[Info] Tentang Dunia Ikan Paus Login dengan akun Jejaringsosial.com anda Daftar sebuah akun Jejaringsosial.com
 
Go Back   Home > Politik, Ekonomi & Hukum
Lupa Password?

Gambar Umum Video Umum




 
Reply
 
Thread Tools Search this Thread
Reply With Quote     #1   Report Post  

[Info] Tentang Dunia Ikan Paus



PAUS

Siap-siap manjain mata juragan semua





paus adalah sebutan bagi semua spesies yang ada pada ordo Cetacea. di Indonesia sendiri, istilah ikan paus yang secara umum dipakai sebenarnya sangatlah salah, karena "ikan" paus termasuk kedalam hewan mamalia dan bukan ikan (pisces). satu lagi, jangan sampai tertukar pada istilah hiu paus atau whale shark yang justru masuk kedalam keluarga hiu bukan paus.

karena termasuk mamalia, paus memiliki ciri-ciri sebagai berikut:
1. bernapas melalui paru-paru
2. mempunyai bulu (sedikit, hampir tidak ada bagi paus dewasa)
3. berdarah panas
4. mempunyai kelenjar susu.
5. mempunyai jantung empat bilik

ini dia gan spesies-spesies yang ada dalam ordo cetacea dengan perbandingan ukurannya:

[spoiler="cekidott"][/spoiler]



ada baiknya kita liat dulu leluhurnya paus gan..

Basilosaurus

[spoiler="cekidott"]Basilosaurus hidup 40-34 juta tahun yang lalu pada zaman eocene. paus bertaring ini dapat berukuran hingga 18 m, yang berarti hewan terbesar pada zamannya. contoh spesies: Basilosaurus isis, Basilosaurus drazindai, Basiloterus hussein, dll.



[/spoiler]

naahhh sekarang kita balik lagi ke taun 2009...


paus yang ada sekarang secara garis besar dibagi ke dalam 2 jenis, paus odontoceti yang bergigi taring dan paus Mysticeti yang memiliki struktur gigi yang seperti sisir (baleen).

langsung aja deh kita liat masing-masingnya..

Odontoceti

[spoiler="cekidott"]paus ini memiliki gigi taring dan biasanya memakan ikan, cumi-cumi, dan mamalia laut lainnya. ciri-ciri yang juga membedakan dari paus Mysticeti adalah lubang hidungnya yang hanya satu. sebagian besar paus dalam kelompok ini, kecuali Sperm Whale, lebih kecil dari paus Mysticeti.

berikut ini adalah contoh spesiesnya:

Orca (5-8 m)
[spoiler="cekidott"][/spoiler]

Bottlenose Dolphin (2-4 m)
[spoiler="cekidott"][/spoiler]

Sperm Whale (up to 21 m)
[spoiler="cekidott"]

[/spoiler][/spoiler]


Mysticeti

[spoiler="cekidott"]paus pada kelompok ini memiliki struktur gigi penyaring yang dinamakan baleen. cara paus ini makan adalah membuka mulutnya lebar lalu menutupnya dan mengkontraksikan otot di sekitar mulutnya hingga air keluar melalui sela-sela baleen. paus pun dapat memakan plankton yang menyangkut pada baleen. cara makan inilah yang dinamakan filter feeding.
berbeda dengan paus Odontoceti, paus ini memiliki 2 lubang hidung yang membentuk huruf "v".

ini dia contoh spesiesnya:

Humpback Whale (12-16 m)
[spoiler="cekidott"]

[/spoiler]

Bowhead Whale (up to 20 m)
[spoiler="cekidott"]

[/spoiler]

Blue Whale (up to 34 m)
[spoiler="cekidott"]



[/spoiler]
[/spoiler]



Beberapa Paus seperti blue whale dan humpback whale punya kebiasaan unik, yaitu meloncat keudara yang mempunyai istilah "breaching". kebiasaan ini konon dilakukan untuk membunuh parasit yang menempel pada kulit.

[spoiler="cekidott"]





[/spoiler]


Orca dan lumba-lumba selain melakukan breaching juga melakukan "spyhopping". spyhopping adalah posisi dimana paus mengangkat tubuhnya di atas permuakaan air. mereka dapat bertahan hingga satu menit pada posisi ini. perilaku ini berguna untuk mencari mangsa. beberapa hiu seperti great white shark juga melakukan ini.


[spoiler="cekidott"]





[/spoiler]


Juragan ada yang pernah liat paus biru??

kalo ada berarti juragan sukses bikin gw iri..






Semoga Infonya Berkenan
*sumber dr forum sebelah
hktoyshop
Continent Level

Post: 2.382
 
Reputasi: 53

iqbaladalaharha:
__________________
visit www.hk-toys.com





Reply With Quote     #2   Report Post  

Bls: [Info] Tentang Dunia Ikan Paus

posting yang keren sob!!!

aku hadiahi bintang deh!
cumprit
National Level

Post: 1.722
 
Reputasi: 0






Reply With Quote     #3   Report Post  

Bls: [Info] Tentang Dunia Ikan Paus

aku pernah.. tapi paus pembunuh waktu naek kapal ke sulawesi... 6 ekor... loncat2 di pinggir kapal sambil bunyi2 gtu.
Tesalonika
National Level

Post: 1.765
 
Reputasi: 6

__________________


Tesalonika From Kalimantan Timur..





Reply With Quote     #4   Report Post     Original Poster (OP)

Bls: [Info] Tentang Dunia Ikan Paus

Kutip:
Oleh Tesalonika View Post
aku pernah.. tapi paus pembunuh waktu naek kapal ke sulawesi... 6 ekor... loncat2 di pinggir kapal sambil bunyi2 gtu.
trus sempet ngabadikan gambarnya gak bro....?
hktoyshop
Continent Level

Post: 2.382
 
Reputasi: 53

__________________
visit www.hk-toys.com





Reply With Quote     #5   Report Post  

Bls: [Info] Tentang Dunia Ikan Paus

nice post..






tngkep rep nya nie...
iqbaladalaharha
National Level

Post: 1.294
 
Reputasi: 19

__________________
Nagh d`kilLz

Reply
 

Thread Tools Search this Thread
Search this Thread:

Advanced Search




Similar Threads
Thread Original Poster Forum Replies
Perkembangan Ikan Paus Sejak Diresmikannya Larangan Perburuan wonder_women Fauna, Hewan Peliharaan & Ternak 1
Yunus dan Ikan Paus andree_erlangga Humor 0


Pengumuman Penting

Cari indonesiaindonesia.com
Cari Forum | Post Terbaru | Thread Terbaru | Belum Terjawab


Powered by vBulletin Copyright ©2000 - 2014, Jelsoft Enterprises Ltd.