Makan telor, bisulan??

Bls: Makan telor, bisulan??

BISUL merupakan gejala radang yang sering dijumpai. Tidak hanya pada anak-anak, tapi juga orang dewasa. Umumnya orang awam menganggap bahwa mengonsumsi banyak telur bisa menyebabkan bisul. Benarkah demikian? Menurut dr Hengky Indradjaja, mengonsumsi telur tidak membuat orang mudah terkena bisul. "Tidak ada hubungan antara bisul dan telur," ujarnya di Kantor Dinas Kesehatan Kota Jambi.

Namun jika seseorang alergi terhadap telur kemudian timbul gatal-gatal, itu bisa terjadi. Gatal-gatal tersebut digaruk terus-menerus sehingga menjadi koreng. "Lalu terinfeksi kuman, muncullah bisul," ujarnya.

Bisul sendiri dalam bahasa kedokteran disebut furunkel, yakni radang atau infeksi yang disebabkan kuman atau bakteri staphylococcus aureus. "Misalnya ada gatal pada kulit, terus digaruk. Karena kebersihan kurang dijaga, masuk bakteri. Terjadi infeksi, jadinya bisul," jelasnya.

Faktor kebersihan memegang peran penting terjadi-tidaknya infeksi. Bila lingkungan kurang bersih, infeksi akan mudah terjadi. Karena itu, pada anak-anak, gejala bisul mudah dijumpai. Anak identik dengan dunia bermain, termasuk main benda kotor semisal tanah. Belum lagi setelah main, anak tidak mencuci tangan. "Nah, kalau kebersihan anak dan bayi tak dijaga, akan mempermudah terjadinya bisul," ujar Hengky.

Namun jangan pula dilupakan faktor gizi. Gizi yang kurang juga dapat memengaruhi timbulnya infeksi. "Bila gizi kurang, berarti daya tahan tubuh menurun, sehingga akan mempermudah timbulnya infeksi," jelasnya. Terlebih pada bayi dan anak-anak, kekebalan tubuhnya kurang dibandingkan orang dewasa.

Munculnya bisul merupakan sebentuk pertahanan tubuh dari masuk bakteri ke dalam tubuh. Dalam hal ini sel darah putih yang ada tubuh mengikat bakteri dalam satu tempat.

Warna memerah dan bengkak merupakan tanda bahwa tubuh memberikan suatu respons dengan berusaha mendatangkan sel-sel radang di sekitarnya untuk mematikan kuman dan mengeluarkan kuman tersebut. Lamanya proses membesar tergantung dari respons imunologis yang dimiliki penderitanya. "Bila responsnya baik, makin cepat pula sembuhnya," ujarnya.

Yang pasti, karena penyebabnya infeksi, bisul termasuk penyakit menular. Menularnya bisa karena garukan tangan, yang memindahkan kuman dari satu tempat ke tempat lain. Tak heran orang awam sering menyebut bisul beranak. Itu menunjukkan daya tahan tubuh anak kurang sekali

iduniaveteriner.com
 
Bls: Makan telor, bisulan??

iyah sama sama den wahyu,..
ho oh, bisa bisulan to enggaknya tergantung alergi / tidaknya seseorang terhadap telor...
 
penyebab:
telor apapun kalo asupan makanan induk pake makanan pabrikan/siap pakai.. makanan poor(?) ini awal biang bisul.
coba makan telur buaya, ular; dinosaurus... pasti gak buat penyakit. malah jadi sakti anti penyakit!
kalo udah terlanjur busulan? ke pawang bisul! suruh buang induknya... yg lain pasti ngilang dwdw.
 
Back
Top