Imagination 1st
 
Go Back   Home > Psikologi & Self-Help

Daftar
Lupa Password?


Anda juga bisa login menggunakan akun Jejaringsosial.com anda
Gambar Umum Video Umum Radio & TV Online

Sponsored Links
 


 
Reply
 
Thread Tools Search this Thread
Reply With Quote     #1   Report Post  

Imagination 1st

Pertama, gw bingung ini termasuk pengembangan diri atau self help. Gw juga bingung dimanakah perbedaan keduanya? tapi, gw rasa ini lebih cocok dikategorikan self help, momod yang bertanggung jawab minta pertimbangan yah!

*spoiler: tulisan yang pengen gw buat ini, Sangat dibutuhkan imajinasi. Dan keseluruhannya adalah kesimpulan yg saia tarik stelah saia post di II. Oleh karena itu, sewaktu-waktu dapat berubah.*

oke, gw mulai dari awal yah
apa itu imajinasi?

imajinasi adalah kemampuan dalam diri kita untuk memulai sesuatu yang baru. Mangkanya, gw bilang imajinasi yang pertama (bukan berarti utama). Nah, ketika kita berimajinasi kita sedang membuat sesuatu yang berbeda. Yang menyedihkan, adalah pandangan jaman sekarang. Semakin tambah ilmu, sepertinya pikiran manusia menjadi sempit. Terbukti loh! Contohnya, arti imajinasi itu sendiri (imajinasi mempunyai arti dan kesan berbeda yang banyak dan luas. Tapi, gw lebih suka sesuai arti diatas). Arti imajinasi sendiri menyempit dan lebih tragisnya, disamakan!! Iya, itu menyedihkan. Kita bisa pelajari dari sikap orang2 jaman sekarang. Lantas, kata apa yang sering disamakan dengan imajinasi? Kalo kata gw, kata yg bruntung itu mimpi. Hayo ngaku, siapa yang sering ngomong, "ah itu cuma imajinasimu saja."?

Mimpi itu sndiri, sangat berbeda dengan imajinasi. Mimpi, kalau saya definisikan adalah hal yang tidak mungkin bisa jadi nyata. Kalau imajinasi? Tentu saja bisa jadi nyata! Contohnya: Ketika seseorang sedang ke negri ajaib, yang semuanya kotak (hahaha, maaf. Ini mimpi teranehnya eke pinjem ). Itu namanya mimpi, karena tidak mungkin terjadi di dunia kita (kecuali, dengan seijinNYA). Contoh lainnya: Ketika seseorang memikirkan sesuatu,
sebuah benda yang belum pernah ada bahkan orang2 berpikirnya itu adalah hal yang gila! Namun, orang ini terus berusaha mempelajarinya jadi nyata. Itulah yang dimulai dan yang bernama imajinasi.

Kesimpulan: imajinasi tanpa diwujudkan dan di apresiasi kegunaannya, hanyalah tinggal impian. Mimpi, adalah hal yang tidak dapat diwujudkan. Tidak ada hukum timbal balik disini (tidak ada mimpi yang menjadi imajinasi. Hanya saja, mimpi itu bisa menjadi inspirasi sebuah imajinasi hebat!) Sebaiknya mulai dari sekarang kita dapat membedakan keduanya atau mengabaikannya. Karena gw yakin keduanya menyenangkan!

bagaimana membentuk imajinasi?

hal pertama yg saya sarankan, jangan berpikir. Bukan berarti, kita tidak menggunakan otak kita. Membentuk imajinasi itu mudah, kita mulai untuk berkeinginan lebih baik lagi dan rasa penasaran besar. Seperti misalnya, kita bisa mulai dengan pernyataan, "kalau begitu, akan lebih bagusnya begini/ada alat ini."
itu artinya sudah mulai memiliki syarat utama yang udah gw ungkapin diatas. Iya bukan?

