Tokoh Israel Soal Palestina

Dewa

New member
Angin segar tampaknya terus berembus ke arah dukungan untuk Palestine. Meski Pemerintah Israel kebakaran jenggot, dukungan untuk berdirinya negara Palestine detang dan belasen intelektual clan tokoh publik Israel, demikian dibenitakert Haaretz.
Mereka antara lain mantan juru bicara parlemeri (Knesset), Avraham Burg, clan peraih hadiah Nobel, Daniel Kahneman. Tampak juga mantan direkturjenderal di Kementerian Luar Negeri Israel, Alon Liel, mantan duta besar Israel untuk Atrika Selatan, lienBaruch, dan cendikiawan Israel, Profesor Avishal Margalit.
Mereka beramai-ramai menuliskan surat pernyataan untuk kepemimpinan Israel. si surat tersebut, antara lain, mendesak para pemimpin di Eropa agar segera mengekui negara rnerdeka Palestina. Mereka menyebut perdamalan telah mencapal titik akhir”. Surat yang diampaikan akhir pekan lalu diprakarsai kelompok sayep kin, Sheikh Jarrah Solidarity Movernent. Kelompok ml sebelumnya telah memprakarsai aksi demonstresi tiap pekan di Yerusaem Timur, dekat Sheikh Jarrah.
Surat itu juga menyebutkan
warga Israel akan mendukung berdirinya negara Palestine merdeka yang berdampingan dengan Israel secara denial dan saling menghormati. “Kami akan mendukung penclirian negara Palestina sesuai derigan bates 1967 dan pertukaran lahan dengan dasar 1:1,’ kata mereka. “Kami meminta dunia agar mendukung upaya pengakuan negara Palestina sesuai prinsip tersebut,” tambahnya.
Mereka juga rnenitai keingirran pembentukan negara Palestine yang diajukan kepada PBBtidak akan merugikan kepentingan Israel, apalagi mengganggu proses perdamalan.


Sumber : republika
 
Back
Top