Kenapa...kok,mesti.....?

Bls: Kenapa...kok,mesti.....?

ini isinya
3 Ali Imran 3
Dia menurunkan Al Kitab (Al Qur'an) kepadamu dengan sebenarnya; membenarkan kitab yang telah diturunkan sebelumnya dan menurunkan Taurat dan Injil.

3 Ali Imran 20
Kemudian jika mereka mendebat kamu (tentang kebenaran Islam), maka katakanlah: "Aku menyerahkan diriku kepada Allah dan (demikian pula) orang-orang yang mengikutiku". Dan katakanlah kepada orang-orang yang telah diberi Al Kitab dan kepada orang-orang yang ummi: "Apakah kamu (mau) masuk Islam?" Jika mereka masuk Islam, sesungguhnya mereka telah mendapat petunjuk, dan jika mereka berpaling, maka kewajiban kamu hanyalah menyampaikan (ayat-ayat Allah). Dan Allah Maha Melihat akan hamba-hamba-Nya.

3 Ali Imran 45
Ingatlah), ketika Malaikat berkata: "Hai Maryam, sesungguhnya Allah menggembirakan kamu (dengan kelahiran seorang putra yang diciptakan) dengan kalimat (yang datang) daripada-Nya, namanya Al Masih Isa putra Maryam, seorang terkemuka di dunia dan di akhirat dan termasuk orang-orang yang didekatkan (kepada Allah),


Islam dan Kristen adalah satu jalan,dimana Al Qur'an sudah memeberi pembenaran atas isi kitab-kitab sebelumnya yaitu Taurat dan Injil.
dan kewajiban kita umat Islam adalah memberi tahu makna kebenaran,jika seseorang menolak..biarkanlah,supaya Allah tetap menyayangi UmatNya.
(berarti tidak dengan kekerasan)

Terlebih,Isa juga adalah salah satu nabi besar kita dari antara 25 nabi-Nabi Besar....kita bersaudara .meskipun saudara sepupu.

itulah tauladan Allah yang diturunkan kepada nabi junjungan kita Muhammad SAW.

anda yakin seorang muslim??? saya melihat anda ada mempost di tread agama lain yang berbeda isi keyakinannya??? kalo anda bukan muslim saya bersyukur anda menyakini isa binti maryan hanya seorang nabi bukan lebih dari itu,itu tanda anda ahli kitab yang dalam alquran sebagian kecil
 
Bls: Kenapa...kok,mesti.....?

yah.. pengen saya juga begitu bro depson, koq saya ini gak dilahirkan pada jaman nabi Muhammad SAW.. sehingga tahu secara langsung sifat2 beliau, kebiasaan beliau bahkan menatapi wajah beliau.. sehingga tak perlu lelah jiwa ini mencari, sehingga setiap ada permasalahan umat tinggal mengadu saja xixixi.. bukan seperti sekarang yg tahu karena membaca hadits.. hehehe..

sebelum bertindak ada tahapan2nya, dan tahap pertama dlm menghadapi masalah adalah diam. saya kira inilah yg dilakukan nabi Muhammad dan sahabat pada sejarah Islam periode Makkah (periode Tauhid!! pada Islam periode Madinah disebut pula periode Syariat, surah ali-Imran diturunkan di Madinah) ketika menghadapi cemoohan, hinaan dan siksaan oleh kaum Quraisy Makkah. keagungan akhlak..

mungkin bener, iman saya memang lemah.. sering godain cew2 di ii seh.. hiahahaha..

al-Fatihaah!!

berarti anda tidak tau yang dialami muhammad SAW dalam periode madinah berkaitan dengan para ahli kitab.tolong di baca kitabnya
 
Bls: Kenapa...kok,mesti.....?

depson, berarti selama ini anda cuma bisa membaca tanpa tahu makna dibaliknya.. gak tahu bagaimana nabi Muhammad memformulasikan 'syariat' Islam dg politik, kenegaraan, bermasyarakat, menjaga keamanan negara, kerukunan antara umat beragama, pajak dll yg termaktub dlm surah2 yg turun di Madinah..

jgn cuma bisa reply trus komentar merendahkan, menyuruh2 orang lain pula. bagi2 ilmulah disini, kan anda berilmu tinggi bgt tuh, imannya kuat pula.. -_-

pertanyaannya bjhe blm ente jawab tuh..
 