Yang kedua, jangan hidup dengan batasan!!! Kalau hidup ini dibatasi dengan real dan un-real, kita tidak akan bisa memulai yang baru. Tidak akan ada lampu, jika edison membatasi dirinya dengan api adalah satu2nya sumber cahaya. Kita harus terbuka dengan teori baru, yang artinya mengapresiasi imajinasi orang lain. Jangan pernah terjebak antara hal yang benar dan salah, atau yang baik dan jahat. Ingat, segala hal tentang itu bahkan tidak ada yang nyata (kecuali hukum2 yg telah diutarakan Tuhan dan hukum alam). Contoh, bisakah 1+1=3? Tentu saja bisa!! Caranya, tinggal ditambah angka 1 lagi, maka 1+1=3

contoh yang lebih hebatnya lagi, Kalian taw galileo? Kalau ia terjebak dengan baik dan salah, ia tidak akan konsisten dngan imajinasi helio sentrisnya dan yang akhirnya menjadi ilmu pengetahuan kita. Iya gag?

setelah kita tahu apa itu dan bagaimana caranya. Sekarang ke pertanyaan yang paling penting, kenapa sih harus imajinasi?

sesuai dengan judul yang saya buat, imajinasi adalah hal pertama yang harus manusia lakukan. Jaman sekarang, sangat sedikit yang mempercayainya sebagai salah satu cara kerja otak kita. Dengan mengingat tulisan saia tentang apa dan bagaimana imajinasi itu, berimajinasi adalah jawaban dari semuanya. Image logika yang seakan satu2nya yang penting dalam mendapatkan jawaban, sangat mustahil jika tanpa berimajinasi dahulu. Pernahkah kalian membaca cerita dari buku atau film yang dialognya gini, "apa yang bakal gw lakuin kalau jadi dia." nah! Disitu kegunaan imajinasi. bisa membantu kita mendapatkan jawaban, ketika kita membayangkan sosok orang lain yang kita rasa pintar di bidang itu. Sekali lagi, Tidak ada batasan dalam menggunakan imajinasi ini. Kalian bebas melakukan apapun untuk menguatkan imajinasi ini. Bisa menyamakan intonasi suara, gerak gerik, jadwal. Hingga akhirnya nanti kita bisa tahu bagaimana cara berpikir orang tersebut. Berguna bukan?

Semoga ada yang dapat mengambil hikmahnya. Yang mau share, monggo gag ngelarang. Atau pendapat lain silahkan, karena memang tidak ada batasan!

nah! Akhir kata, gw pengen jelasin, keterangan2 yg gw tulis di atas. Tidak dapat di pertanggung jawabkan. Tidak ada sumbernya! Jadi, percaya tidak percaya saia kembalikan kepada anda

************************************************** ********

Next:


Halaman 7 - Intuisi dikamus bebas gaya gw
Halaman 8 - Teori gila MPO
bjhe
bjhe bjhe is offline
Continent Level

Post: 3.888
 
Reputasi: 38

AnggrainiDian:
       





Reply With Quote     #2   Report Post  

Bls: Imagination 1st

good bjhe.... Io do una stella per te

kalau sekarang, imajinasi terbesar bjhe sekarang apa nih?
bla_bla_bla
bla_bla_bla bla_bla_bla is offline
Continent Level

Post: 7.567
 
Reputasi: 245

__________________
Nyi Belang







Reply With Quote     #3   Report Post  

Bls: Imagination 1st

kl gw melihat tulisan bjhe...maka gw berkesimpulan semua manusia yang berfikir benar dan normal apalgi bermanfaat maka itu lah imajinasi

semua manusia berimajinasi..
ogni immaginazione umana
IDED
IDED IDED is offline
National Level

Post: 1.513
 
Reputasi: 1






Reply With Quote     #4   Report Post     Original Poster (OP)

Bls: Imagination 1st

Kutip:
Oleh bla_bla_bla View Post
good bjhe.... Io do una stella per te

kalau sekarang, imajinasi terbesar bjhe sekarang apa nih?
grazie così tanto tesoro

imajinasi terbesar gw sekarang? Punya istri cantik, duit ada terus, orang india yang nguasain perfileman Indonesia hengkang . . .

Kutip:
Oleh IDED View Post
kl gw melihat tulisan bjhe...maka gw berkesimpulan semua manusia yang berfikir benar dan normal apalgi bermanfaat maka itu lah imajinasi

semua manusia berimajinasi..
ogni immaginazione umana
destra maledetta! yang ingin saya tekankan sebenarnya tidak ada yang namanya, terlalu berimajinasi atau terlalu logika. Malahan gw berkesimpulan, keduanya tidak pernah ada. Itu terjadi ketika seseorang, mengerucutkan cara kerja otak untuk alasan agar bisa tau yang mana yang paling atas dan yang mana yang paling bawah.

