwa Kenji berlebihan, Yukiji berinisiatif untuk mengadakan reuni kelas, dengan harapan mereka bisa ingat siapa sahabat sebenarnya. Yukiji juga berkata, bahwa symbol itu juga hasil ciptaan teman mereka yang lainnya, Occho, yang tak diketahui keberadaannya. Lalu pertemnuan dengan seorang pria sekarat yang kabur dari organisasi sahabat mengingatkan Kenji akan hal penting lainnya di masa kecil.

Di musim panas 1969, Kenji dan gengnya membangun markas rahasia di padang rumput dimana mereka menghabiskan musim panasnya dengan membaca komik, mendengarkan radio dan menyusun sebuah “buku ramalan”. Dalam buku tersebut, mereka adalah pembela kebenaran yang melindungi bumi dari berbagai macam serangan mahluk luar angkasa, robot raksasa, hingga senjata biologis. Tapi pada tahun 1971, padang rumput tersebut dijadikan lapangan bowling dan geng Kenji pun bubar. Tetapi tanpa diketahui yang lain buku itu disimpan oleh salah seorang dari mereka, orang yang kelak menyebut dirinya sahabat. Sahabat menjalankan segala rencananya persis dengan buku ramalan yang dibuat oleh Kenji, sehingga Kenji merasa bahwa segala macam bencana yang terjadi adalah tanggung jawabnya sendiri.

Dalam reuni kelas, Kenji bertemu dengan Fukube yang menyebutkan nama Sadakiyo, teman sekelas mereka. Karena Sadakiyo sering memakai topeng dan jarang bergaul, otomatis Kenji pun lupa nama asli dan wajahnya. Kenji pun berpikir bahwa Sadakiyo adalah sahabat. Disaat yang sama, segerombolan pengikut fanatik sahabat menyatroni took Kenji untuk menculik Kanna, tapi karena gagal, mereka pun membakar toko tersebut. Yukiji menemui Yoshitsune dan Maruo untuk menceritakan tentang buku ramalan tersebut. Namun Kenji sendiri menghilang bersama Kanna.

Pada tahun 2000, Occho yang ternyata berada di Thailand kembali ke Jepang setelah ditelepon Kenji. Occho melihat bahwa Partai Persabahatan mempengaruhi segala aspek kehidupan di Jepang. Kenji yang selama ini menentang sahabat telah dicap sebagai teroris. Kenji tinggal di bawah tanah bersama ibunya dan Kanna bersama orang-orang yang mendukungnya. Maruo, Occho, Yoshitsune, Yukiji, Mon-chan dan Fukube berkumpul bersama untuk menghalangi rencana sahabat. Di malam tahun baru 2000, yang kelak dikenal dengan nama “Tahun baru berdarah”, sebuah robot raksasa melintasi Tokyo sambil menyemprotkan virus maut yang menewaskan siapa saja yang terkena. Kenji menghadapi robot itu untuk menghentikannya, lalu terjadilah sebuah ledakan dahsyat yang menyapu seluruh wilayah tersebut.

Cerita pun bergulir ke tahun 2014, dimana Kanna, keponakan Kenji kini sudah berusia 17 tahun. Suatu hari Kanna mendengar sebuah rencana untuk pembunuhan terhadap Paus yang akan berkunjung ke wilayah Shinjuku, Jepang. Ia berupaya menggalang kerjasama antara mafia China dan mafia Thailand agar mereka menggagalkan rencana tersebut. Menjelang kejadian itu, Occho, Maruo, Yukiji dan Yoshitsune muncul untuk membantu Kanna dalam usahanya. Tiba-tiba muncul sebuah peristiwa tak terduga, yaitu kematian sahabat! Namun demikian, virus mematikan kembali muncul di seluruh dunia dan karantina diberlakukan dimana-mana. Paus berkunjung ke Jepang sesuai rencana dan memberikan penghormatan terakhir kepada sahabat. Kanna bersama yang lain mengawasi secara ketat acara kunjungan Paus tersebut dan kunjungan tersebut berjalan aman. Tapi sebuah kejadian dahsyat terjadi, sahabat bangkit dari kematian! Dan perlahan dunia berjalan kearah dunia yang diinginkan sahabat!!!