Bls: Kenapa...kok,mesti.....?

yg mau bergumul dg cewe silahkan ke Warung Lesehan yakkk.. ato ke group facebook indonesiaindonesia.com hahahaha..
 
Bls: Kenapa...kok,mesti.....?

udah-udah gak usah debat masalah agama bro
sekarang kita pikirin diri kita sendiri udah benar atau belum
kalu mau mendingan kita sharing aja bro masalah agama tentang sholat, jakat, dan yang lainnya
jangan ada perdebatan di antara kita kalau memang kita umat yang beragama


setuju bro............
 
Last edited:
Bls: Kenapa...kok,mesti.....?

setujuuuu.. hehehe.. tp perbedaan khilafiyah itu pasti ada baik yg ritual maupun yg non ritual.. tolong hormati perbedaan dikitlah.. gk usah pake acara tunjuk jari secara personal.. kemukakan saja perbedaan secara konstruktif, bukan malah memberikan kesimpulan penilaian 'berarti anda..', 'anda itu..'
 
Bls: Kenapa...kok,mesti.....?

maksudnya anda itu, sama siapa ?
memang tidak sedikit perbedaan didalam islam, tapi kalau kita, coba untuk mengerti dan memahami apa yang ada dalam perbedaan itu kita pasti
berfikir kenapa dia bisa berbeda ? dan jawabannya, mungkin karena
tempat atau lingkungan, guru yang mengajar, dan lain-lain yang mungkin menjadikan sebuah perbedaan itu ada.
contohnya : saya lahir di sunda atau banten jelas berbeda dari cara saya mengaji, sholat dan lai-lain bila di bandingkan dengan orang luar sunda atau banten meskipun yang di ajarkan itu sama untuk menyembah allah.
 
Bls: Kenapa...kok,mesti.....?

perdalam aja aqidah dulu... xixixixixi...
and.. bagi anda anda yang meniru niru saya.....

utang tiga bintang..
jiakakakakak
 
Bls: Kenapa...kok,mesti.....?

Iya, blum dijawab. Soalnya orang lain tidak tahu cara pikir orang lain. Kalo misalnya cuma co-paste arti al imran, tetap aja ada pemahaman tiap personal. Contoh: Meskipun ia cuma baca sekilas, ia juga harus memahami. Kalau misalnya di baca skilas, pasti pemahamannya "itu sejarah, itu terjadi udah lewat" atau semacamnya.
 
Bls: Kenapa...kok,mesti.....?

depson, berarti selama ini anda cuma bisa membaca tanpa tahu makna dibaliknya.. gak tahu bagaimana nabi Muhammad memformulasikan 'syariat' Islam dg politik, kenegaraan, bermasyarakat, menjaga keamanan negara, kerukunan antara umat beragama, pajak dll yg termaktub dlm surah2 yg turun di Madinah..

jgn cuma bisa reply trus komentar merendahkan, menyuruh2 orang lain pula. bagi2 ilmulah disini, kan anda berilmu tinggi bgt tuh, imannya kuat pula.. -_-

pertanyaannya bjhe blm ente jawab tuh..

oh anda merasa di rendahkan????saya mengatakan agar anda untuk membaca kembali trus anda merasa di rendahkan,dan parahnya anda menyatakan kalo alquran itu formulasi muhammad???(hei alquran itu ucapan dan firman allah SWT ) waduh baca lagi deh surah itu biar jelas,makanya saya bilang baca baca baca,jadi jangan cuma mengambil mukadimah aja? iqra itu lebih baik dari pada koment kagak ada isi,

kalo anda emosi itu tanda ada yang salah,ntah itu apa coba tanya hati anda

mari membaca??
@ bjhe

dan bukankan sodara faith(yang saya kurang tau agamanya apa) sudah cukup jelas memberikan ayat-ayat ali imran yang berkaitan dengan upaya pendekatan keadilan dan penyelesaian suatu masalah yang berkaitan dengan ahli kitab(jika saat itu para ahli kitab yahudi) ;bayangkan jika sodara faith adalah seorang ahli kitab,dia lebih tau dan mau belajar dan membaca ayat-ayat ALLAH SWT,umat muslim gimana nih

dan

coba ingat-ingat lagi acara tafsir almanar pada bulan puasa kemaren di metro tentang surah ali imran,saya rasa penjelasan Q. shihab udah jelas dalam menjelaskan sifat,sikap dan prilaku muhammad SAW dalam memprilakukan para ahli kitab.

dan coba telaah lagi,AL QURAN itu apasih menurut kalian
 
Bls: Kenapa...kok,mesti.....?

yang pastinya jangan sampai kita menjelek2an agama lain, begitu juga sebaliknya. Dan jangan juga mendatangi perdebatan. Kalau ada pemeluk agama lain yang mengajak berdebat cukup katakan "Tuhanku dan Tuhanmu itu sama" ( kalau dalam Islam ya Tuhan orang mana aja ya tetap Allah)

peace aja antar umat beragama....
 