Menyedihkan bukan? Dan ketika cara pikir untuk memisahkan mana yang real dan un-real maka tercipta manusia bergolong-golong . . . si kaya dan si miskin, si pintar dan si bodoh dan jurang-jurang yang memisahkan golongan atas dengan bawah lainnya.

Nah menyedihkan bukan? Lalu terbentuklah kelompok mayoritas, kelompok minoritas. Lalu setiap orang membuat argumen untuk di kenang atas, "Jasa telah menggunakan logikanya untuk menemukan sesuatu."

Nah, lalu setelah melihat pertunjukan berbagai orang yang telah berhasil dengan logikanya, orang-orang semakin percaya logika yang berperan. Sehingga, orang-orang jaman sekarang lebih cendrung menghapal daripada menganalogikan. Tidak salah juga sih, ketika kita untuk mengingat sesuatu untuk menghapal, tapi apa yang terjadi kalau tidak sesuai urutan yang kita kehendaki? Waktu jaman SMA inget? atau waktu2 ujian gitu. "Aduh, ini tadi gw inget tapi apa ya?" Nah, itu dia batasan yang di ciptakan ketika membatasi logika dan imajinasi. Padahal kan sayang bener, kalau misalnya kita bisa menciptakan imajinasi yang mendorong untuk membangun kembali ingatan kita, tentu pasti tau jawabannya. Umumnya, yang terjadi adalah, mereka akan terus berpikir dan berpikir terus tidak menggunakan imajinasi untuk membangunkan daya ingat kita.

Jadi, kesimpulannya. Keduanya adalah hal yang penting untuk mengolah informasi. Ketika kamu memisahkan keduanya, tentu yang akan terjadi sebuah kebingungan. "Gak masuk akal!" dan bla bla bla (bukan jeng bla bla bla ). Selain itu, kan walaupun itu gak masuk akal untuk sekarang, mungkin untuk berikutnya masuk akal. Karena itulah imajinasi juga dan untuk selanjutnya, kita bisa menghargai pendapat orang lain.

================================================== ========================================

NB: yang perlu diinget tidak boleh berlebihan. Kalian ingin tahu seperti apa gambaran orang yang berpikir dengan logika saja? Bisa dilihat dari contoh-contoh anak-anak yang mengidap Autism Spectrum Disorder. Mereka mengurutkan, mereka tersesat di tempat baru, Mereka tidak bisa "berandai-andai", mereka tidak bisa ketika suhu makanan berubah, mereka tidak suka jika terjadi sesuatu yang berbeda dari yang mereka rasakan selama ini.

Kalau gambaran orang yang berpikir dengan imajinasinya saja? yah orang-orang gila. Mereka membuat halusinasi di tempat mereka sendiri, mereka terjebak dengan kehidupan yang ketika mereka merasakan masa-masa emasnya.

Tidak ada baiknya untuk keduanya sama-sama hidup di dunianya sendiri.
bjhe
bjhe bjhe is offline
Continent Level

Post: 3.888
 
Reputasi: 38

__________________





Reply With Quote     #5   Report Post  

Bls: Imagination 1st

pusing bacanya... banyak amit
Tesalonika
Tesalonika Tesalonika is offline
National Level

Post: 1.761
 
Reputasi: 6

__________________


Tesalonika From Kalimantan Timur..