Karakter


Endou Kenji

chr_kenji_1969.jpg
chr_kenji_1979.jpg
chr_kenji_1997.jpg
chr_kenji_2000.jpg


Menggemari music rock sejak kecil dan ingin menjadi gitaris ternama, namun cita-citanya untuk manggung di Budokan tak ternah kesampaian dan akhirnya mengurus toko sakenya yang malah diubah menjadi mini-mart. Kenji sempat terpukul bahwa rencana penyelematan bumi yang dituangkannya dalam buku ramalan secara iseng-iseng itu benar-benar dimanfaatkan untuk penghancuran bumi oleh sahabat. Kegiatannya dalam menghentikan ulah sahabat malah membuatkan dirinya dicap teroris oleh pemerintah. Puncaknya saat Kenji dan sahabat-sahabanya berusaha menghadang robot yang dipakai sahabat yang akan menyebarkan virus berbahaya di penjuru Tokyo. Kenji sempat melihat wajah asli sahabat dalam peristiwa tersebut. Setelah itu Kenji dianggap mati setelah ledakan dahsyat terjadi.


Setoguchi Yukiji

chr_yukiji_1969.jpg
chr_yukiji_2000.jpg
chr_yukiji_2014.jpg


Dia dikenal Kenji sebagai ‘wanita terkuat dalam sejarah”, sebab meski berbadan ramping, tapi ia sanggup mengalahkan siapapun dalam pertarungan fisik, suatu kemampuan yang ia bawa sampai ia dewasa. Yukiji dewasa sempat bekerja sebagai petugas pabean di bandara. Setelah peristiwa tahun baru berdarah, ia menjadi wali Yukiji. Ia menanggap Yukiji sebagai anaknya sendiri.


Saburo Kidou (Donkey)

chr_donkey_1969.jpg
chr_donkey_1997.jpg


Teman masa kecil Kenji yang miskin, tapi cerdas dan tidak takut akan keberadaan hantu. Karena Monchan lupa menyalakan lampu aquarium di tahun 1971, ia pergi ke sekolah untuk menyalakan lampu aquarium. Tapi sampai disana ia menyaksikan pemandangan mengerikan yang tak pernah ia ceritakan pada teman-temannya sampai ia mati. Donkey menjadi guru pada sekolah teknik. Pada tahun 1997, ia bunuh diri dengan cara melompat dari atas gedung sekolah. Namun sebenarnya ia dibunuh oleh orang-orang dari organisasi sahabat.


Occho

chr_otcho_1969.jpg
chr_otcho_1987.jpg
chr_otcho_1989.jpg
chr_otcho_2000.jpg
chr_otcho_2014.jpg
chr_otcho_3fe.jpg


Salah seorang pembuat buku ramalan bersama Kenji. Dia juga yang menciptakan symbol yang kini digunakan oleh sabahat. Memperoleh nama panggilan Shogun waktu ia menjadi preman di Thailand. Dalam cerita ini ia mungkin adalah salah satu orang kuat setelah Yukji. Setelah berhasil melarikan diri dari penjara Umihotaru bersama Kukiji, ia bertekad untuk melindungi Kanna, harapan tearkhir mereka.




salah seoran teman masa kecil Kenji yang penakut, tapi sebenarnya memiliki keberanian yang lebih dari pada yang dipikirkannya. Ia menjadi “kapten” dari sebuah organisasi bawah tanah yang melawan sabahat. Ia menjadi dream cleaner di Tomodachi Land


teman masa kecil Kenji yang sukses menjadi pengusaha di Jerman. Ia merasa semangat hidupnya kembali Karena Kenji meneleponnya untuk menyelematkan dunia. Pada tahun 2002, ia mengunjungi Sadakiyo untuk mencari keterangan tentang sahabat, dari percakapannya dengan Sadakiyo ia membuat sebuah memo. Tapi ternyata ia dibunuh oleh Sadakiyo.



salah satu teman masa lalu Kenji yang bertubuh gembrot. Setelah perlawanan tahun 2000, ia melarikan diri dan diselamatkan oleh Haruo Namie. Ia pernah berencana untuk membunuh sahabat melalui bom bunuh diri , tapi ia mengurungkan niatnya.



keponakan Kenji, ia memiliki indra keenam, yang diperolehnya sejak dari bayi. Sejak ibunya menitipkannya pada Kenji, Kenji bertekad untuk membesarkan Kanna seorang diri. Kanna sangat mencintai Kenji, bahkan darah Rock & Roll Kenji mengalir ke darah Kanna. Setelah Kenji dinyatakan hilang pada tahun baru berdarah, ia diasuh oleh Yukiji di Yamagata. Ia lalu meneruskan perjuangan Kenji melawan sahabat.



