Dibekuk, Otak Sindikat Pemalsu Kartu Kredit

andree_erlangga

New member
Polda Metro Jaya kembali menangkap otak sindikat pemalsuan kartu kredit yang mengatasnamakan sejumlah bank asing, di antaranya Bank ANZ, Produncial Bank, dan Wess Peet Bank, dengan jaminan Bank BCA. Teli, otak pelaku pemalsuan yang juga pemilik toko komputer di pusat perbelanjaan Mangga Besar, Jakarta Barat, itu kini meringkuk di tahanan Polda.

Dalam pemeriksaan, Teli mengaku ia memalsu sejumlah kartu kredit atas nama bank asing yang telah mendapat jaminan dari BCA.

Praktik penipuan dengan cara menggunakan kartu kredit palsu itu terbongkar setelah pihak BCA mencurigai adanya tagihan fiktif Teli untuk transaksi senilai Rp 425.647.500. Transaksi sebesar itu ditagihkan Teli ke Bank BCA untuk transaksi penjualan komputer dalam satu jam dengan menyodorkan sales draft (struk tagihan).

Kasat Fiskal Moneter dan Devisa (Fismondev) Direktorat Kriminal Khusus Polda Metro Jaya, AKBP Haris Munandar, kepada pers, kemarin, mengakui pihaknya kini menangani kasus tersebut. Menurut Haris, ini kasus pemalsuan kartu kredit pertama yang pelakunya pemilik toko sendiri, yang menggesek tujuh unit kartu atas nama sejumlah bank asing yang telah mendapatkan jaminan dari Bank BCA.

Sebelumnya Polda Metro Jaya juga berhasil membongkar kasus pembobolan Bank IFI cabang Plaza Abda Office Park di Jalan Sudirman Kav 59, yang dilakukan karyawannya sendiri, Eka Afriyanto Satrio (42). Pria yang sehari-hari sebagai treasury luar negeri bersama rekannya, mantan kar-yawan PT PSJ, Puguh Dalimunte (42), membobol uang perusahaan Rp 1 miliar.

suarakarya-online.com
 
Back
Top