Bls: Kenapa...kok,mesti.....?

Maksudnya gini loh bang, tentu saia ngerti dngan pemahaman saia sndri. Gw baca dan paham dngan cara saia sndiri. SEDANGKAN, yang gw pengen itu sharing bagaimana menurut abang depson. Kok malah nyuruh coba baca lagi? Orang itu udah jelas2 di tulis terjemahannya. Kalau q. Shibab bisa sharing di publik lewat media televesi, kenapa bang depson kagak bisa sharing dalem sini?Ditambah gw gag liat acara itu.

Yah, gag maksa sih, kalo gag mau sharing menurut pendapat abang. Tapi, kesan saia itu bang depson mencoba membuat di pikiran kita, seolah2 abang lebih banyak baca. Bang depson juga dngan kata2 seperti, kesan saia lebih pintar daripada saia. Jadi, wajar jika bertanya pada abang, kecuali saia bisa berkomunikasi 2 arah dngan malaikat penyampai wahyu. Atau bahkan bisa komunikasi 2 arah langsung dngan Allah SWT. kalo emang bener, knapa gag di amalkan pemahamannya? Gag ngebayang deh, kalo misalnya semua guru semua orang tua atau bahkan SEMUA ILMU, bersikap seperti abang tanpa harus memberikan pendapat sndiri2. Dunia pasti udah kiamat kalo gitu, karena ujungnya pasti dirinyalah yang paling benar (karena gak ada masukan)

Kelemahan kalo hanya baca sndiri, kamu gak bakal tau apa yang salah. Karena, kita hidup di dunia ini gak sndiri bang dan gak dalem bentuk serupa. Apa emang gak penting kalau nanyain pendapat? Wah, kalo gitu tulisan2 di al-qur'an itu isinya penuh dengan dogma. Bahkan agama islam sendiri agama yang berisi banyak2 dogma, kalau kita hanya membaca saja. Dan gak ada gunanya penafsiran2 yang banyak di seluruh negri.

Tentang formulasi itu. Maksud bang nizhami itu point2 penting dalam islam, di hidupkan dalam kegiatan beliau sehari2. Gag ada kata2 al quran tuh dsana.

Iya, gw akui gw banyk dosa, kurang baca al quran, bahkan jarang ibadah.
 
Bls: Kenapa...kok,mesti.....?

sikap kita?? mudah saja..

* pertama, diam.. krn langkah awal dlm semua ibadah adalah 'diam'. :D

* kedua, tersenyum, menjawab dan bertindak seperlunya saja, gak perlu ditanggapi berlebihan.. krn nabi Muhammad diutus untuk menyempurnakan akhlak manusia, tahu ilmu2 agama tp gak beretika thd orang lain ya buat apa..

* ketiga, tertawa seperti orang gila, ini yang biasa saya lakukan, bila ada benda asing di telinga saya.. wkakakakaka..

hahahaaha,

q paling suka yang ke 3 tuh!

"WUAKAKAKAKAKAKAKAKAKAKAKA
KAKAKAKAKAAKAKAKA........................"

 
Bls: Kenapa...kok,mesti.....?

Maksudnya gini loh bang, tentu saia ngerti dngan pemahaman saia sndri. Gw baca dan paham dngan cara saia sndiri. SEDANGKAN, yang gw pengen itu sharing bagaimana menurut abang depson. Kok malah nyuruh coba baca lagi? Orang itu udah jelas2 di tulis terjemahannya. Kalau q. Shibab bisa sharing di publik lewat media televesi, kenapa bang depson kagak bisa sharing dalem sini?Ditambah gw gag liat acara itu.