seorang tokoh misterius yang menyebut dirinya sebagai sahabat. Ia termaksud salah satu teman Kenji, atau boleh dibilang ia mengetahui tentang markas rahasia dan buku ramalan.
Ia memiliki hubungan yang erat dengan Manhoume, pemimpin dari partai persahabatan. Ialah yang melancarkan virus yang melanda San Fransisco, London dan Jepang. Kenji dan teman-temannya sempat melawannya di malam tahun baru berdarah yang berakhir dengan kekalahan telak kenji. Tak dapat dipingkiri lagi, bahwa Sahabat (atau Fukube) adalah ayah kandung dari Kanna
Ternyata sahabat adalah Fukube itu sendiri! Tapi walaupun Fukube telah tewas,, sahabat masih tetap ada, dan memerintah sebagai presiden dunia.




salah satu teman masa kecil Kenji, namun anehnya tidak banyak yang mengetahui tentang Fukube itu sendiri. Ia bertemu dengan Kenji pada waktu reuni kelas. Fukubelah yang menanamkan ide pada Kenji bahwa Sadakiyo adalah sabahat, dan ambil bagian dalam geng Kenji untuk melawan sahabat pada malam tahun baru berdarah, ironisnya dia sendiri adalah sahabat.
Masih menjadi alasan yang misteruis, kenapa sampai ia berbuat sedemikian rupa. Alasannya mungkin berkaitan dengan masa lalunya di waktu SD (yang akan dijelaskan di 21th Century Boys)





maniak Bowling ini yang mempunyai kemampuan meramal ini ternyata sudah pernah berhubungan dengan geng kenji, waktu mereka masih SD. Dia mendirikan arena bowling di daerah padang rumput tempat markas rahasia geng Kenji. Tapi dia kemudia bangkrut dan menjadi gelandangan.
Dialah yang menyadarkan kenji bahwa sudah waktunya Kenji bangkit dan menjadi seorang super hero. Pada tahun 2014, dia menjadi orang terkaya di dunia, karena ia menggunakan kemampuannya di bursa saham. Dia masih bermimpi bahwa demam bowling akan bangkit kembali.


keroyon


Keroyon adalah salah satu teman Kenji. Ia sering dipanggil kodok, Karena mukanya mirip kodok. Ia tidak termaksud dari tim kenji yang melawan sahabat pada tahun 2000. Ia malah melarikan diri dari kenji, dan itu membuat suatu penyesalan terbesar dalam hidupnya kelak.
Ia bercerai dari istrinya, dan pada tahun 2014 ia ke Amerika untuk menjual soba, tapi ternyata ia tidak bisa melarikan diri dari takdirnya untuk melawan sahabat.



Endou Kiriko



kiriko adalah kakak Kenji. Dia selalu melindungi Kenji. Sangat pintar, dan bahkan masuk universitas mikro organism karena tertarik pada larva nyamuk.
Tak dapat dipungkiri lagi bahwa Kirikolah yang membuat virus mematikan yang kemudian disebar ke seluruh dunia. Ia sangat menyayangi Kanna, bahkan membuatkan pesan khusus untuknya



Insuu Manjoume



pada tahun 1971 pria ini hanyalah seorang salesman. Tapi ia menemukan bakat besar yang dimiliki Fukube dan akhirnya menjadi seorang yang berpengaruh di tahun 1997 melalui partai persahaan yang didirikannya.


Sada Kiyoshi (Sadakiyo)

chr_sadakiyo_1969a.jpg
chr_sadakiyo_1969.jpg
chr_sadakiyo_2014.jpg


salah satu karakter paling menyedihkan.dalam cerita ini. Pada masa kecil sering dipukuli karena lemah dan suka memakai topeng aneh. Pada akhirnya ia menemukan juga markas rahasia kenji pada musim panas 1969, namun sayangnya dia bertemu dengan Fukube yang akhinya “memanfaatkan” dia.
Sadakiyo dicurigai sebagai sahabat, namun pada kenyataanya dia adalah pria yang menyedihkan




Overall

Kelebihan : Cerita sangat menarik, Karakter yang digambarkan sangat pas dan sangat membuat penasaran atas apa yang akan dilakukan pada tiap karakter
Kekurangan : Terlalu banyak karakter yang muncul, dan sedikitnya adegan laga.
Verdict : 9/10



f_KaosFriendWm_b631ccf.jpg






kalo berkenan, silahkan klik bintang[<:)[/SIZE]​
 
Bls: 20th Century Boys (Manga) ~ Justice is never die!

musashiiii...terlalu lengkapppp!!!
Gyahhaaaha..
Bintangnya ngutang dulu...:D


Kebanyakan karakter??
Gak juga kok,,justru itu menariknya dari cerita ini...terhubung dari satu ke satu dan yang lainnya.
 