Reply With Quote     #6   Report Post     Original Poster (OP)

Bls: Imagination 1st

Kutip:
Oleh Tesalonika View Post
pusing bacanya... banyak amit
bacanya harus santaaii~~
bjhe
bjhe bjhe is offline
Continent Level

Post: 3.888
 
Reputasi: 38

__________________





Reply With Quote     #7   Report Post  

Bls: Imagination 1st

Kutip:
Oleh bjhe View Post
apa itu imajinasi?

imajinasi adalah kemampuan dalam diri kita untuk memulai sesuatu yang baru. Mangkanya, gw bilang imajinasi yang pertama (bukan berarti utama).
xixixixixi... dua hal yang gue bold itu kayaknya bertolak belakang ya bos..??
gimana kita bisa memulai sesuatu yang baru kalo imajinasi adalah yang pertama..?? gak bisa bos....
yang pertama itu pengetahuan dulu... imajinasi bisa muncul karena ada pengetahuan mengenai yang ada sekarang... jadi.. ente harus tau mengenai sesuatu hal dulu... baru kita bisa memunculkan imajinasi mengenai hal yang baru...
untuk bisa muncul yang baru.. tentu harus ada yang lama dulu kan..??? xixixixi

peace bos...


Kutip:
Oleh bjhe View Post
hal pertama yg saya sarankan, jangan berpikir. Bukan berarti, kita tidak menggunakan otak kita. Membentuk imajinasi itu mudah, kita mulai untuk berkeinginan lebih baik lagi dan rasa penasaran besar. Seperti misalnya, kita bisa mulai dengan pernyataan, "kalau begitu, akan lebih bagusnya begini/ada alat ini."
itu artinya sudah mulai memiliki syarat utama yang udah gw ungkapin diatas. Iya bukan?
tuh.. udah ente akui sendiri di paragraf ini bos.. bahwa... pertama pengetahuan dulu..... baru imajinasi...

walaupun elo juga pasti tau kalo einstein pernah bilang bahwa imajinasi lebih penting daripada pengetahuan... xixixixi..
tapi.. please deh...
itu kan imajinasinya einstein.. xixixi.. ya iya lah.. imajinasinya einstein kan berdasarkan pengetahuannya einstein.. and.. perlu elo cermati.. einstein tidak membicarakan urutan... kalo dia bicara urutan.. gue yakin banget dia akan bilang urutannya ya pengetahuan dulu baru imajinasi....

Kutip:
Oleh bjhe View Post
Yang kedua, jangan hidup tanpa batasan!!!
mmh.. kalo yang ini.... cuma mau koreksi dikit.. statement nya aja yang kurang tepat.. maksudnya sih mantap....

overall..
thread yang keren bos....
one klik...
popoi
popoi popoi is offline
Continent Level

Post: 6.094
 
Reputasi: 31

__________________
The one and only pop


Jangan pernah menyerah dalam melakukan hal - hal yang baik
www.masterpunker.blogspot.com

Recent Blog: Keracunan RC   





Reply With Quote     #8   Report Post  

Bls: Imagination 1st

Hmm.. imajinasi merupakan seni (art) dari alam pikiran kita.. yup.. imagination is art.. seni dalam memikirkan sesuatu yang ingin kita capai, dll..dsd, n etc.. wkwkwkwwk.. imajinasi merupakan visualisasi virtual alam pikiran kita yang terus "bekerja".. dalam keadaan sadar maupun tidak..
Redbastard
Redbastard Redbastard is offline
World Level

Post: 16.815
 
Reputasi: 222

__________________





Reply With Quote     #9   Report Post     Original Poster (OP)

Bls: Imagination 1st

Kutip:
Oleh popoi View Post
xixixixixi... dua hal yang gue bold itu kayaknya bertolak belakang ya bos..??
gimana kita bisa memulai sesuatu yang baru kalo imajinasi adalah yang pertama..?? gak bisa bos....
yang pertama itu pengetahuan dulu... imajinasi bisa muncul karena ada pengetahuan mengenai yang ada sekarang... jadi.. ente harus tau mengenai sesuatu hal dulu... baru kita bisa memunculkan imajinasi mengenai hal yang baru...
untuk bisa muncul yang baru.. tentu harus ada yang lama dulu kan..??? xixixixi

peace bos...
bagus nih ada yang berpikir seperti ini. Pengetahuan dahulu ya kalo menurut anda. Kalau bang popi maksudkan, saia kategorikan sebagai pengembangan, bukan hal yang benar-benar baru. Ketika seseorang pertama kali menginvented sesuatu, ia akan berpikir sesuatu. Nah, buah-buah pikiran tersebut membutuhkan pengetahuan untuk membuatnya menjadi nyata. Nah berarti, walaupun dia tidak memiliki suatu bahan pengetahuan untuk menjadikan imajinasinya menjadi nyata, tetap di bilang kalau ia berimajinasi bukan?! Kalau menurut saia tidak bertolak belakang. Untuk memulai sesuatu yang baru, berarti imajinasi merupakan yang pertama kali untuk menginvented sesuatu.