Yah, gag maksa sih, kalo gag mau sharing menurut pendapat abang. Tapi, kesan saia itu bang depson mencoba membuat di pikiran kita, seolah2 abang lebih banyak baca. Bang depson juga dngan kata2 seperti, kesan saia lebih pintar daripada saia. Jadi, wajar jika bertanya pada abang, kecuali saia bisa berkomunikasi 2 arah dngan malaikat penyampai wahyu. Atau bahkan bisa komunikasi 2 arah langsung dngan Allah SWT. kalo emang bener, knapa gag di amalkan pemahamannya? Gag ngebayang deh, kalo misalnya semua guru semua orang tua atau bahkan SEMUA ILMU, bersikap seperti abang tanpa harus memberikan pendapat sndiri2. Dunia pasti udah kiamat kalo gitu, karena ujungnya pasti dirinyalah yang paling benar (karena gak ada masukan)

Kelemahan kalo hanya baca sndiri, kamu gak bakal tau apa yang salah. Karena, kita hidup di dunia ini gak sndiri bang dan gak dalem bentuk serupa. Apa emang gak penting kalau nanyain pendapat? Wah, kalo gitu tulisan2 di al-qur'an itu isinya penuh dengan dogma. Bahkan agama islam sendiri agama yang berisi banyak2 dogma, kalau kita hanya membaca saja. Dan gak ada gunanya penafsiran2 yang banyak di seluruh negri.

Tentang formulasi itu. Maksud bang nizhami itu point2 penting dalam islam, di hidupkan dalam kegiatan beliau sehari2. Gag ada kata2 al quran tuh dsana.

Iya, gw akui gw banyk dosa, kurang baca al quran, bahkan jarang ibadah.

yah berarti itu dalam pikiran anda,maaf membuat anda menjadi berburuk sangka pada diri saya,saya nyarankan agar membaca agar rahmat dan pemahaman itu datang sendiri kepada anda bukan dari saya manusia yang kelak jika anda melihat 1 keburukan saya anda akan berpaling meninggalkan ALLAH SWT(Banyak kasus umat yang meninggalkan ulama-ulamanya karena nila manusia).oleh sebab itu baca,iqra dan iqra dulu setelah tau apa yang di baca baru anda tanya pendapat saya??(ingat baca arabnya dulu baru terjemahannya)

ingat muhammad SAW aja di awali dengan iqra,kenapa kita umatnya tidak memulai dengan itu juga.


benar anda seorang muslim??,karena jujur saya tidak tau apa itu dogma??? kayaknya itu bahasa kaum alkitab deh???tolong jelaskan itu??

jujur saya dari dulu sangat curiga dengan forum ini,apakah benar berisi para muslim karena umat muslim itu di utamakan untuk membaca,memahami ,baru bertanya ?bukan bertanya menerima baru menyanggah ato mengiyakan?

sekali lagi maaf jika saya di anggap sok pintar sok banyak baca,tapi saya ingin umat islam,khususnya forum islam ini membaca alquran dan mempelajarinya jangan sampai kita jadi terasing dari kitab kita sendiri dan kita tidak mampu membenarkan agama kita,

ingat ALLAH SWT MENJAGA AL QURAN,diantaranya melalui kita,awali dengan membaca,isi tiap sholat dengan bacaan tersebut(bayangkan tiap hari minimal 5X sepanjang hidup) dan akhiri dengan pengamalan,
inilah tanda ALQURAN tidak tercemar dan terjaga walau sudah lebih dari 1500 tahun,betapa mulianya ALLAH SWT dan MUHAMMAD SAW kan,dia mampu memberi kebenaran dan caranya seperti ini.
 
Bls: Kenapa...kok,mesti.....?

@bang depson
nah, pertama saia muslim. Saia bersaksi tidak ada tuhan selain Allah, dan nabi Muhammad itu utsan Allah.

Yang kedua, saia udah meluncur ke TKP alias langsung menuju ke sumber Al quran setelah bang faith post kan. Saia baca, dan hanya memahaminya sebagai kejadian masa lalu yang patut di contoh moralnya. Nah, di post sebelumnya anda menyebutkan Q. Shihab ada kaitan dngan Al imran. Saia makin penasaran bgaimana pndapat abang krna saia hanya mempelajari dari satu sumber tanpa mengenal lebih jauh, selain sebatas itu aja. So, bgaimana pndapat abang?

