Mau MELEDAK berkat OSENG-OSENG MERCON ?

Pedasnya Sepiring Oseng-Oseng Mercon


oseng1.jpg


Makanan apa yang terlintas di benak Anda ketika mendengar kata Jogja? Gudeg tentu saja. Kemudian Bakpia, Geplak, atau mungkin makanan-makanan di lesehan Malioboro. Jika itu jawaban Anda, Anda benar. Tapi jika Anda menyangka bahwa hanya itu jenis makanan yang ada di Jogja, Anda salah besar.

Jogja memang kerap diidentikkan dengan masakan manis. Bahkan, beberapa masakan luar yang ada di sini kerap disesuaikan dengan cita rasa khas Jogja yaitu manis. Namun, di balik dominasi makanan manis tersebut, Anda bisa menemukan satu makanan khas Jogja yang uniknya justru tidak manis sama sekali. Makanan khas tersebut adalah oseng-oseng mercon. Sejenis tumisan yang memadukan tetelan (potongan kecil daging sapi) dan koyoran (lemak daging sapi) dengan potongan cabai rawit dan bumbu-bumbu lainnya. Rasa yang luar biasa pedas akan Anda temui jika menyantap masakan yang satu ini.

Akhir-akhir ini, warung yang menjual oseng-oseng mercon memang semakin mudah ditemui di jogja. Namun, oseng-oseng mercon yang pertama dan paling terkenal di Jogja adalah oseng-oseng mercon Bu Narti. Terletak di Jl. KH Ahmad Dahlan Yogyakarta, Lesehan Oseng-Oseng Mercon, begitu warung ini biasa disebut, mencoba memberi warna baru bagi dunia kuliner di Jogja.

Uniknya, nama oseng-oseng mercon justru berasal dari pembeli. Menurut penuturan Bu Narti (pemilik lesehan), waktu itu keluarganya kebingungan karena menerima terlalu banyak daging kurban. Muncullah ide untuk memasak daging kurban tersebut dengan potongan cabai. Orang tua Bu Narti, yang waktu itu memiliki warung makan kemudian menjual menu "coba-coba" tersebut.


oseng2.jpg


Tak disangka, pembeli justru menyukai menu yang satu ini. Karena rasa pedasnya, pembeli kemudian menamainya oseng-oseng mercon bahkan ada pula yang menyebutnya oseng-oseng bledek (halilintar). Mercon, yang dalam bahasa Indonesia berarti petasan memang sesuai untuk menyebut makanan ini karena rasa pedasnya panas dan membakar, tak ubahnya seperti petasan.

Selain oseng-oseng mercon, warung ini juga menawarkan menu-menu yang lain seperti iso-babat goreng, ayam goreng, lele bakar dll. Lesehan dengan kain penutup berwarna hijau ini memang hanya berupa lesehan sederhana. Bahkan mungkin lebih wah lesehan-lesehan di Malioboro. Tapi soal menu, jangan berpikir dua kali untuk menikamtinya. Resep yang digunakan Bu Narti sebenarnya tak ada yang istimewa. Hanya saja, lesehan ini tidak menggunakan kompor melainkan anglo, sehingga dagingnya menjadi lebih empuk dan kenyal. Bu Narti juga tak pernah menggunakan kecap. Dia hanya menggunakan gula merah untuk membumbui oseng-osengnya. Mungkin itu yang membuat oseng-oseng merconnya berbeda dengan oseng-oseng mercon yang lain.



Makanan yang satu ini tak hanya unik karena mencoba mendobrak mitos lama bahwa Jogja hanya mengenal makanan manis tetapi juga karena dia mampu membakar nafsu makan Anda. Dengan hanya Rp. 9.000 per porsinya, Anda sudah bisa menikmati sedikit "pedas"nya Jogja.



oseng3.jpg


Untuk Anda yang tidak terlalu menyukai masakan pedas atau takut maag Anda kambuh jika mencoba makanan ini, ada beberapa trik yang bisa Anda gunakan. Biasanya, seporsi oseng-oseng mercon disajikan dengan nasi pulen (lembut) hangat dalam piring terpisah. Lengkap dengan lalapan di piring yang lain. Anda bisa memakannya dengan menuangkan oseng-oseng mercon langsung ke dalam piring nasi Anda, tapi itu akan membuat oseng-oseng mercon tesrebut terasa sangat pedas di lidah.

Atau, Anda bisa menyiasatinya dengan mengambil sedikit demi sedikit oseng-oseng mercon, kemudian memakannya dengan nasi sesendok demi sesendok. Sehingga kuahnya tidak terlalu bercampur dan dapat mengurangi rasa pedas. Asal jangan terlalu lama saja, karena oseng-oseng mercon tersebut banyak mengandung lemak sehingga akan menjadi kental dan tidak enak dilihat jika tidak cepat-cepat dimakan.