Ingat tentang aturannya, hari ini mungkin tidak nyata, tetapi besok mungkin akan menjadi kenyataan.

Kutip:
Oleh popoi View Post
tuh.. udah ente akui sendiri di paragraf ini bos.. bahwa... pertama pengetahuan dulu..... baru imajinasi...
Nah, misalnya begini dalam kasus kendaraan. Apa ketika wright bersaudara menciptakan pesawat ia berpikiran akan terbentuk seperti yang sekarang?

Wright bersaudara, menimajinasikan dengan bentuk burung tanpa pengetahuan apapun. Buktinya, ia mencoba banyak model untuk menjadikannya terbang, dan banyak yang gagal bukan. Kalau ia telah memiliki pengetahuan, ia tentu akan tahu apa itu aerodinamis, bagaimana pendaratan yang mulus, dll. Tetapi itu semua ia mulai dari 0 dengan mengimajinasikan burung.

Kutip:
Oleh popoi View Post
walaupun elo juga pasti tau kalo einstein pernah bilang bahwa imajinasi lebih penting daripada pengetahuan... xixixixi..
tapi.. please deh...
itu kan imajinasinya einstein.. xixixi.. ya iya lah.. imajinasinya einstein kan berdasarkan pengetahuannya einstein.. and.. perlu elo cermati.. einstein tidak membicarakan urutan... kalo dia bicara urutan.. gue yakin banget dia akan bilang urutannya ya pengetahuan dulu baru imajinasi....
Saia tidak menyangkal akan pengetahuan yang diberikan pada ilmuwan. Tapi saia ingin memberitahu, kalau mereka semua berimajinasi awalnya. Kalau pengetahuan dahulu baru imajinasi, berarti nenek moyang ayam itu tercipta dari telor dahulu baru menetas menjadi ayam. Padahal kan kenyataannya ayam dulu. Karena menurut pengetahuan kita, telor adalah awal. telor -> anak ayam -> ayam dewasa. Gimana tuh?


Kutip:
Oleh popoi View Post
mmh.. kalo yang ini.... cuma mau koreksi dikit.. statement nya aja yang kurang tepat.. maksudnya sih mantap....

overall..
thread yang keren bos....
one klik...
tengkyu, yaudah deh, bang popi jelaskan batasan-batasan dalam berimajinasi

Kutip:
Oleh Redbastard View Post
Hmm.. imajinasi merupakan seni (art) dari alam pikiran kita.. yup.. imagination is art.. seni dalam memikirkan sesuatu yang ingin kita capai, dll..dsd, n etc.. wkwkwkwwk.. imajinasi merupakan visualisasi virtual alam pikiran kita yang terus "bekerja".. dalam keadaan sadar maupun tidak..

nah itu dia bang red, maksud saia adalah, imajinasi juga termasuk cara kerja otak. Jadi tidak ada yang namanya berpikir secara imajinasi atau berpikir secara logika. Yang ada adalah, berpikir secara kerja otak yang natural, yang seimbang.
bjhe
bjhe bjhe is offline
Continent Level

Post: 3.888
 
Reputasi: 38

__________________





Reply With Quote     #10   Report Post  

Bls: Imagination 1st

I Luv My Imagination..

imajinasi tanpa batas.. (it's my imajination)

Bebas..

Mengekpresikan daya khayal kita.. menembus batasan ruang dan waktu...
Redbastard
Redbastard Redbastard is offline
World Level

Post: 16.815
 
Reputasi: 222

__________________
Reply
 


Thread Tools Search this Thread
Search this Thread:

Advanced Search





Pengumuman Penting

- Pengumuman selengkapnya di Forum Pengumuman & Saran


Cari indonesiaindonesia.com
Cari Forum | Post Terbaru | Thread Terbaru | Belum Terjawab


Powered by vBulletin Copyright ©2000 - 2017, Jelsoft Enterprises Ltd.