Yang ketiga, waduh jangan mendiskriminasikan sebuah kata untuk agama trtentu. Saia gag setuju itu (misal ni, dalam bahasa ibrani, nabi musa di namai mo-ses. Sedang, bhasa arab, dinamai mu-sa. Tapi keduanya tetap orang yang sama, dan tetap brarti sungai-pohon yang dapat inspirasi dimana beliau ditemukan. Tidak ada hanya milik bani israel atau tidak ada hanya milik orang-orang arab). Karena, itu bahasa indonesia dan saia orang indonesia, mangkanya saia menggunakan kata dogma. Itu saia pelajari sekilas tanpa diperdalam katanya lagi (waktu itu di gunakan oleh seorang ustad di tayangan "halal?"). Yang dalam pengertian saia, hal yang udah harus diterima saja tanpa harus di telaah (bnarkan kalo salah). Padahal dalam surat itu, bukan seperti itu cara memahaminya. Tidak sejelas seperti larangan membayangkan zat Allah yang merupakan salah satu dogma kita(tidak boleh tanya kenapa dan harus dijalani perintah larangan itu).

Keempat, aduh jangan merendahkan diri. Karena anda yang mengingatkan trus membaca. Tentu nantinya, bakal ada banyak orang yang seperti saia meskipun anda tidak mengingatkan, pasti juga ada. Dan itu permintaan berhak ditolak juga kok. Tidak wajib di jawab.

Ya, sekali lagi. Bagaimana pendapat abang? Insya Allah, saia tidak meninggalkan ajaran saia karena abang:)
 
Bls: Kenapa...kok,mesti.....?

assalamualaikum...
nie diskusi apa debat apa nunjukin ego masing2 apa gmn???
yg post jgn smpe nyinggung yg lain...
utarakan dengan kata yg santun....
lam kenal ea...
tetep peace ea....
wassalamu'alaikum....
 
Bls: Kenapa...kok,mesti.....?

saya menyatakan bahwa al-Quran adalah formulasi nabi Muhammad???
bang depson, saya terlepas dari segala tuduhan keji yang anda tujukan terhadap saya.. semoga Allah berkenan mengampuni anda..
 
Bls: Kenapa...kok,mesti.....?

@bang depson
nah, pertama saia muslim. Saia bersaksi tidak ada tuhan selain Allah, dan nabi Muhammad itu utsan Allah.

Yang kedua, saia udah meluncur ke TKP alias langsung menuju ke sumber Al quran setelah bang faith post kan. Saia baca, dan hanya memahaminya sebagai kejadian masa lalu yang patut di contoh moralnya. Nah, di post sebelumnya anda menyebutkan Q. Shihab ada kaitan dngan Al imran. Saia makin penasaran bgaimana pndapat abang krna saia hanya mempelajari dari satu sumber tanpa mengenal lebih jauh, selain sebatas itu aja. So, bgaimana pndapat abang?

Yang ketiga, waduh jangan mendiskriminasikan sebuah kata untuk agama trtentu. Saia gag setuju itu (misal ni, dalam bahasa ibrani, nabi musa di namai mo-ses. Sedang, bhasa arab, dinamai mu-sa. Tapi keduanya tetap orang yang sama, dan tetap brarti sungai-pohon yang dapat inspirasi dimana beliau ditemukan. Tidak ada hanya milik bani israel atau tidak ada hanya milik orang-orang arab). Karena, itu bahasa indonesia dan saia orang indonesia, mangkanya saia menggunakan kata dogma. Itu saia pelajari sekilas tanpa diperdalam katanya lagi (waktu itu di gunakan oleh seorang ustad di tayangan "halal?"). Yang dalam pengertian saia, hal yang udah harus diterima saja tanpa harus di telaah (bnarkan kalo salah). Padahal dalam surat itu, bukan seperti itu cara memahaminya. Tidak sejelas seperti larangan membayangkan zat Allah yang merupakan salah satu dogma kita(tidak boleh tanya kenapa dan harus dijalani perintah larangan itu).

Keempat, aduh jangan merendahkan diri. Karena anda yang mengingatkan trus membaca. Tentu nantinya, bakal ada banyak orang yang seperti saia meskipun anda tidak mengingatkan, pasti juga ada. Dan itu permintaan berhak ditolak juga kok. Tidak wajib di jawab.

