Langkah Sederhana Mempublikasikan Situs

iinrhost

New member
Banyak penyedia jasa hosting memberikan fasilitas membuat situs tanpa perlu menguasai hal - hal teknis secara mendalam. Tetapi itu tergantung pada kebutuhan, penguasaan teknik - teknik dasar pembuatan situs tentu lebih baik. Situs yang sudah jadi perlu dipublikasikan untuk dapat diakses oleh publik. Terlepas bertujuan untuk komersil atau hanya berbagi info, situs tersebut harus di-host pada web server.

1. Pilih paket hosting yang sesuai
Banyak penyedia jasa hosting menawarkan berbagai macam paket hosting. Pilih yang sesuai dengan ukuran situs dan trafik.

Sebagai langkah awal bisa lihat di sini.

2. Meng-upload situs
Penyedia jasa hosting biasanya memiliki fasilitas meng-upload situs yang disebut File Manager ke root directory. Bila ukuran situs tidak besar, menggunakan fasilitas ini sudah cukup. Tetapi bila ukuran situs besar ( > 100 file), menggunakan program FTP (File Transfer Protocol) lebih cocok karena dapat meng-upload semua file sekaligus tidak seperti File Manager yang memiliki keterbatasan dalam jumlah file yang bisa di-upload dan banyak yang bilang lebih lambat.

Banyak program FTP yang bagus baik yang gratis maupun yang bayar. Bagi pengguna FireFox, mungkin sudah tahu ada addon ini - FireFTP.


Semoga bermanfaat.
 
Back
Top