Apple Meninggalkan Proyek Zfs

Zenman

New member


Walaupun sempat dikabarkan bahwa ZFS akan digunakan sebagai filesystem pada Mac OS X menggantikan HFS+, Jumat lalu Apple secara resmi meninggalkan projek tersebut karena permasalahan dengan perizinan.

ZFS adalah sebuah filesystem yang dikembangkan oleh Sun Microsystems sebagai filesystem masa depan yang dapat melakukan backup otomatis tanpa mekanisme tambahan. Filesystem sendiri adalah mekanisme yang digunakan untuk membaca dan menulis data ke sebuah perangkat penyimpanan seperti CD, DVD, hard drive, flash drive, dan sebagainya.

Bagi pengguna Mac, filesystem yang digunakan bernama HFS+ atau kini lebih dikenal sebagai Mac OS Extended. Versi terbarunya adalah Mac OS Extended (journaled) yang digunakan lebih luas sejak tahun 2007 ketika Apple memperkenalkan Spotlight sebagai mesin pencari internal.

Dengan ZFS, tidak diperlukan lagi software seperti Time Machine maupun SuperDuper dan penggunanya tidak perlu kuatir untuk mengingat kapan terakhir melakukan backup. Namun tentunya ini berarti kebutuhan untuk hard drive berkapasitas besar semakin penting terutama untuk pengguna notebook.

Selain itu, ZFS dapat mengenali tambahan hard drive sebagai perluasan ruangan dengan mengabaikan pemisahan secara fisik maupun visual. Tidak seperti saat ini di mana drive tambahan akan tampil di Finder terpisah dari drive utama.

Ketika Apple mulai tertarik kepada ZFS, banyak pihak yang sangat senang mendengarnya terutama pihak Sun sendiri karena ini berarti pengadopsian secara masal. Namun ZFS batal hadir di Mac OS X Leopard, yang tersisa hanyalah dukungan untuk mengenali dan membaca drive yang menggunakan format tersebut.

Dua tahun berselang, Sun dibeli oleh Oracle, kemudian Apple menemui permasalahan dengan lisensi penggunaan ZFS yang akhirnya memaksa mereka untuk meninggalkan projek ZFS untuk Mac. Selain itu sebagian besar keuntungan ZFS tidak relevan untuk pengguna sehari-hari karena fiesystem ini dirancang untuk komputasi tingkat korporat pada server berkapasitas besar.

Namun ini bukan berarti Apple kembali kepada HFS+ karena mereka tengah mengembangkan filesystem alternatif untuk menggantikan HFS+ yang mulai uzur relatif terhadap perkembangan sistem operasi dan teknologi lain setelah hadir di tahun 1998. source : megindo.net

info mengenai ZFS filesystem
 
Back
Top