Ya, sekali lagi. Bagaimana pendapat abang? Insya Allah, saia tidak meninggalkan ajaran saia karena abang:)

baik jika sudah di baca,apa yang anda baca,coba anda baca ayat 2-6,itu kalo bagi para sastra mengatakan narasi awal dari surah ini buat menjelaskan tujuan surah ini di turunkan....
dan disini juga sebagai bukti muhammad SAW (liat ayat 6 itu pernyataan ALLAH kepada MUHAMMAD dan manusia bahwa kita itu manusia bukan tuhan)itu bukan menjadikan alquran itu omongannya tetapi tu wahyu(jadi kagak ada formulasi dari muhammad tetapi ini sudah di atur oleh ALLAH SWT)

kemudian kita lihat kasus perkasus dalam surah ini (karena bahasan ini berkaitan bagaimana sikaf prilaku dan tindakan muhammad SAW dalam bersinggungan dengan dengan para ahli kitab(dimana pada surah ini para ahli kitab menanyakan kasus/masalah yang sebenarnya ada di dalam kitab mereka tetapi mereka ingin muhammad membenarkan tindakan mereka terhadap ihtihaj mereka dalam kasus perkasus),

pertanyaan kenapa mesti ali imran bukan al baqarah ato annisa
walau sama-sama ayat yang turun saat hijrah tetapi narasi awalnya yang kelak bagi umat ahli kitab mereka akan tersinggung:
lihat narasi albaqarah(dengan membenar kan alquran (walau memang benar) kelak nanti jadi perdebatan) sedangkan annisa (narasinya sudah pada pokok-pokok permasalahan syariat yang sama kelak jadi perdebatan bahwa ini untuk umat muslim bukan untuk semua umat ahli kitab) makanya saya menggunakan surah ali imran.

ketika anda melihat surah ini adalah sejarah saya melihat surah ini sebagai cara dakwah muhammad dalam menghadapi kasus-kasus para ahli kitab sehingga pd ayat 20 turun lah ayat itu: muhammad cuma menyampaikan urusan diterima ato tidak janganlah kamu ya muhammad bermuram durja sampai memikirkan berlebihan(ini narasi saya dalam ayat ini untuk ucapan allah kepada muhammad),
jadi muhammad tidak diam,kalo ada yang bilang sebaiknya diam maka itu lah orang-orang yang selemah-lemahnya iman,
* pertama, diam.. krn langkah awal dlm semua ibadah adalah 'diam'.
lihat cerita ali imran,cerita maryam,cerita zakaria,muhammad mengatakan secara gamblang tidak anda yang di tutupi tidak ada yang lebihkan ato di kurangkan karena ini firman ALLAH SWT bukan crita karangan muhammad SAW.
dan lebih utama lihat surah al iqra(karena itu awal islam dan ibadah,ada gak kata diam,adanya iqra,katakan jadi dasar umat islam itu katakan,ucapkan lantanglah bukan diam)
awal ibadah kita itu takbiratur ihram(ini ucapan yang didalamnya terlapis niat)

maka orang yang diam dan menganjurkan diam itu selemah-lemahnya iman,kalo tau kebenaran katakan,ucapkan itulah islam.

baru liat sifat-sifat muhammad lain dalam bermuamalah ayat 159-164,dia muhammad yang lemah lembut tutur katanya etc....

makanya saya tidak ingin melewati konteks bahasan tentang sifat muhammad SAW,dan umat islam dalam menghadapi kaum ahli kitab,bukan diam tapi bicara katakan dan ucapkan,karena itulah kebenaran.

yang lain tentang isi lain mukadimah yang di ucapkan tentang ali imran di bahas lain kali kalo ada yang buka tread lain,karena ini tread ini TS bertanya kenapa muslim........

jadi tolong umat muslim kalo emang mau ngejunk jangan deh di tread islam ato agama,juga pendapat yang anda kagak bisa pertanggung jawabkan,bukankah anda yang merasa belajar sufiiah pernah di ajarkan ucapan itu kalam mu jadi jaga ucapanmu jangan asal terlihat keren gaul terus menutupi kebenar yang ada dalam alquran,maka baru kalo anda tidak punya ilmu itu" diam itu adalah emas" artinya kagak usah posting cukup nimbrung aja.
buat yang merasa tersakiti hati dan perasaannya saya minta maaf saya hanya ingin menegakkan apa yang ada dalam kebenaran agama saya,mari kita sama-sama kembali membaca al quran jangan sampai kita jadi kaum yang terasing dari kitab kita sendiri dan tidak mampu membenarkan kebenaran (bukan menyanggah karena al quran berisi salah satunya kebenaran) agama kita.
 
Back
Top