Kenali aktifitas dalam jaringan internet kita (part-2)
 
Go Back   Home > Komputer & Games PC

Daftar
Lupa Password?


Anda juga bisa login menggunakan akun Jejaringsosial.com anda
Gambar Umum Video Umum Radio & TV Online

Sponsored Links
 


 
Reply
 
Thread Tools Search this Thread
Reply With Quote     #1   Report Post  

Kenali aktifitas dalam jaringan internet kita (part-2)

Menyambung "thread" terdahulu berikut saya coba bertukar pengalaman lebih lanjut.

Setelah menggunakan DUMETER sebagai indikator aktifitas upload/download pada jaringan saya cukup tenang karena dapat memonitor aktifitas pertukaran data, sampai pada suatu ketika saya dibuat terkaget-kaget plus was-was.

Saya meninggalkan komputer dalam keadaan idle sama-sekali karena ada buku yang perlu saya baca. Lalu disela-sela saya membaca tanpa sengaja saya menoleh ke display box DUMETER saya dan saya terkejut mendapati indikator tersebut menunjukkan adanya aktifitas download data yang cukup besar padahal saya belum meng-aktifkan semua software yang memerlukan auto-update (download) seperti Outlook atau software2 antivirus/antispyware atau bahkan termasuk Windows-nya sendiri, untuk itulah saya patut was-was jangan2 sebuah software yang tak terkontrol tengah melakukan download secara otomatis.

Langkah pertama saya melihat di "Task-manager" untuk melihat aplikasi apa yang saat itu sedang aktif. Namun "Task-manager" hanya menunjukkan adanya aktifitas prosesor dengan penggunaan "resource" terbesar yaitu "System idle process" sebesar 98%, dan penggunaan memory terbesar adalah browser Opera.

Setelah melalui pencarian dan uji coba berbagai software network utility, maka ....bingo,... ada satu software Network utility yang memenuhi keinginan saya yaitu Zone Alarm dari Zone Labs (www.zonelabs.com)

Software utility ini termasuk cukup sederhana, tidak memerlukan pengetahuan networking yang mendalam namun cukup handal. Dengan Zone Alarm ini semua aktifitas software yang tengah dijalankan oleh prosesor dapat termonitor sekaligus kita dapat mengontrol apakah mengijinkan atau tidak aplikasi tersebut berjalan. termasuk apabila ada permintaan untuk mengakses internet atau jaringan lokal, sehingga kita dapat membagi dua level Firewall : yang di PC bisa di-set trusted untuk jaringan lokal, sedangkan untuk jaringan internet bisa di-set di Zone Alarm menjadi maksimum security. Demikian juga terhadap segala bentuk pop-up request dan permintaan koneksi dari IP Statik luar berupa intrusion detection akan memberikan tanda Alert.

Demikian sekedar berbagi pengalaman,...dan ini belum cukup..!!, dunia Virus dan Spyware masih mengancam kita,... Hal ini akan saya coba share-kan pada bagian tiga.

Salam........
bujangsecond
bujangsecond bujangsecond is offline
Home Level

Post: 12
 
Reputasi: 0

       
Reply
 

Thread Tools Search this Thread
Search this Thread:

Advanced Search




Similar Threads
Thread Original Poster Forum Replies
Kenali aktifitas dalam jaringan internet kita bujangsecond Komputer & Games PC 1


Pengumuman Penting

- Pengumuman selengkapnya di Forum Pengumuman & Saran


Cari indonesiaindonesia.com
Cari Forum | Post Terbaru | Thread Terbaru | Belum Terjawab


Powered by vBulletin Copyright ©2000 - 2017, Jelsoft Enterprises Ltd.