Yoga Teratur, Stroke Menjauh

nurcahyo

New member
Yoga Teratur, Stroke Menjauh
Lihat Gambar

KapanLagi.com - Latihan senam yoga yang dilakukan secara teratur dapat menurunkan risiko terserang stroke karena dapat meningkatkan sirkulasi dan merangsang suplai darah ke seluruh tubuh terutama ke otak.

"Dalam latihan yoga, pasien stroke dapat melakukan latihan peregangan seluruh bagian tubuh dan bahkan memijat organ-organ internal, kelenjar-kelenjar, sistem sirkulasi dan sistem pembuangan," kata praktisi yoga dan master of energy, Rahmat Darmawan, di Jakarta, Selasa (17/10/06).

Ia mengatakan, dengan sikap fisik, pernafasan yang terkendali dan latihan yang dirancang, seseorang dapat mencapai kedamaian jiwa dan energi kehidupan tersalur dalam pikiran dan jiwanya.

Menurut dia, bila seseorang yang berlatih yoga secara teratur telah dapat berkonsentrasi penuh ketika latihan, maka tahap keseimbangan dan tingkat stres dapat hilang dari pikiran.

"Dengan begitu seseorang dapat mengistirahatkan tubuh dan menenangkan pikiran. Dalam kasus stroke, latihan yoga merangsang peningkatan sirkulasi darah dalam tubuh," katanya.

Ia mengatakan, untuk pasien stroke, latihan yoga yang dapat dilakukan adalah asana (sikap fisik) dan pranayama (pernafasan yang terkendali).

Jika semua gerakan yoga dilakukan dengan sungguh-sungguh akan banyak membantu keseimbangan energi dan kenyamanan tubuh untuk kehidupan sehari-hari, bahkan penting untuk peremajaan sel-sel tubuh.

Yoga berasal dari India dan telah dilakukan sejak 4.000 tahun yang lalu. Sejak 1960-an senam yoga telah menyebar ke seluruh dunia.

Menurut Rahmat, yoga merupakan induk dari senam serta berbagai jenis beladiri, tari, musik, nyanyian, bahkan seni bercinta dan penyembuhan.

Yoga berasal dari bahasa sansekerta 'Yuj' yang artinya menghubungkan atau menyatukan. Secara horisontal berarti menyatukan tubuh, pikiran, dan jiwa seseorang dalam keselarasan yang alami. Dalam arti vertikal, berarti menyatukan kesadaran diri dengan Tuhan.

Yoga adalah sebuah keterampilan yang memberikan dua disiplin praktek yaitu gerak dan diam. Disiplin gerak bermanfaat untuk menguatkan fisik, menghilangkan kekakuan sendi dan otot, serta mengontrol kesehatan saraf dan kelenjar tubuh.

"Kalau kita konsisten untuk berlatih yoga secara teratur, risiko penyakit berbahaya seperti stroke dapat dihindari sejauh mungkin," katanya. (*)
 
Back
Top