kasiat kencur, kunci, kunyit

nurcahyo

New member
Kencur
(Kampferia galanga)

Tanaman ini nyaris tidak berbatang karena hanya daunnya yang nampak tumbuh rapat di atas tanah. Kencur relatif tahan naungan namun tidak tahan kekeringan. Umbinya digunakan sebagai bumbu urap, pecel, dan sayur lainnya. Selain digunakan sebagai jamu, param kocok (penghangat badan) dan dikunyah-kunyah untuk penghilang suara serak seperti yang dilakukan oleh seorang tokoh nasional feminis kita. Perbanyakan dengan menggunakan umbi yang ada mata tunasnya.



Kunci
(Gastrochilus panduratum)

Menghasilkan umbi utama yang membengkak (lonjong) dan ditempeli dengan akar panjang yang membengkak pula sehingga mirip deretan kunci yang menggantung. Umbi digunakan sebagai bumbu penyedap atau sebagai jamu.



Kunyit
(Curcuma domestica)

Warna kuning/jingga umbi adalah ciri khasnya. Tanaman kunyit berupa semak dengan tinggi 1-1,5 m, daun agal lebar dan umbi induk yang menghasilkan umbi-umbi cabang di sisi kiri-kanannya. Perbanyakannya cukup mudah, cukup dengan potongan umbi ada mata tunasnya. Relatif tahan naungan dan kekeringan. Umbi digunakan sebagai bumbu masak atau jamu.
 
Back
Top