Cara Menentukan Paket Hosting yang Sesuai

iinrhost

New member
Ada 2 hal penting yang dipertimbangkan oleh webmaster dalam menentukan paket hosting yang tepat - disk space dan data transfer.

Disk space adalah alokasi ruang penyimpanan (storage) untuk situs. Cara sederhana untuk menentukan disk space adalah sbb:

Jumlah seluruh ukuran file situs yang akan di-upload ke web server. (html, text, grafik, gambar, script. flash, audio, video dan lain - lain).

Bila totalnya adalah 10 MB maka minimum disk space yang dibutuhkan adalah 10 MB (tip: Pilih > 10 MB untuk mengalokasikan kemungkinan ukuran situs akan membesar karena modifikasi, pertambahan file).

Data transfer adalah besar perpindahan data antara web server di mana situs tersebut disimpan dan komputer pengunjung. Cara sederhana untuk menentukan data transfer yang dibutuhkan adalah sbb:

Ukuran situs kali jumlah pengunjung dalam satu bulan.

Bila ukuran situs - 10 MB dan jumlah pengunjung - 100 dalam satu bulan maka data transfer yang dibutuhkan minimum 1 GB per bulan (tip: Pilih > 1 GB untuk mengalokasikan kemungkinan pertambahan pengunjung dan menghindari account di-suspend karena data transfer melebihi kuota).

Bila isi situs sebagian besar adalah text, biasanya disk space dan data transfer yang dibutuhkan relatif kecil. Sebaliknya, isi situs yang multimedia (banyak gambar, audio, video, flash) membutuhkan disk space dan data transfer yang besar.

Kebanyakan penyedia jasa hosting menawarkan upgrade ke paket yang memberikan disk space dan data transfer yang lebih besar. Ini mempermudah bila kemudian hari ukuran dan trafik situs membengkak. Sebaiknya ditanyakan dulu apakah ada biaya upgrade dan kemungkian downgrade ke paket semula.

Tentu ada hal - hal lain yang perlu dipertimbangkan juga seperti fitur - fitur yang ditawarkan dan addon.

Semoga info ini bermanfaat.
 
Bls: Cara Menentukan Paket Hosting yang Sesuai

oke, satu lagi keamanan yg diperlukan jika suatau saat web ente kena hack ato apa lah gitu. kan bisa dibackup ama teknisinya
 
Back
Top