Detak Jantung Tak Teratur, Tak Berbahaya Tapi Perlu Diperiksa

nurcahyo

New member
Detak Jantung Tak Teratur, Tak Berbahaya Tapi Perlu Diperiksa
Lihat Gambar

KapanLagi.com - Banyak orang yang tidak menyadari saat detak jantung mereka mulai tidak teratur, yaitu terkadang lambat ataupun tiba-tiba cepat. Kebanyakan orang dapat hidup tenang tanpa rasa cemas memikirkan kemungkinan akan mengalami gangguan kesehatan, bila mengalami jantung mereka berdetak cepat atau satu ketika berdetak melambat.

Untuk memastikan seberapa berbahayanya ketidakteraturan detak jantung seseorang dan apakah diperlukan terapi, maka sebaiknya orang tersebut mendiskusikannya dengan dokter.

"Sebaiknya kita perlu waspada pada saat denyut jantung kita tiba-tiba menjadi cepat atau lambat," kata Thomas Meinertz dari Pusat Penelitian Jantung di sebuah universitas di Hamburg, yang juga anggota dewan direksi Yayasan Jantung Jerman di Frankfurt .

Detak jantung yang tidak teratur dapat saja merupakan hal yang normal atau innocent, demikian istilah yang digunakan oleh dokter jantung untuk menggambarkan kondisi jantung yang tidak bermasalah.

Namun Meinertz mengatakan bahwa tidak ada batasan yang jelas antara detak jantung yang tidak teratur, yang dianggap normal, atau yang mengindikasikan kondisi jantung yang serius.

Bahkan detak jantung yang tak teratur, yang dikaitkan dengan penyakit atau masalah kesehatan jantung juga tidak selalu bersifat mengancam jiwa si pengidap.

"Penanganan berupa tindakan segera harus dilakukan, seandainya hal tersebut bisa mengakibatkan kemungkinan serangan jantung atau gagal jantung," kata Meinertz

Tindakan segera juga harus dilakukan apabila masalah detak jantung yang tidak teratur membawa dampak negatif kepada kemampuan fisik orang tersebut. (*/bun)
 
Back
Top