Lain kali jika Anda pergi ke Jogja, jangan lupa menyempatkan diri mampir di lesehan yang satu ini. Tak perlu keluar biaya mahal untuk bisa menkmati sepiring oseng-oseng mercon yang menggugah selera. Mungkin bisa memberikan sensasi baru bagi lidah Anda. Atau sedikit mengubah pandangan Anda terhadap masakan Jogja. Lagipula Jogja tak hanya punya gudeg, kan?

Penulis: Diyah Hayu Rahmitasari
Sumber : Kompas






BOSAN ?..Temukan bacaan menarik,berita ,aneka hiburan DISINI !

Dapatkan info bacaan menarik bermanfaat, hiburan, berita dan foto artis Indonesia terlengkap! Dapatkan pula info berita harian aktual, dari kompas, liputan 6 sctv, media indonesia, detik, tempo dll.
KLIK DISINI : http://www.beritaharianku.blogspot.com



















___________________________________________________________________________


INFO LAINNYA :


Apakah Keahlian dan Ketrampilan ANDA...?

Cobalah ANDA cari sebentar ......

Bisa buat kue atau punya “resep” masakan HEBAT ?... Atau Anda punya wawasan luas seputar Kuliner ?

Apakah ANDA seorang profesional ?.. semisal IT, programer web, konsultan, praktisi hukum, desain, pemasaran/sales/marketing, ekonom, penulis, dosen, akunting , praktisi kesehatan ..dan lainnya..?

Atau... Anda yang memiliki wawasan atau pengetahuan atau kemahiran, ketrampilan yang jarang dimiliki orang ..? semisal tahu trik sulap, punya pengetahuan seputar kesehatan alternatif atau obat tradisional, tahu cara menyembuhkan berbagai penyakit, atau seorang yang punya bakat pengertahuan psikolog atau motivator...Atau anda punya sebuah Hobi dan memiliki pengetahuan luas seputar hobi anda ...


Atau ANDA yang sekedar INGIN SEKEDAR MENAMBAH PENGHASILAN yang MUDAH, CEPAT dan..TIDAK MEREPOTKAN..?


MARI... Kembangkan semua kemampuan ANDA dengan “Menulis” lalu dibuat dalam sebuah EBOOK ..lalu JUAL LEWAT INTERNET...!

bookforbis.jpg



Mengapa E BOOK ?...


Tahukah Anda.. bahwa HANYA dengan sebuah EBOOK,..Dapat merubah HIDUP dan MASA DEPAN ANDA...?

Simak Kisah Sukses dan keberhasilan JOKO SUSILO, ST. asal Semarang Jawa Tengah.....Seorang Arsitek yang “banting setir” dengan menjual sebuah E BOOK miliknya dengan judul “Sistem Mesin Uang Otomatis” (SMUO) secara online... dan ..ternyata MAMPU MERAUP UANG HINGGA MILYARAN RUPIAH...!..

fotoincome.gif




Dan, ...sampai saat ini.. kisah suksesnya telah menyebar luas dan menjadi salah satu “ikon” keberhasilan “PEBISNIS ONLINE INDONESIA”...

Temukan Rahasia mudah dan cepat dari Joko Susilo dalam mencapai kesuksesannya disitus “Mesin Uangku Dot com”...! KLIK DISINI : http://www.mesinuangku.com




__________________________________________________________________________________



Miliki Miniatur Pesawat tempur dari KERTAS KARTON..! Unik dan Langka.. !

Miliki .. miniatur pesawat/ replika pesawat/ pesawat model militer modern terbuat dari kertas. Dibuat semirip mungkin dan detail seperti aslinya ! Bagus untuk koleksi/pajangan atau hadiah yang unik dan langka bagi penggemar miniatur pesawat! Info Selengkapnya Hubungi : AERO PAPER MODEL – Semarang .. contact : J. Ganang Andi .. Email : aeroorigami@yahoo.com atau HP 0815 18 444 82


1455968111_72cc0e2fd7.jpg




-
 
Bls: Mau MELEDAK berkat OSENG-OSENG MERCON ?

waaaaaaaaaaaaaaaaaaaah!
belum dicoba tapi serasa dah dilidah pedasnya.
 
Bls: Mau MELEDAK berkat OSENG-OSENG MERCON ?

hwaaaaaaaaaaaaaaaaaaa.......mauuuuuuuuuu,,, aku mo coba,,,,sepertinya keren pedesnya
 
Back
Top