Bls: 20th Century Boys (Manga) ~ Justice is never die!

ok! aku tunggu bintangnya. aku mo bikin 21th century boys, tapi karena belum baca, tertunda dulu.
apa ini terlalu lengkap? padahal ada begitu banyak hal yang aku ga tulis disini!
 
Bls: 20th Century Boys (Manga) ~ Justice is never die!

yup..panjang sekali...mungkin memang blm lengkap ya.
21th belom baca juga?? Hoo,,harus dibuat biar 20th nya lengkap.
Karna semua ceritanya sudah dikupas di 21thnya...

Walau masih rada bingung siapa 'sahabat' sebenarnya
 
Bls: 20th Century Boys (Manga) ~ Justice is never die!

itulah.... sampai sekarng aku juga masih bingung, siapa sahabat sebenarnya (blum baca 12th,sih!)
 
Bls: 20th Century Boys (Manga) ~ Justice is never die!

21th kali...
aghh...di 21th ajah,,walau udah sedikit kebongkar rahasia sahabatnya tetep aja membingungkan.
kenji doang yang tau, itu pun paling dia bingung ndiri.


(bintang meluncur musashi,sesuai janji)
 
Bls: 20th Century Boys (Manga) ~ Justice is never die!

come backnya si kenji rada maksa tuh hihihhihihihi
 
Bls: 20th Century Boys (Manga) ~ Justice is never die!

he eh, emang sedikit maksa. namanya juga karya urasawa naoki, ceritanya pada rada agak maksa tapi lumayan seru!
 
Bls: 20th Century Boys (Manga) ~ Justice is never die!

tapi yang 'monster' bagus banget lho...
 
Bls: 20th Century Boys (Manga) ~ Justice is never die!

ya! aku kenal urasawa naoki lewat "monster", tapi aku lebih milih manga ini yang lebih bagus
 
Bls: 20th Century Boys (Manga) ~ Justice is never die!

he eh yang monster emang keren juga, tapi ujung2nya juga jadi penasaran. Sapa tuh namanya, james apa jhon..johan!! dia ngilang kan! Serem amit ngeliat endingnya :))
 
Bls: 20th Century Boys (Manga) ~ Justice is never die!

iya nih, ceritanya sih oke, tapi endingnya ngebetein bener, masak udah susah payah memburu si johan eh habis dapet malah diselametin lagee :)) (BTW kok jadi ngomongin 'monster' gini |:mad:)
 
Bls: 20th Century Boys (Manga) ~ Justice is never die!

he eh, padahal selama ini yang buat onar kan si Johan!

kwwwkwkw jadi oot!
ga pa pa mumpung ga dimarahin mod, kita ngomongin monster sesukanya.
 
Bls: 20th Century Boys (Manga) ~ Justice is never die!

eh..... bisa-bisanya oot di tempat si raja oot?
 
Bls: 20th Century Boys (Manga) ~ Justice is never die!

ampuni saia mod, yang duluan mulai agan eomer tuh!
:)):))
raja oot ampuni kami yang oot ini, :))
 
Bls: 20th Century Boys (Manga) ~ Justice is never die!

ada yg punya lagunya si kenji yang 'guuta rara' ndak?
 
Bls: 20th Century Boys (Manga) ~ Justice is never die!

ga ada! He eh katanya ada lagunya, beneran yak? Katanya tuh lagunya band 21th century boy nya ya?
 
Bls: 20th Century Boys (Manga) ~ Justice is never die!

ga tau ya! nanti mo liat di movienya yang ketiga!!!
 
Bls: 20th Century Boys (Manga) ~ Justice is never die!

movienya ketiga?? wewww,,kereenn...
yang pertama baru nonton setengah, agak sama kaya dikomiknya
 
Back
Top